Ini Aplikasi Kinerja Polda Kalbar yang Mudah Digunakan

8 Likes comments off

Saat ini beberapa instansi di Indonesia juga sudah mulai menggunakan aplikasi sebagai sarana pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah Polda Kalbar lewat aplikasi kinerja Polda Kalbar. Aplikasi ini berguna untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat dan sekaligus menilai kinerja para pegawai. Yuk simak informasi lebih lanjut tentang aplikasi ini!

Fungsi Utama Aplikasi Kinerja Polda Kalbar

aplikasi kinerja polda kalbar
sumber gambar: apkpure.com

Setiap aplikasi yang dibuat oleh Polda Kalbar memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Aplikasi-aplikasi tersebut didesain secara khusus untuk mempermudah komunikasi antara masyarakat dengan aparat kepolisian. Fungsi utama dari aplikasi kinerja Polda Kalimantan Barat adalah sebagai berikut:

1. Mempermudah Masyarakat untuk Melakukan Pengaduan

Fungsi utama dari aplikasi Polda Kalbar adalah untuk mempermudah masyarakat Kalimantan Barat dalam melakukan pengaduan kepada pihak kepolisian. Sebelumnya, masyarakat harus datang secara langsung ke kantor Polda jika ingin membuat pengaduan. Namun, sekarang masyarakat Kalimantan Barat bisa membuat pengaduan hanya melalui aplikasi.

Karena bisa membuat laporan lewat aplikasi, maka masyarakat bisa menyampaikan laporan pengaduan dari mana saja. Tanpa harus mengantri di kantor polisi. Namun, laporan yang dibuat melalui aplikasi ini tetap harus melalui proses verifikasi. Hal ini bertujuan agar aplikasi tersebut tidak disalahgunakan oleh orang yang membuat laporan-laporan palsu.

2. Mempercepat Aparat Kepolisian untuk Menindak Laporan

Bukan hanya bisa memudahkan masyarakat Kalimantan Barat dalam membuat laporan saja, penggunaan aplikasi ini tentunya juga akan mempermudah para aparat untuk menindak laporan yang dibuat oleh masyarakat. Ini artinya, aparat bisa melakukan tindakan dengan cepat terhadap laporan yang telah diterima.

Dengan begitu, maka berbagai permasalahan yang dialami atau dikeluhkan oleh masyarakat bisa segera ditangani dengan baik oleh aparat. Polda Kalbar akan menyelesaikan laporan yang diadukan oleh masyarakat sesuai prosedur dengan pelayanan yang maksimal.

Baca Juga: Aplikasi yang Penting Setelah Root yang Wajib Diketahui Pemula

Inilah 9 Aplikasi Kinerja Polda Kalbar yang Mudah Digunakan

Polda Kalbar telah memiliki beberapa aplikasi yang masing-masing memiliki fitur dengan fungsi tersendiri. Masyarakat Kalimantan Barat diharapkan untuk mengunduh aplikasi ini agar nantinya bisa menggunakannya jika sedang membutuhkannya. Nah, beberapa aplikasi kinerja Polda Kalimantan Barat dan manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. E-Manajemen Penyidikan

Penyidikan merupakan serangkaian kegiatan atau tindakan yang berkaitan dengan proses mengungkap fakta. Tindakan ini dilakukan dengan pengumpulan bukti untuk mengetahui penyebab terjadinya suatu tindak pidana supaya bisa menemukan tersangka dengan segera.

Untuk membantu proses penyidikan dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, maka disediakan sebuah aplikasi khusus yang bernama E-Manajemen Penyidikan. Aplikasi ini sangat membantu petugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat.

Tujuan dari aplikasi kinerja Polda Kalbar ini adalah untuk mengawasi setiap pekerjaan yang sedang dilakukan oleh penyidik Polda Kalbar. Dengan adanya aplikasi ini, maka masyarakat bisa merasa lega karena masalah yang dialami bisa disampaikan kepada pihak kepolisian. Baik itu masyarakat yang ingin melaporkan maupun yang ingin memberikan kesaksian.

2. Arwana Polda Kalbar

Ditreskrimsus Polda Kalbar sengaja membuat aplikasi Arwana Polda Kalbar dengan tujuan agar informasi bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas dan khususnya anggota. Ada sejumlah fitur canggih yang terdapat dalam aplikasi ini. Mulai dari update berita tentang Polda Kalbar, harga pangan, perkiraan cuaca, dll.

