Aplikasi Internet untuk Pengambilan File dengan Cepat

12 Likes comments off

Bagi pengguna internet, aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah pengetahuan yang cukup penting untuk dipahami. Pasalnya, mengambil file menjadi hal lumrah dan sering dilakukan. Hanya saja masih banyak yang belum tahu aplikasi internet untuk pengambilan file dengan cepat. Software tersebut memang dibuat untuk bisa memudahkan pengguna internet dalam mengambil file yang dibutuhkan secara cepat. 

Dalam hal ini aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah File Transfer Protocol. Tentu saja software ini sudah aman untuk digunakan dalam mengambil file dengan mudah dan cepat. Mari simak aplikasi apa saja yang sudah bisa dipakai dalam pengambilan file dalam waktu singkat. 

Mengenal File Transfer Protocol

aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah
sumber gambar: unihost.com

FTP sudah menjadi istilah yang sering didengar pengguna internet. Singkatan dari File Transfer Protocol ini merupakan program yang telah dikembangkan sebelum pengguna grafis. FTP dikirim dengan sistem operasi Windows, Linux, dan sebagainya. Dengan itu FTP dapat dipakai dengan lebih leluasa meski cara kerjanya cukup sulit dipahami oleh pengguna internet yang awam. 

Program ini sendiri memang sangat membantu penggunanya oleh karena itu banyak yang berminat dengan aplikasi yang memakai FTP client. Cara kerja program ini memerlukan koneksi device dengan perangkat server hosting. 

Jika sudah ada koneksi dari device dengan perangkat server hosting nanti user bisa mengakses semua data yang dibutuhkan secara rinci. Pastikan koneksi internet sudah memberikan izin untuk mengakses FTP tadi. Biasanya ada notifikasi yang muncul dimana pengguna internet membutuhkan izin masuk agar bisa mengakses FTPnya. 

Keunggulan FTP ini sendiri memang tidak sembarangan apalagi jika dibandingkan dengan program pengiriman file yang lain. FTP menjadi aplikasi terbaik yang pernah ada untuk urusan pengambilan file. 

Baca Juga: Macam-Macam Aplikasi Internet dan Fungsinya Terlengkap

Kegunaan FTP

Selain untuk mengambil file dengan cepat, nyatanya banyak kegunaan dari FTP ini sendiri. User juga bisa melakukan pengiriman file, Backup data secara otomatis, membuat jadwal transfer data agar lebih fleksibel, dan hingga membantu mereset data ketika internet bermasalah. 

Semua itu sangat bermanfaat bagi pengguna internet. Apalagi FTP ini Tidak membutuhkan data yang besar meskipun file yang diunduh atau di upload ukurannya besar. Belum lagi File Transfer Protocol ini pun bisa digunakan pada semua sistem operasi. 

Baca Juga: Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Pada Android

Aplikasi Internet yang Dapat Digunakan Mengambil File

Berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi internet yang sudah bisa digunakan untuk mengambil file dengan cepat. Tentunya aplikasi yang akan diulas berikut sudah menggunakan FTP (File Transfer Protocol) client. 

1. FileZilla

Rekomendasi FTP client yang pertama ada FileZilla. Aplikasi ini banyak digunakan user untuk menghubungkan remote FTP. Fitur yang ada pada FileZilla ini tergolong lengkap sehingga user dapat memakainya pada sistem operasi Linux sampai Windows. 

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki keunggulannya sendiri. Salah satunya adalah user bisa lebih mudah melakukan transisi simultan dan tetap bisa mengunduh file meski tidak ada jaringan internet atau koneksi terputus. Semakin besar ukuran file yang diunggah maka waktu untuk mengunduh berkas file tersebut juga menjadi lebih lama.

Tidak heran jika FileZilla ini menjadi salah satu FTP client yang memiliki banyak pengguna. Jika penasaran langsung saja coba gunakan FileZilla tersebut.

2. WINSP

Aplikasi yang kedua adalah WINSP. Ini merupakan aplikasi internet yang memang disediakan bagi user agar bisa mengambil file dengan cepat. Hanya saja jika dibandingkan dengan FileZilla, WINSP ini tersambung dengan protokol FTP, SFTP, dan WebDev.

Pada intinya, WINSP ini dapat digunakan user dengan lebih mudah serta aman. Pengguna internet yang perangkatnya menggunakan sistem operasi Windows, lebih disarankan menggunakan WINSP ini karena di support penuh dengan otentikasi kunci publik dengan SSH. 

Tunggu dulu, masih ada beberapa aplikasi internet untuk pengambilan file yang tidak kalah bagus. Sebelum memutuskan untuk menggunakan WINSP, lihat juga tiga aplikasi lain setelah ini. Tentunya setiap aplikasi memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. 

3. GFTP

Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat berikutnya ada GFTP. Salah satu program yang dibuat untuk user yang perangkatnya memakai sistem operasi Linux. User yang tergolong ahli atau profesional dapat menggunakan aplikasi ini. 

GFTP ini sudah mendukung beragam FTP, mulai dari FTPS, HTTP, FSP, HTTPS, hingga SSH. Dengan keunggulannya tersebut, GFTP dapat digunakan dengan koneksi FTP yang menggunakan antar jaringan lokal. 

Baca Juga: Aplikasi Like FB Banyak Terbaik yang Terbukti Berhasil

4. Cyberduck

Program atau aplikasi pengambilan file di internet selanjutnya ada Cyberduck. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, user harus mengikuti arahan yang ada secara teliti dan benar. Meski begitu, Cyberduck ini termasuk aplikasi yang mudah digunakan. 

Cara kerjanya termasuk sederhana, hanya dengan menghubungkan FTP ke aplikasi ini, semua pengambilan atau pengiriman file bisa dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Penggunaan yang cukup praktis dan bermanfaat. 

5. Transmit

Aplikasi yang terakhir ini direkomendasikan karena penggunaannya yang sederhana. Transmit ini dapat dipakai dengan menginput detail FTP ke monitor yang terletak di bagian kanan. Aplikasi ini bisa diakses dengan sistem operasi Windows maupun Linux. 

Transmit membuat user bisa lebih mudah terhubung dengan server hosting, apabila step by step nya dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, ikuti arahan dengan teliti dan perlahan agar tidak sampai terjadi kesalahan. Dengan begitu, Transmit bisa dipakai sesuai kebutuhan user. 

Berdasarkan penjelasan di atas, aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah FTP. Sebuah program yang memang ada untuk membantu pengguna internet mengambil file yang dibutuhkan. 

File Transfer Protocol ini juga bisa dipakai untuk melakukan pengiriman file tanpa batasan. Sudah bukan hal baru lagi bagi pengguna internet khususnya editor dengan istilah FTP ini. Jika sedang mencari aplikasi pengambilan file di internet hanya FTP yang dapat diandalkan. 

Apalagi FTP ini bisa dipakai untuk mengambil file dengan jarak yang jauh sekalipun. File dengan ukuran besar juga bisa ditransfer juga bisa dilakukan dengan mudah melalui FTP. 

Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat. Pastikan untuk memahami dengan baik dulu FTP terutama cara kerjanya sebelum menggunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

5/5 - (164 votes)

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News