Aplikasi Pembuat Musik Android yang Hasilnya Keren Abis

17 Likes comments off

Semakin canggihnya teknologi saat ini, memungkinkan Anda untuk membuat musik cukup melalui aplikasi pembuat musik Android di smartphone. Hanya dengan bermodalkan paket internet dan smartphone, Anda sudah bisa menuangkan kreativitas dan inspirasi dalam membuat nada-nada yang indah. 

Anda pun bisa melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan musik, seperti cover lagu, instrumen, rekaman lagu, mixing musik, nada, hingga membuat lagu sendiri.  Apalagi dengan bermusik kadang bisa membuat beberapa orang jadi rileks. Jadi dengan aplikasi pembuat musik, Anda bisa melepaskan penat tanpa harus ke studio musik. 

Aplikasi Pembuat Musik Android

aplikasi pembuat musik android
sumber gambar: techwiser.com

Berikut ini adalah beberapa aplikasi pembuat musik android yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone:

1. BandLab

BandLab kini bisa digunakan di android dan IOS. Aplikasi ini cocok sekali untuk Anda yang mau membuat musik menggunakan fitur lengkap. Pengguna diberikan akses beberapa aktivitas seperti merekam, menyunting, dan membuat musik multitrack dengan berbagai efek kreatif. Saat ini, aplikasi BandLab pun telah mendukung berbagai jenis musik, seperti rock, EDM, house, dubstep, dan masih banyak yang lainnya.

2. Robotic Guitarist

Robotic Guitarist merupakan aplikasi android panduan chord dan gitar. Panduan chord di aplikasi ini didukung oleh tampilan yang sangat mudah digunakan, yang mana Anda bisa mengubah chord sembari bermain gitar. Aplikasi Robotic Guitarist berguna sekali untuk Anda yang baru saja belajar atau pun perlu mengingat-ingat chord gitar.

Baca Juga: Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dari Awal untuk Pemula

3. Musik Maker Jam

Musik Maker Jam adalah aplikasi paling banyak digunakan dalam pembuatan musik di smartphone. Dengan proses pembuatannya yang mudah, pastinya Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Sebagai pengguna, Anda bisa membuat trek audio sendiri dengan memanfaatkan berbagai jenis loops, beats, serta sumber musik lainnya. Selain itu, di aplikasi Music Maker Jam, juga telah tersaji hingga 100 style musik lebih serta 8 mixer channel.

Beberapa style musik tersebut ada yang jazz, house, dan hip-hop. Anda juga bisa melakukan mix atau justru menambahkan efek pada lagu. Ada juga ribuan loop selector yang bisa Anda kombinasikan dengan beragam style musik di aplikasi. Musik Maker Jam ini telah dilengkapi oleh berbagai fitur keren yang dapat digunakan.

4. SunVOx

SunVOx adalah aplikasi pembuat musik android dengan rate yang cukup bagus. Di samping itu, juga tersedia berbagai tools yang bisa mendukung proses pembuatan musikmu. Di aplikasi ini juga terdapat drum Spectra Voice dan modul efek lainnya. Nantinya, setiap efek yang ada di SunVox memiliki terdiri dari berbagai suara yang akan memudahkan proses pembuatan lagu yang berkualitas.

5. Audio Evolution Mobile Studio

Pembuatan aplikasi Audio Evolution Mobile Studio bisa dilakukan secara gratis. Bahkan cara kerjanya cukup sederhana, yaitu hanya dengan merekam suara. Setelah itu, juga bisa membuat loops yang keren untuk mix ke dalam tren audio berbeda. Di aplikasi ini, ada banyak sekali efek spesial yang dapat ditambahkan. Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk melakukan mix karya original ke sampel stereo yang berkualitas tinggi.

Baca Juga: Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi? Ini Jawabannya

6. Walk Band

Aplikasi Walk Band sendiri merupakan besutan dari Revontulet Soft Inc. Awalnya aplikasi ini termasuk aplikasi yang bisa memainkan berbagai instrumen seperti drum, bass, gitar, dan piano. Dengan teknologinya yang amat canggih membuat aplikasi ini menghasilkan suara instrumen yang terasa amat nyata.

