Apakah Umat Nabi Muhammad Akan Masuk Surga Semuanya?

0 17

Bismillahirrahmanirrahim, apakah umat Nabi Muhammad akan masuk surga semuanya? Ya pertanyaan itu akan terjawab seperti yang sudah admin rangkum berdasarkan hadist dan sumber lainnya.

Tentu saja, ada banyak orang yang bertanya, apakah umat Nabi Muhammad akan masuk surga semuanya? Namun tentu saja itu bukanlah misteri karena sudah banyak tertulis dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist.

Banyak yang menganggap bahwa semua umat Islam dipastikan masuk surga, meskipun dosa dia sangat banyak, hal itu karena menurut pandangan mereka, Nabi Muhammad SAW akan membawa semua hambanya agar masuk kedalam surga.

Akan tetapi, benarkah itu sebagai bentuk penafsiran yang sah? Admin tidak banyak mengetahui, meski memang tahu hanya saja tidak berani mengungkapkannya karena takut ada kesalahan bagi sebagian orang.

Disini admin hanya membahas pertanyaan tersebut yang sesuai dengan hadis yang ada, dan admin pun mencari tahu serta menanyakan kepada orang tua admin akan pertanyaan tersebut.

Apakah Umat Nabi Muhammad Akan Masuk Surga Semuanya?

Apakah Umat Nabi Muhammad Akan Masuk Surga Semuanya?
Ilustrasi

Hadist Rasulullah SAW mengatakan bahwa “Semua umat nabi Muhammad SAW akan masuk surga” kecuali orang-orang yang menolaknya, siapa mereka? Mereka adalah orang-orang yang menentangnya Nabi SAW.

مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَ

Artinya “Orang yang taat kepadaku, pastilah dia masuk surga. Dan orang yang menentangku, sungguh dia telah menolak (masuk surga)”.

Bagaimana bisa seorang muslim menentang Rasulullah SAW? Maka hadist menjelaskan akan hal tersebut. Dan sekarang sudah terjawab bahwa semua umat Rasulullah SAW akan masuk surga, kecuali dia yang menolaknya.

Mungkin kamu sebagai umat Islam harus lebih mempelajari banyak tentang agama, jangan ragu bertanya kepada para Kiyai dan ulama atau orang-orang yang paham agama.

Dan ini penting agar mengklarifikasi apa yang admin tulis diatas, sebaiknya tanyakanlah kepastian tersebut, apakah benar semua umat Nabi Muhammad akan masuk surga?.

Baca juga : Pesan yang Terkandung Dalam Surat Al Kafirun

Allah SWT Berkata Bahwa Banyak Jalan Menuju Surga

Allah SWT Berkata Bahwa Banyak Jalan Menuju Surga
Ilustrasi

Syahadat adalah kunci utama untuk menjadi seorang muslim, Shalat rukun Islam yang kedua dan wajib kita lakukan, Zakat, Puasa dan Naik Haji (jika mampu), maka rukun Islam yang secara keseluruhannya itu ada 5 wajib kita laksanakan, kenapa? Karena kunci utama seorang muslim.

Apakah umat Nabi Muhammad akan masuk surga semuanya? Percayalah Rasulullah SAW sangat menyayangi umatnya, bahkan bapak admin pun pernah berkata “Nak, Nabi Muhammad SAW akan menggiring umatnya ke surga, maka perbaikilah ibadah dan akhlak mu”.

Ada banyak jalan menuju surga, Ibadah sudah pasti itu nomor satu. Tapi apakah kamu tidak tahu bahwa, menyingkirkan paku dari jalan saja sudah termasuk ibadah dan dapat menggiring mu kedalam surga?.

Ya karena kamu menyelematkan orang lain, bagimana jika orang celaka karena paku dijalan tersebut? Maka saat kamu menyingkirkannya kamu sudah melakukan amal kebaikan yang termasuk kedalam ibadah dan membawa kamu kedalam surga.

Baca juga : 9 Wali : Nama-nama Wali Songo dan Sejarahnya

Golongan Manusia yang Tidak Akan Masuk Surga

Golongan Manusia yang Tidak Akan Masuk Surga
Ilustrasi

Golongan A’raf adalah golongan manusia yang tidak masuk surga juga tidak akan masuk neraka, hal ini sudah dijelaskan dalam keseluruhan surah Al-A’raf, kenapa? Karena timbang amal kebaikan dan keburukannya sama, silakan kamu baca dan pahami isinya.

Jadi, sudah sangat jelas jawabannya apakah umat Nabi Muhammad akan masuk surga semuanya? Silakan kamu pahami lebih dalam dengan bertanya kepada para ulama, ustadz, Kiyai, maupun yang paham agama, takutnya yang admin jelaskan diatas tidak seperti pemahaman yang lain.

Namun itu tidak termasuk golongan yang benar-benar tidak akan masuk surga, karena golongan tersebut bisa mendapat hembusan surga dan neraka. Akan tetapi, ada 10 golongan yang benar-benar Allah haramkan surga baginya.

10 Golongan yang Tidak Akan Masuk Surga

10 Golongan yang Tidak Akan Masuk Surga
Ilustrasi

Nah, mungkin ada banyak golongan-golongan yang benar-benar tidak akan masuk surga, san admin sudah merangkum ada 10 umat Rasulullah SAW yang tidak akan masuk kedalam , diantaranya:

  1. AL QALLA, adalah manusia penjilat, mencari muka pada penguasa.
  2. AL JAYYUF, adalah pencuri kain kafan kuburan.
  3. AL QATTAR, adalah para pengadu “domba”.
  4. AL DAIBUB, adalah mucikari penjual perempuan sebagai pelacur.
  5. AD DAYYUTS, adalah orang yang tidak cemburu melihat istri dan anak gadisnya bergaul dengan laki laki lain.
  6. SHAHIBUL “ATHABAH, adalah para penabuh gendang besar.
  7. SHAHIBUL KUBAH, adalah para penabuh gendang kecil.
  8. AL ‘UTUL, adalah Orang sombong yang tidak mau memberi maaf saudaranya yg meminta maaf.
  9. AZ ZANIM, adalah para pengunjing orang yg suka duduk duduk di pinggir jalan.
  10. AL ‘AQ LIWALIDAITH, adalah pendurhaka pada orang tuanya.

Dan dalam daftar golongan yang tidak akan masuk surga diatas dapat kamu jadikan sebagai pengetahuan Islami yang mana harus benar-benar kita pahami kalau ingin menjadi seorang muslim yang taat.

Baca juga : 10 Tanda Akhir Zaman Menurut Islam, Beberapa Sudah Terjadi?

Kesimpulan

Maka celakalah bagi mereka yang lalai dalam beribadah, sehingga kita harus benar-benar memperhatikan ibadah kita, jangan malah imut campur dengan urusan dan keburukan orang lain.

Sebaiknya kita perhatikan, apakah ibadah kita sudah benar? Karena para Kiyai sepakat bahwa tidak ada orang yang ibadahnya sempurna, bahkan Kiyai pun sama.

Semua orang pasti pernah berdosa tanpa kecuali, namun beda cara kita berdosa. Dan demikian jawaban apakah umat Nabi Muhammad akan masuk surga semuanya? Jadi silakan kamu tanyakan kembali kepada Kiyai.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.