Aplikasi Pembukuan Toko Excel Terbaik dan Paling Lengkap

5 Likes comments off
aplikasi pembukuan toko excel

Zaman digital seperti sekarang membuat bisnis jadi lebih mudah dan praktis pengelolaannya. Ada banyak aplikasi pembukuan toko excel yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk memudahkan tugasnya. Pembukuan sendiri adalah salah satu kunci sukses sebuah bisnis. Jadi harus menggunakan aplikasi yang tepat dan terpercaya. 

Membuat pembukuan akan jauh lebih mudah dan cepat jika menguasai program Excel. Daripada harus menyusun laporan secara manual pasti membutuhkan waktu yang lama. Begitu pula pembuatan pembukuan menggunakan excel maka pengguna perlu menghafal rumus dulu agar bisa lebih akurat dan cepat. 

Namun sekarang sudah tidak perlu lagi bingung menghafal rumus, karena aplikasi pembukuan toko Excel sangat praktis dan efektif. Pengguna hanya perlu melakukan input dengan teliti pada aplikasi. Nanti perkembangan bisnis bisa dilihat dan dipantau secara real time. Selain itu, user juga bisa membuat keputusan lebih mudah terkait keuangan bisnis.

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Toko Excel

aplikasi pembukuan toko excel
sumber gambar: amar20wordpress.com

Memasuki era digital seperti sekarang, pilihan aplikasi pembukuan toko dengan excel cukup beragam. Semuanya memiliki keunggulannya masing-masing. Mari simak rekomendasi aplikasi pembukuan tersebut yang wajib dicoba:

1. Zahir Accounting

Untuk user yang sudah lama terjun di dalam dunia akunting, pasti aplikasi yang pertama ini tidak asing. Perangkat lunak ini sudah ada dan digunakan banyak orang sejak tahun 1996. Baik untuk pembelajaran mahasiswa atau perusahaan yang sudah berkembang. 

Keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah pilihan bahasa yang beragam dan dapat disesuaikan oleh kebutuhan penggunanya. Fitur canggih lain pun cukup banyak dan bermanfaat. Selain bisa membantu pencatatan uang masuk dan keluar. Aplikasi ini juga dapat digunakan mengontrol usaha yang dikelola dari segi pembelian, inventori, sales, purchase, dan sebagainya. 

Meski sudah ada puluhan tahun, sampai sekarang aplikasi ini masih banyak yang menggunakan karena user bisa menjalankan aplikasi ini dengan mudah. Tak perlu khawatir perangkat lunak ini ketinggalan zaman sebab pihak pengembang terus melakukan update secara berkala.

Baca Juga: Cara Membuat Aplikasi Input Data dengan Excel untuk Pemula 

2. Moota

Aplikasi pembukuan toko Excel yang kedua ada Moota. Ini merupakan software yang bisa digunakan untuk memudahkan user melakukan pemantauan dan pengecekan mutasi rekening. Jadi pelaku bisnis yang biasanya kerepotan dengan mobile banking, sekarang sudah bisa melakukan pengecekan tanpa perlu masuk atau log in pada akun mobile banking terlebih dahulu. 

Moota ini dibekali dengan fitur integrasi dengan website bisnis. Pelaku usaha bisa melakukan pengecekan data secara otomatis dan lebih efektif. Fitur yang menjadi unggulan aplikasi ini ada banyak. Mulai dari unlimited akun bank, notifikasi ketika ada uang masuk ke rekening, cek transaksi, ekspor data transaksi, dan sebagainya. Aplikasi yang wajib untuk dicoba untuk pelaku bisnis online.

3. Buku Warung

Pebisnis yang masih pemula dan belum ada pengalaman sama sekali dalam membuat laporan keuangan sederhana, maka bisa menggunakan aplikasi Buku Warung ini. Cara penggunaan yang sangat mudah dan sederhana, membuat user akan lebih cepat paham dan bisa membuat pembukuan sendiri. 

