Apa yang Dimaksud Fauna Asiatis? Ini Pengertian dan Contonhnya

Yuk Cari Tahu yang Dimaksud Dengan Fauna Asiatis itu Apa?

0

Sikalem – Fauna asiatis adalah… Tentu tidak banyak yang tahu apa yang dimaksud fauna asiatis? Namun disini tentunya akan dijelaskan pengertian serta contoh dari fauna asiatis.

Pada dasarnya, fauna memang memiliki beberapa jenis, seperti salah satunya fauna asiatis, namun ternyata banyak orang yang tidak tahu apa yang dimaksud fauna asiatis.

Kita tidak dapat memahaminya tanpa mencari pengertiannya, sehingga berikut ini dapat kamu simak dengan seksama.

Sementara itu, penjelasan ini juga akan diberikan contohnya berdasarkan dari apa yang seharusnya terjadi.

Apa yang Dimaksud Fauna Asiatis?

Jangan langsung memahami tanpa mencari pengetahuannya, karena tidak banyak orang tahu apa yang dimaksud fauna asiatis, namun kamu cukup melihat penjelasan dibawah ini yang dimaksud dengan fauna asiatis itu apa.

Fauna Asiatis
Harimau Sumatera, Foto : Istimewa

Baca juga : 9 Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Bagi Kehidupan

Fauna Asiatis

Fauna Asiatis (Fauna Indonesia Bagian Barat) adalah jenis fauna yang hidupnya pada dataran yang rendah, secara umum dapat menyebar ke berbagai daerah di Indonesia yang meliputi berbagai pulau. Jenis fauna ini tidak dapat hidup di kawasan dengan dataran yang tidak rendah.

Padahal, mereka memiliki kehidupan yang sama halnya dengan fauna yang lain, akan tetapi itu tidak akan masuk kedalam kategori yang lainnya.

Apalagi selama ini jenis fauna sangat banyak, hal ini membuat fauna asiatis tidak bisa dimasukan kedalam kategori jenis yang lainnya.

Contoh Fauna Asiatis

Pada pembahasan diatas kita sudah apa yang dimaksud fauna asiatis, dan perlu sedikit contoh agar kamu tahu apa saja hewan yang masuk kedalam kategori jenis fauna asiatis ini.

Berikut adalah contoh hewan yang termasuk kedalam jenis fauna asiatis.

  • Harimau Sumatera
  • Badak
  • Gajah
  • Orang Utan
  • Kerbau
  • Rusa
  • Banteng
  • Monyet
  • Babi Utan
  • Orang Utan
  • Dan masih banyak lagi

Itu merupakan contoh dari fauna asiatis yang hidup dikawasan dengan dataran rendah. Tidak dapat dipungkiri, beebrapa hewan tersebut hidup di dataran rendah, dan mungkin tidak akan hidup dikawasan lain sesuai dengan rasnya masing-masing.

Badak
Badak, Foto : Istimewa

Wilayah di Indonesia Dengan Fauna Asiatis

Adapun beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki fauna asiatis umumnya dengan beberapa daerah yang memiliki kawasan barat. Hal ini terkait dengan pengertian dari apa yang dimaksud fauna asiatis yang sudah dijelaskan diatas.

Berikut ini beberapa daerah di Indonesia yang memiliki hewan dengan jenis fauna asiatis.

  1. Jawa
  2. Sumatera
  3. Bali
  4. Kalimantan

Karena, fauna asiatis juga disebut Fauna Indonesia bagian barat, sehingga tersebar pada wilayah yang berada di bagian barat Indonesia.

Sampai pada pembahasan ini, apakah kamu paham sekarang sahabat kalem? Jadi mungkin tidak perlu lagi kamu sesali.

Baca juga : 14+ Hewan Langka yang Ada di Indonesia ini Sulit Ditemukan

Kesimpulan

Umumnya, fauna jenis asiatis ini ada dikawasan Indonesia bagian barat, karena juga bisa dibilang fauna bagian barat, dan itu tersebar di beberapa wilayah yang sudah disebutkan diatas.

Sekarang kamu tinggal menyimak lagi apa yang dimaksud fauna asiatis diatas, karena sudah lengkap penjelasannya, akhir kata semoga bermanfaat saja buat kamu.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.