Aplikasi Laptop Windows 8 Terbaru yang Wajib Diketahui

8 Likes comments off

Laptop yang menggunakan Windows 8 diharapkan bisa memaksimalkan aplikasi yang ada di dalamnya. Windows ini juga memiliki fitur yang lengkap sehingga memudahkan para penggunanya sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Untuk menunjang pekerjaan, pengguna Windows 8 perlu melengkapi laptopnya dan beberapa aplikasi. Lalu, apa saja aplikasi laptop Windows 8 terbaru yang wajib diketahui?

Inilah 7 Aplikasi Laptop Windows 8 Terbaru 

aplikasi laptop Windows 8 terbaru
sumber gambar: news.softpedia.com

Laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang keberadaannya begitu penting. Tidak hanya untuk bekerja saja, laptop juga dibutuhkan untuk sekolah ataupun kuliah. Oleh karena itu, laptop hadir dengan dilengkapi dengan Windows. Windows ini berguna untuk menjembatani kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Selama ini windows hadir dalam beberapa versi, mulai dari Windows 1 hingga yang terbaru yaitu Windows 8. 

Saat Anda baru saja membeli laptop maka harus segera mendownload aplikasi atau software yang dibutuhkan. Hal ini penting untuk dilakukan agar pekerjaan bisa selesai dengan cepat dan baik. Berikut adalah beberapa aplikasi yang wajib di download oleh pengguna Windows 8:

1. IM+

Windows 8 hadir dengan beberapa fitur canggih dan menarik. Selain itu, juga dilengkapi dengan aplikasi maupun software. Salah satu aplikasi bawaan Windows ini adalah internet messenger. Namun, aplikasi ini bukanlah lawan sepadan dari IM+. Aplikasi IM+ menjadi aplikasi yang wajib diinstal oleh pengguna Windows 8. Alasannya karena IM+ mendukung penggunaan berbagai layanan messenger yang populer, seperti Facebook, Google Talk, Windows Live Messenger, Skype chat, Yahoo!, Jabber dan masih banyak lagi. 

Cukup dengan install aplikasi IM+ maka semua akun akan terintegrasi di dalamnya. Daftar kontak yang ada di berbagai layanan akan terintegrasi menjadi satu sehingga Anda tidak perlu menghafal harus membuka layanan yang mana untuk menghubungi teman yang sama. Di dekat foto profil teman Anda akan muncul logo layanan mana dia terdaftar. 

Baca Juga: Ini Aplikasi Kinerja Polda Kalbar yang Mudah Digunakan

2. Multimedia 8

Aplikasi window 8 download selanjutnya adalah Multimedia 8. Para pengguna Windows 8 harus tahu bahwasanya secara default, Windows ini tidak dilengkapi dengan Media Center. Jika ingin menggunakan perangkat lunak tersebut, Anda harus membelinya secara terpisah dan harganya juga lumayan mahal. 

Namun, saat ini sudah ada cukup banyak perangkat multimedia yang bisa dijadikan pengganti. Salah satu perangkat lunak yang bisa dijadikan pengganti adalah Multimedia 8. Multimedia 8 sudah mendukung berbagai format video, audio dan juga video 3D. Tidak hanya mampu memutar berbagai media saja, perangkat lunak ini juga bisa digunakan untuk merekam video maupun audio. 

Jika ingin menggunakannya untuk merekam berarti harus memiliki perangkat keras seperti kamera atau mikrofon. Tidak hanya itu saja, perangkat lunak ini juga bisa digunakan untuk memutar film berbahasa asing tanpa subtitle. Saat sedang memutar film, Multimedia 8 akan langsung menampilkan subtitle-nya apabila memiliki format SRT, WebVTT dan nama film subtitle tersebut sama dengan nama file filmnya, hanya berbeda ekstensi saja. 

3. MetroTwit 

Para pengguna aplikasi Twitter yang juga menggunakan Windows 8, wajib untuk download aplikasi MetroTwit. Aplikasi MetroTwit yang dimaksud disini berbeda dengan MetroTwit for Desktop. MetroTwit yang ini mempunyai tampilan Modern UI. 