Di sini pengguna bisa membuat catatan secara detail dari setiap transaksi yang terjadi. Pembukuan usaha, pengelolaan stok barang, utang piutang, dan sebagainya bisa diinput pada aplikasi ini dan menjadi pembukuan yang rapi. 

Aplikasi ini pun sudah bisa dipasang pada semua jenis perangkat atau smartphone. Cukup dengan mengunduhnya dari Play Store atau App Store secara gratis, user sudah bebas menggunakan Buku Warung ini kapan saja dan dimana saja. 

Baca Juga: Aplikasi Note 3 Terbaik dan Terbaru yang Banyak Digunakan

4. Teman Bisnis

Salah satu aplikasi yang terbaik selanjutnya untuk membuat pembukuan ada Teman Bisnis. Software yang mempunyai tampilan interface yang ringan serta fitur canggih yang beragam. User pemula bisa menggunakan aplikasi ini tanpa kebingungan. Teman Bisnis ini memang dibuat untuk membantu para pelaku usaha pemula agar bisa membuat pembukuan secara mandiri.

Fitur yang menjadi andalan aplikasi ini ada fitur penyusunan laporan keuangan, pembuatan laporan persediaan barang, laporan utang piutang, dan lain sebagainya. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis melalui Play Store dan App Store. User dapat menjalankan aplikasi ini melalui smartphone sehingga bisa lebih praktis.

5. Freshbooks

Ini adalah salah satu aplikasi pembukuan toko Excel yang berasal dari luar negeri. Developernya berasal dari Toronto Kanada. Fitur yang menjadi andalan aplikasi ini adalah pengingat invoice. Pelaku bisnis jadi lebih mudah untuk menyelesaikan masalah pembayaran.

Freshbooks ini juga memiliki keunggulan lain yaitu interfacenya yang sangat ringan. Hal ini membuat aplikasi ini jadi mudah untuk dijalankan dan dipahami. Pemula sekali pun tidak akan kebingungan ketika membuat pembukuan dengan aplikasi ini. 

Untuk bisa menggunakan Freshbooks, yang perlu dilakukan hanya mencari aplikasinya di Play Store atau App Store lalu mengunduh dan memasangnya di smartphone yang digunakan. Aplikasi pun bisa digunakan kapan saja dibutuhkan.

6. Paper.id

Agar bisa membuat invoice atau tagihan dengan cepat dan mudah, pelaku bisnis bisa memanfaatkan aplikasi Paper.id ini. Pembuatan surat jalan bisa dilakukan otomatis jika menggunakan aplikasi ini.

Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menyusun laporan keuangan dengan cepat dan efektif. Sudah ratusan ribu pelaku usaha di Indonesia yang menggunakan aplikasi ini. Cara kerja yang sederhana menjadi keunggulan utama dari aplikasi ini. Siapa saja bisa memiliki pembukuan toko dengan mudah karena perangkat lunak ini.

Baca Juga: Aplikasi Untuk Root Android Terbaik Digunakan Pemula

7. Buku Kas

Buku Kas ini bukan aplikasi pembukuan toko Excel yang biasa. Pada aplikasi ini ada fitur canggih yang menarik dna bisa memudahkan pekerjaan pelaku bisnis. Ada layanan pengiriman dan penerimaan uang tanpa adanya biaya administrasi di aplikasi ini. 

Platform ini juga sudah dibekali dengan fitur pencatatan arus kas, bisa digunakan untuk bisnis kecil sampai menengah. Pencatatan piutang dan pembuatan invoice juga bisa dilakukan dengan mudah bersama Buku Kas.

Pada intinya sekarang ini aplikasi pembukuan toko Excel sudah semakin banyak pilihannya. User hanya perlu menyesuaikannya dengan perangkat yang dimiliki. Pastikan untuk mencari aplikasi yang compatible dengan gawai yang digunakan. Jadi pembuatan pembukuan bisa lebih mudah, cepat, dan efektif. Sekian ulasan ini, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News