Aplikasi Menulis di HP yang Ringan dan Gratis Digunakan

9 Likes comments off

Punya hobi atau pekerjaan sampingan sebagai penulis? Wajib untuk mengetahui apa saja aplikasi menulis di HP yang ringan dan gratis. Ragam aplikasi memang sudah banyak tersedia untuk pengguna smartphone baik itu iOS atau Android. Pada artikel ini akan dibahas beberapa rekomendasi aplikasi menulis di HP dengan sistem operasi Android. 

Rekomendasi Aplikasi Menulis di HP yang Ringan dan Bebas Biaya

aplikasi menulis di HP
sumber gambar: gawainesia.com

Untuk membuat tulisan secara langsung di smartphone Android tanpa perlu menggunakan keyboard, paling tidak harus memilih salah satu aplikasi yang akan diulas di bawah ini. Ada beragam aplikasi menulis di smartphone Android dengan beragam fitur yang menarik. Dapat digunakan tanpa perlu berlangganan. 

1. Writer Plus

Aplikasi pertama ada Writer Plus dengan berbagai fitur menarik yang patut untuk dicoba. Di sini pengguna bisa menggunakan fitur undo, redo, night mode, folder support, serta fitur lainnya yang cukup membantu proses penulisan menggunakan smartphone. 

Writer Plus ini sangat ringan dimana aplikasi ini tidak membutuhkan banyak daya maupun ruang penyimpanan internal. Besar aplikasi ini hanya 788Kb saja. Namun fungsinya untuk menulis tanpa keyboard di smartphone sangat maksimal dan bermanfaat sekali. 

Baca Juga: Aplikasi Pesan Hotel Terbaik yang Mudah Digunakan Pemula

2. Squid

Rekomendasi yang kedua ada aplikasi menulis yang bernama Squid. Developer aplikasi ini berasal dari Steadfast Innovation, LLC. Squid ini dibuat dengan tujuan membantu pengguna merasa lebih nyaman menulis melalui smartphone Android. Dengan aplikasi ini membuat user akan merasakan sensasi menulis di atas kertas. 

Cara kerja aplikasi ini menampilkan tulisan yang dibuat melalui Squid ini dengan bentuk hasil tulisan tangan. Pengguna cukup menulis menggunakan aplikasi ini dengan cara langsung membentuk tulisan di atas layar smartphone. 

Fitur yang bisa membantu proses penulisan pada Squid ini ada redo, undo, selecet, move, dan resize. Aplikasi ini juga tergolong ringan karena ukurannya tidak besar. Cocok digunakan untuk pengguna Android yang suka menulis secara manual tanpa bantuan keyboard di smartphone.

3. INKredible

INKredible ini bisa memberikan kesan atau sensai menulis di atas buku secara langsung. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam menulis manual di atas layar smartphone Android. Jadi di sini untuk bisa menghasilkan tulisan yang digunakan bukan keyboard seperti saat pengguna menggunakan aplikasi Chatting, namun ada pen atau bolpoin pada aplikasi ini. 

Bolpoin tersebut menjadi salah satu ciri khas dari aplikasi ini. Pengguna bisa menulis manual secara langsung di atas layar smartphone. Ada fitur yang disediakan pada INKredible ini, seperti Beautiful yang merupakan fitur untuk merapikan tulisan tangan user sehingga hasilnya lebih menarik, indah, dan mudah dibaca orang lain. 

Tak hanya itu saja di sini juga ada banyak desain sederhana yang menarik dan mudah dipahami untuk hasil tulisan yang lebih menarik. Pengguna bisa menulis dan menghasilkan tulisan yang unik dengan INKredible. 

4. LiveBoard Interactive Whiteboard

Namanya memang agak sedikit panjang dan sulit untuk dihafalkan. Namun aplikasi ini berhasil masuk dalam daftar aplikasi menulis terbaik yang dapat membantu pengguna menghasilkan tulisan menarik. 

Cara kerja aplikasi ini adalah mencatat seperti papan tulis yang diakses secara live dengan teman atau rekan kerja. Apapun yang ditulis pada papan aplikasi ini akan ditampilkan secara real time dalam satu forum yang dibuat oleh pengguna aplikasi. 