Banyaknya masyarakat yang kini menggunakan media sosial menjadi peluang bagi Polda Kalbar agar terjadinya laporan pelanggaran di tengah masyarakat bisa tersampaikan dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, maka pihak kepolisian bisa cepat menindak kasus tersebut.

3. Survei Kepuasan

Masyarakat Kalbar bisa memberikan penilaian terhadap layanan dan kinerja yang diberikan oleh Polda Kalbar melalui aplikasi ini. Survei Kepuasan adalah aplikasi kinerja Polda Kalbar yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan. 

Dengan harapan, pihak Polda Kalbar akan selalu meningkatkan pelayanan agar kepuasan masyarakat bisa semakin meningkat. Adanya survei kepuasan dadi masyarakat sangatlah penting untuk mengukur tingkat kinerja Polda Kalbar. Sekaligus menjadi evaluasi untuk pengambilan keputusan pemimpin selanjutnya.

Baca Juga: Aplikasi SMS Gratis dari PC ke HP yang Mudah Digunakan

4. Patroli Siber

Meningkatnya penggunaan internet menyebabkan kejahatan di dunia maya meningkat juga. Memberikan laporan mengenai kejahatan di dunia maya bukan hanya menyelamatkan diri sendiri saja, tapi juga bisa menyelamatkan orang lain.

Saat pelaporan kejahatan di dunia maya dibuat, biasanya kejahatan tersebut berantai. Ketika ada laporan yang satu, maka akan mengungkap kejahatan lainnya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melaporkan kejahatan di dunia maya melalui portal Patroli Siber.

5. Lao Pan

Aplikasi kinerja Polda Kalbar ini berguna untuk memberikan laporan pengaduan online atas informasi atau kejadian yang berkaitan dengan tindak pidana. Dengan adanya laporan yang diberikan oleh masyarakat kepada pihak pemerintah, maka masyarakat turut andil untuk memberantas kejahatan.

Prosedur untuk memberikan laporan melalui aplikasi Lao Pan ini sangat mudah. Cukup dengan mengisi identitas secara lengkap, kemudian berikan keterangan mengenai kronologi kejadian. Nantinya, pelapor akan menerima resume laporan disertai dengan password dan kode unik untuk diserahkan kepada petugas. Selanjutnya, pelapor bisa melakukan tracking laporan dari aplikasi.

6. Bongkar

Bongkar juga merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Polda Kalimantan Barat. Tujuannya adalah sebagai media untuk monitoring pengendalian. Bukan itu saja, aplikasi ini juga menjadi tindakan untuk melindungi hutan dari maraknya kejadian kebakaran. 

Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa memberikan informasi dengan mudah. Petugas juga bisa dengan mudah menerima laporan dari masyarakat mengenai kebakaran hutan dan lahan. Dengan begitu, maka kejadian kebakaran tersebut bisa segera ditindaklanjuti secepatnya.

7. Samsat Kalbar

Samsat Kalbar merupakan aplikasi kinerja Polda Kalbar yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap pajak kendaraan secara online. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui apakah status pajak kendaraan sudah dibayar atau belum. 

Selain itu, pengguna aplikasi juga bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai BPKB, nomor polisi, dan bea balik nama kendaraan bermotor. Bukan hanya itu, aplikasi Samsat Kalbar juga dilengkapi dengan layanan jadwal Samsat, seperti jadwal pelayanan SIM keliling.

8. E-Activity Kalbar

Aplikasi ini dirancang secara khusus untuk memantau para ASN atau pegawai negeri sipil dalam melakukan kinerjanya. Pengadaan aplikasi E-Activity Kalbar bertujuan untuk memaksimalkan TPP di lingkungan pemerintahan Kalimantan Barat. Aplikasi ini menjadi alat ukur bagi kinerja PNS yang diharapkan akuntabel dan transparan.

Baca Juga: Cara Upload Aplikasi ke Playstore Tercepat dan Mudah

9. Aduan E-Complaint On 7

Aplikasi kinerja Polda Kalimantan Barat ini digunakan untuk mempermudah masyarakat yang ingin memberikan pengaduan melalui handphone. Bukan hanya menerima informasi dalam bentuk laporan saja. Lewat aplikasi ini, masyarakat juga bisa memberikan kritik maupun saran.

Nah, itu dia daftar aplikasi kinerja Polda Kalbar dengan berbagai manfaat yang ditawarkan. Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut, tentunya akan memudahkan masyarakat dan Polda Kalbar dalam membuat dan menerima laporan. Dengan cara ini, maka berbagai masalah bisa lebih cepat diatasi.

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News