Aplikasi MetroTwit menampilkan timeline Twitter dalam dua kolom. Satu kolom untuk menampilkan tweet orang-orang yang Anda follow dan satu kolam lainnya untuk menampilkan mention. Direct Message (DM) visa Anda tampilkan dengan cara mengklik tombol tertentu. Nantinya kolom yang digunakan untuk menampilkannya akan menimpa salah satu kolom yang tersedia. 

Baca Juga: Aplikasi yang Penting Setelah Root yang Wajib Diketahui Pemula

4. Windows 8 Cheat Keys

Pengguna pemula Windows 8 disarankan untuk mendownload aplikasi Windows Cheat Keys. Ini dikarenakan pengguna pemula biasanya membutuhkan daftar shortcut yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam mengoperasikan Windows 8. Dalam aplikasi Windows 8 Cheat Keys terdapat daftar shortcut yang dilengkapi dengan penjelasannya secara detail dan jelas. 

Untuk menggunakan aplikasi ini secara maksimal. Anda perlu memanfaatkan kemampuan Windows 8 untuk menampilkan 2 tampilan sekaligus pada tampilan Modern UI. Dimana Anda bisa menampilkan Windows 8 Cheat Keys bersamaan dengan penggunaan aplikasi lainnya. 

5. MetroCommander

Manajemen atau pengelolaan fie merupakan hal salah satu hal penting yang harus dilakukan saat bekerja dengan perangkat komputer maupun smartphone. Jika bekerja dengan Desktop Windows 8 maka tersedia pengelolaan file yang bernama File Explorer. File Explorer merupakan turunan dari Windows Explorer. Akan tetapi, Windows 8 tidak dilengkapi dengan peranti bawaan serupa seperti tampilan Modern UI. 

Solusinya yaitu Anda bisa menggunakan MetroCommander. Aplikasi ini memiliki tampilan dual pane (papan ganda) yang masing-masing bisa digunakan untuk menampilkan daftar lokasi di tempat yang berbeda. Operasi file sendiri bis dilakukan diantara kedua papan tersebut, seperti untuk menyalin, memindahkan, mengganti nama file dan sebagainya. Operasi dilakukan dengan mudah yaitu hanya dengan menekan tombol F2 hingga F6.MetroCommander ini juga bisa digunakan untuk mengelola file di awan seperti pada SkyDrive. 

6. Clock

Biasanya setiap laptop dilengkapi dengan aplikasi jam. Hal ini juga berlaku pada laptop yang menggunakan Windows 8. Akan tetapi, saat menggunakan Modern UI pengguna harus terlebih dahulu membuka Charm Bar untuk melihat jam. Tentu ini cukup ribet dan tidak praktis. Oleh karena itu, Anda direkomendasikan untuk mendownload aplikasi Clock yang diproduksi oleh Jujuba Software.

Ikon aplikasi Clock ini dilengkapi dengan fitur live tile sehingga saat memasangnya di halaman Start, Anda bisa langsung melihat jam maupun tanggal tanpa harus membuka Charm Bar terlebih dahulu. Tidak hanya untuk melihat jam atau tanggal saja. Aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk timer, alarm maupun stopwatch. 

Baca Juga: Aplikasi SMS Gratis dari PC ke HP yang Mudah Digunakan

7. Windows Defender

Windows Defender merupakan program antivirus yang dimiliki oleh Windows 8. Windows Defender sendiri adalah nama baru dari Microsoft Security Essentials yang ada pada Windows 7.

Keberadaan program Windows Defender berarti semua pengguna Windows 8  sudah secara otomatis memiliki program antivirus di laptopnya tanpa harus menginstal ataupun membeli program antivirus tambahan. Alasannya karena Windows Defender sudah menjamin keamanan laptop Anda sehingga tidak mudah terkena virus. 

Nah itulah informasi tentang 7 aplikasi laptop Windows 8 terbaru yang wajib diketahui. Bagi Anda pengguna Windows 8 harus mengetahui keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut. Jika sudah mengetahui dan menggunakannya maka akan merasakan banyak keuntungan dan kemudahan. 

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News