Hanya user dan anggota yang diundang dalam forum yang bisa menggunakan dan melihat Live Board Interactive Whiteboard. Selain menulis, pengguna juga masih bisa menambahkan gambar, mengganti warna, sampai mengubah font style sesuai keinginan pengguna. 

Baca Juga: Aplikasi TV Offline APK Terbaik Dijamin Gratis Selamanya

5. Pure Writer

Aplikasi yang kelima ada Pure Writer yang juga sangat bermanfaat bagi para penulis yang suka menulis kapan saja dan dimana saja. Aplikasi ini bisa membantu penulis bisa lebih tenang dan nyaman selama proses menulis. Fitur andalan dari aplikasi ini adalah penyimpanan secara otomatis. 

Jadi pengguna yang menulis dengan Pure Writer tidak perlu khawatir kehilangan tulisan yang sudah dibuat karena ada fitur menyimpan tulisan pengguna secara otomatis. Jadi cara kerja aplikasi ini memeriksa tulisan pengguna pada database setiap dua detik. Jika tulisan gagal tersimpan secara otomatis maka akan muncul pemberitahuan. 

Fitur standar lain yang cukup membantu ada tombol undo dan redo yang bisa membuat penulis lebih mudah mengedit tulisan yang salah tanpa harus menghapus secara manual atau mengulang dari awal. 

Tak hanya itu di sini ada folder sampah yang bisa memudahkan pengguna melihat tulisan mana yang sudah dihapus. User juga bisa menyimpan setiap tulisan yang dibuat dengan aplikasi ini pada perangkat yang digunakan atau cloud drive. 

6. Write

Bagi pengguna buku digital membuat coretan pada buku tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi Write. Ada fitur yang bisa digunakan untuk menulis hingga mencoret-coret di layar smartphone Android.

User dapat memberikan tanda atau catatan untuk setiap teks yang telah dibuat. Pengguna pun bisa menyisipkan atau bahkan menggambar dari nol dengan aplikasi ini. Perlu diketahui juga hasil akhir tulisan dari aplikasi ini rapi dan menarik. 

Penulis juga bisa merasakan sensasi menulis di atas buku tulis. Fitur lain ada copy dan paste, pengaturan ukuran pen, hingga warna pen yang akan dipakai untuk menulis. Dapat dikatakan fitur di aplikasi Write ini cukup lengkap. Meski begitu, aplikasi ini tidak memakan banyak energi dan memori internal HP.

7. Jotterpad

Aplikasi ini mempunyai fungsi dimana user bisa menulis apapun yang diinginkan. Bagi pemilik banyak ide yang kreatif dan menarik, menuangkan semua ide tersebut di aplikasi ini sangatlah tepat. JotterPad ini tak hanya untuk menulis. Editing dokumen juga bisa dilakukan dengan aplikasi satu ini. 

Menariknya lagi aplikasi ini bisa membuat pengguna menyimpan dokumen yang sudah dibuat ke bentuk file PDF. Jika memang tidak ingin menjadi file PDF bisa juga disimpan dengan format doc. Aplikasi ini bebas biaya dan bisa digunakan dengan nyaman karena cukup ringan sehingga menulis bisa lebih lancar.

Baca Juga: Aplikasi Grammar Bahasa Inggris Terbaik di HP Android

8. Moon Writer

Rekomendasi aplikasi yang terakhir ini ada Moon Writer. Pengguna bisa menulis dengan nyaman hanya bermodalkan smartphone dengan nyaman karena fitur yang tersedia cukup lengkap. Tulisan yang bisa dibuat di sini mulai dari catatan kecil, artikel, hingga menulis jadwal harian. 

File tulisan yang sudah dibuat dengan aplikasi meski belum jadi secara otomatis tersimpan sehingga penulis tidak perlu khawatir tulisannya hilang di tengah-tengah proses menulis. Keunggulan lain dari aplikasi ini ada fitur penyuntingan yang lengkap. 

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi menulis di HP yang ringan dan gratis. Anda bisa menginstall berbagai aplikasi ini agar bisa menulis di ponsel dimana saja dan kapan saja dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba! 

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News