Walk Band juga menggunakan rekaman original sebagai basisnya. Lalu selanjutnya Anda bisa merekam trek dari berbagai macam instrumen. Dengan track-track yang sudah dipadukan, maka Anda akan memperoleh hasil yang optimal. Pengguna bisa gunakan berbagai fitur menarik, seperti multitrack synthesizer. Setelah selesai, Anda bisa menyimpannya di berbagai format seperti MP3 dan MIDI.

7. FL Studio Mobile

Besutan dari Image Line ini memberikan berbagai macam fitur menarik. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut ke dalam FL Studio Mobile yang memproduksi musik dengan berbagai macam instrumen dalam multitrack serta mampu menyanyikan real time effects. Lalu, musik yang telah dibuat, selanjutnya bisa disimpan di format seperti WAV, MIDI, dan AAC.

8. Caustic 3

Caustic 3 merupakan aplikasi pembuat musik gratis di android yang mengkombinasikan samplers dan synthesizer untuk menghasilkan lagu kreasimu sendiri. Adanya Caustic 3 membuatmu punya berbagai pilihan Synths untuk membuat musik sendiri, yakni Organ, Beatbox, FM Synth, Modular, SubSynth, Bassline, KSSynth, PCMSynth, Pad Synth, dan Vocoder. Untuk aplikasi ini bisa digunakan dengan gratis, tetapi fiturnya terbatas. Untuk lebih leluasa, Anda bisa gunakan mode berbayar untuk berlangganan berbagai fitur keren lainya.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP OPPO untuk Pemula

9. Chordbot Pro

Chordbot Pro merupakan aplikasi yang sangatlah berguna untuk para penulis lagu. Anda juga bisa mencoba berbagai progresi chord, mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Aplikasi Chordbot Pro sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin bereksperimen serta membuat progresi chord berbeda, lalu memutarnya kembali. Sehingga tahu bagaimana hasilnya.

BACA JUGA:  Daftar Nama Aplikasi yang Membutuhkan Root, Apa Saja?

Apabila ingin membuat progresi baru, maka Anda cukup pilih chord, comping style, dan tempo. Setelah itu, ketuk tombol Play. Saat ini, Chordbot Pro mempunyai hingga 30 comping style dan sekitar 50 lebih jenis chord untuk transpositions. Jika sudah selesai membuatnya, Anda bisa lakukan ekspor ke file MIDI atau WAV. Anda bisa menggunakan Chordbot Pro dengan versi gratis maupun berbayar.

10. Nanoloop

Nanoloop merupakan aplikasi pembuat musik  android yang hampir menyediakan semua fitur yang diperlukan untuk keperluan pembuatan musik.  Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk membuat aransemen musik elektronik sendiri yang selanjutnya dimainkan ketika party, dibagikan, atau menyimpannya sebagai koleksi pribadi.

Kemampuan yang ditawarkan oleh Nanoloop mencapai 6 kanai aktif, baik itu sampler ataupun synth. Setiap kanalnya, Anda bisa memuat sampai 8 pola untuk 2 instrumen berbeda yang mana bisa di sequence langsung dari aplikasinya.

11. MorphWiz-Play

MorphWiz-Play merupakan aplikasi android yang keren bagi para komposer. Aplikasi tersebut senantiasa menyulap androidmu menjadi synthesizer yang dapat memainkan sound serta efek berbeda. Ada juga fitur lainnya seperti vibrato.

Aplikasi pembuat musik android diatas cukup menarik untuk menyalurkan hobimu. Apalagi, adanya aplikasi membuatmu tidak harus membeli alat musik, yang mana dibanderol dengan harga cukup mahal. Cukup dari aplikasi saja, maka sudah bisa menghasilkan irama musik yang enak didengar.

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News