Kenali Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan dan Fiturnya

16 Likes comments off
aplikasi penjamin mutu pendidikan

Kemajuan teknologi membuat aktivitas manusia di berbagai bidang semakin mudah dilakukan, termasuk di bidang pendidikan. Salah satunya dibuktikan dengan adanya berbagai macam aplikasi penjamin mutu pendidikan yang akan membuat kegiatan belajar mengajar jadi semakin efisien.

Aplikasi Penjamin Mutu (APM) merupakan aplikasi berbasis website yang digunakan oleh pihak sekolah. Aplikasi ini melibatkan 3 tim, yaitu pihak sekolah, penjamin mutu, serta direktorat jenderal pendidikan. Lantas, apa saja jenis aplikasi untuk menjamin mutu pendidikan? Berikut penjelasannya.

Inilah 7 Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan dan Fiturnya

aplikasi penjamin mutu pendidikan
sumber gambar: play.google.com

Secara umum, aplikasi ini digunakan agar pihak sekolah dapat dengan mudah untuk menyetarakan kinerjanya dengan standar pemerintah yang ditetapkan melalui dinas pendidikan. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru serta tenaga pendidik dapat lebih mudah untuk mengetahui apakah kinerja sekolah yang telah dilakukan sudah sesuai standar atau justru belum.

Jika mencarinya di Google Play Store, tentunya akan muncul beberapa pilihan aplikasi penjamin mutu pendidikan yang tersedia. Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi yang maca, sebaiknya baca terlebih dahulu mengenai fitur-fitur yang ada di dalamnya berikut ini:

1. AMP Disdakmen 2020

AMP Disdakmen 2020 merupakan aplikasi resmi yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Fungsi aplikasi AMP Disdakmen 2020 adalah untuk memperoleh tenaga pendidik pada pengecekan PMP EDS Dikdasmen 2020.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk kebutuhan pendidikan dasar maupun menengah secara simpatik, holistik, serta berkelanjutan. Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah kuesioner untuk para stakeholder sekolah. Selain itu, ada beberapa fitur lainnya yang tersebut.

Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini berfungsi untuk melakukan pemetaan pendidikan sesuai dengan budaya serta standar nasional. Aplikasi AMP Disdakmen 2020 bisa diinstal pada komputer yang sebelumnya sudah diinstal aplikasi dapodik.

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto untuk Jualan Online Terbaik Wajib Dicoba

2. Instrumen EDS – SD

Aplikasi penjamin mutu pendidikan yang berikutnya adalah Instrumen EDS – SD. Aplikasi yang kini sudah diunduh oleh lebih dari 100.0000 pengguna ini memiliki rating 4.4 di Google Play Store. Instrumen EDS – SD merupakan aplikasi untuk membantu standarisasi pendidikan jenjang SD.

Tampilan aplikasi ini sangat sederhana, sehingga membuat siapa saja merasa mudah sata menggunakannya. Banyak tenaga pengajar di Indonesia yang sudah merasakan manfaat dari fitur yang tersedia di aplikasi ini. 

Untuk menggunakan aplikasi Instrumen EDS – SD, Anda harus mengunduh dan menginstalnya dahulu di smartphone. Jika sudah terinstal, segera lakukan input data dan ikuti arahan yang diberikan. Jika sudah login, Anda bisa mengecek apakah pendidikan yang selama ini diterapkan telah sesuai dengan Kemendikbud atau belum.

3. E-Supervisi Mutu

E-Supervisi Mutu juga merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Aplikasi yang telah didownload oleh lebih dari 50.000 pengguna ini mendapatkan rating 4.0 di Google Play Store. Ukuran aplikasi ini juga sangat ringan, yaitu hanya 5.2 MB saja.

Aplikasi ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana, sehingga cocok digunakan oleh siapa saja yang bekerja di bidang pendidikan. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Setelah instal aplikasi, lakukan input data supervisi PMP. Cukup dengan satu kali klik, seluruh pekerjaan yang ada kaitannya dengan penjamin mutu pendidikan dapat diselesaikan dengan cepat dan baik.

4. Instrumen EDS -SMP

Sama seperti namanya, Instrumen EDS merupakan aplikasi yang digunakan untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada Google Play Store, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 10.000 pengguna dengan rating bintang 4.0.

Aplikasi ini berukuran sangat ringan, yaitu hanya 5.34 MB, sehingga cocok untuk pemilik smartphone yang memori ponselnya tidak terlalu banyak. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara mudah. Tampilan antarmuka yang sederhana juga membuat cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah.

Instrumen EDS – SMP juga merupakan aplikasi yang dirancang khusus oleh Kemendikbud. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tidak ada iklan, sehingga bisa membuat pekerjaan Anda lebih lancar tanpa harus terhalang oleh iklan yang muncul terus-menerus.

Baca Juga: Aplikasi Pendeteksi Chord Gitar Untuk Android Tercanggih

5. Merdeka Mengajar

Merdeka Mengajar adalah aplikasi penjamin mutu pendidikan yang membantu para guru untuk bisa lebih mudah saat mengajar. Seperti namanya, Merdeka mengajar merupakan aplikasi untuk membimbing para guru agar bisa mengajar dengan lebih baik lagi kedepannya.

Aplikasi penjamin mutu pendidikan ini juga membantu para guru agar bisa menyampaikan materi ajar sesuai dengan standar pendidikan yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud. Fitur unggulan yang tersedia pada aplikasi ini adalah produk asesmen.

Fitur ini memungkinkan Anda bisa membagikan secara online maupun offline kepada murid. Hasil asesmen inilah yang nantinya digunakan untuk mempermudah pengajaran saat ada jadwal mengajar di dalam kelas. Selain itu, ada juga fitur lain, seperti buku teks, bahan ajar, modul proyek, dll.

6. Instrumen EDS – SMA

Sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, Instrumen EDS – SMA juga merupakan aplikasi buatan Kemendikbud. Namun, aplikasi ini digunakan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Aplikasi yang sudah diunduh oleh 10.000 lebih pengguna ini mendapatkan rating 3.9 di Play Store.

Aplikasi ini layak dipakai oleh para guru SMA. Pada aplikasi ini, tersedia materi ajar yang sesuai dengan standar mutu pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud. Instrumen EDS- SMA juga memiliki tampilan interface yang ringan, sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula.

Pada aplikasi ini, terdapat banyak fitur yang dapat Anda gunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan materi ajar serta asesmen peserta didik. Ukuran aplikasi ini juga cukup ringan, sehingga cocok untuk ponsel dengan ruang memori yang tidak terlalu besar.

Baca Juga: Aplikasi Speech to text Indonesia Terbaik Wajib Dicoba 

7. Aplikasi Penjamin Mutu SMK

Aplikasi ini menyediakan sejumlah fitur untuk membantu tenaga pendidik SMK untuk melakukan kegiatan belajar mengajar sesuai standar. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka tenaga pendidik tingkat SMK bisa memberikan materi sesuai dengan standar Kemendikbud.

Meskipun belum banyak yang menggunakan, namun aplikasi ini memiliki peran yang sangat penting. Aplikasi ini akan memberikan gambaran terkait standarisasi pendidikan SMK. Selain itu, aplikasi ini juga akan mempermudah pengajaran karena kurikulum berbeda dengan sekolah SMA.

Nah, itu dia beberapa aplikasi penjamin mutu pendidikan (AMP) yang bisa Anda gunakan. Setiap aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda. Jadi, silahkan pilih aplikasi yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News