Aplikasi yang Penting Setelah Root yang Wajib Diketahui Pemula

9 Likes comments off

Bagi Anda yang suka sekali bereksperimen dengan smartphone Android, mungkin sudah tidak kaget lagi dengan istilah root. Saat ini sudah banyak yang melakukan root pada smartphone dengan tujuan untuk bisa lebih leluasa dan bebas dalam mengakses sistem di perangkat Android. Di sini ada aplikasi penting setelah root yang harus diketahui bagi para pemula. 

Aplikasi tersebut akan membantu serta menunjang smartphone Android yang sudah di root sehingga kinerjanya jadi lebih maksimal. Untuk modifikasi Android setelah melakukan root ini pengguna perlu menggunakan aplikasi-aplikasi ini. Apa saja? Inilah ulasannya. 

Aplikasi Penting Setelah Root untuk Android

aplikasi penting setelah root
sumber gambar: thelastsurvivors.com

Mengapa perlu menggunakan aplikasi penting tersebut setelah melakukan root? Hal ini karena biasanya perangkat yang sudah pernah root akan mengalami beberapa kendala atau masalah. Namun tidak perlu khawatir, kendala yang muncul tidak serius dan bisa diatasi dengan beberapa aplikasi berikut ini: 

1. Dumpster Photo and Video Restore

Jika tidak sengaja ada file foto dan video yang terhapus begitu saja, maka pengguna perlu menggunakan aplikasi setelah root, Dumpster Photo and Video Restore ini untuk mengembalikannya. Masalah seperti ini akan mudah teratasi dengan aplikasi canggih seperti ini apalagi setelah melakukan root. 

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dibuat untuk membantu pengguna mengembalikan foto serta file video yang tidak sengaja terhapus. Jadi cara kerja aplikasi ini sama seperti recycle bin yang ada di PC. 

Saat pengguna tidak sengaja menghapus file, maka secara otomatis file tersebut akan masuk ke dalam aplikasi Dumpster ini. Jika ingin mengembalikan file yang ada pada aplikasi tersebut maka tinggal klik saja file yang ingin di restore. Secara otomatis file foto dan video yang dipilih tadi akan kembali.

Baca Juga: Aplikasi SMS Gratis dari PC ke HP yang Mudah Digunakan

2. Flashify

Jika smartphone Android sudah diroot maka aplikasi yang patut untuk dicoba adalah Flashify. Ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pengguna melakukan flashboot serta recovery pada smartphone tersebut.

Tak hanya itu saja, Flashify ini menyiapkan beberapa fitur menarik salah satunya Loki Patch. Fitur tersebut adalah keunggulan dari Flashify, membantu pengguna untuk melakukan sinkronisasi cloud antar perangkat yang lain.

Disamping itu, aplikasi ini juga bisa membantu user untuk melakukan flash kapan saja dan dimanapun. Proses flash bisa dengan menggunakan email atau dari file eksplorer. Cukup menarik dan berguna bagi pemilik smartphone Android yang suka otak-atik.

3. Greenify

Aplikasi ketiga ada Greenify, cocok sekali digunakan bagi pemilik Smartphone Android yang baterainya cepat habis dan lowbat. Aplikasi ini menjadi salah satu yang wajib dicoba pemilik perangkat Android yang telah di root. Hal ini karena baterai pada perangkat tersebut biasanya akan mudah sekali terkuras dan perlu melakukan isi ulang berkali-kali. 

Greenify ini membuat pengguna tidak perlu khawatir pada performa baterainya ketika sudah menurun setelah proses root. Kehadiran aplikasi ini membuat baterai bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah terkuras habis meski perangkat sudah diroot. Fitur andalannya adalah hibernasi yang bisa membantu baterai bertahan lama dan awet.

Jadi cara kerjanya, ketika aplikasi ini dijalankan nanti perangkat akan dimatikan dan dikurangi kapasitas baterainya ketika Smartphone tidak digunakan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membuat smartphone bisa terhindar dari masalah lemot. 

4. Link2SD

Bagi pengguna Android yang mengalami kesulitan atau kendala ketika akan memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD Card, maka ada aplikasi canggih yang bisa digunakan yaitu Link2SD. Aplikasi ini dapat dipakai ketika perangkat sudah pernah diroot dan sangat direkomendasikan. 

Aplikasi Link2SD ini memudahkan pengguna untuk memindah aplikasi dari memori internal ke memori eksternal atau SD Card dengan cepat. Link2SD ini memberikan link untuk mempermudah proses pemindahan file aplikasi tadi. Oleh karena itu, nama aplikasinya Link2SD.

Tak hanya itu saja, dari aplikasi ini, pengguna juga bisa melakukan install ulang, reboot, hingga convert. Satu aplikasi yang memiliki ragam manfaat terutama untuk mengatur aplikasi yang ada pada perangkat terkait. 

Baca Juga: Cara Upload Aplikasi ke Playstore Tercepat dan Mudah

5. Quick Reboot

Perangkat Android yang sudah di root bisa juga mencoba aplikasi Quick Reboot ini. Hanya pengguna smartphone Android yang telah di root saja yang bisa menggunakan aplikasi ini. Jika belum pernah di root maka aplikasi ini tidak akan berfungsi bahkan tidak bisa mengunduh dan memasangnya pada smartphone tersebut.

Untuk Anda yang ingin melakukan reboot dengan cepat dan anti lelet, maka Anda bisa melakukan fast reboot dengan aplikasi ini. Fitur yang tersedia di aplikasi ini cukup bermanfaat, ada normal reboot dan fast reboot pada smartphone Android dengan sistem UI. 

Tak hanya itu, fitur menarik lain yaitu safe mode yang bisa menambah keamanan untuk perangkat terkait.  Lakukan restart dengan aplikasi ini pada perangkat Android yang telah di root, dijamin akan cepat dan tidak lemot. 

6. ROM Toolbox

ROM Toolbox Lite adalah salah satu aplikasi yang mempunyai fitur LifeHacker, SDA-Developers, Android Central, Android Police, dan lain sebagainya. Pada aplikasi canggih ini, ada juga fitur Booster atau untuk menjaga performa perangkat yang telah di root tidak lemot.

Pengguna yang menginstal aplikasi ini bisa coba mengatur dan mengontrol ROM pada perangkat Android yang digunakan dan pernah di root. Tak hanya untuk mengatur serta mengontrol ROM saja, pengguna pun bisa melakukan hal tersebut pada setiap aplikasi yang sudah terpasang pada perangkat terkait. 

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Screenshot untuk HP yang Mudah

7. SDFix

Pengguna perangkat Android yang telah di root, wajib menggunakan aplikasi SDFix ini terutama yang Operation System yang digunakan minimal KitKat atau Lolipop. Aplikasi SDFix ini memang sengaja dibuat hanya untuk menangani masalah pada perangkat Android yang sudah di root khusus untuk versi KitKat dan Lolipop.  

Jika setelah melakukan root pada perangkat lalu ada masalah pada SD Card, aplikasi inilah yang nanti bisa memperbaikinya. Jadi silahkan install SDFix pada perangkat Android KitKat dan Lollipop root Anda.

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi penting setelah root bagi pengguna smartphone Android. Setiap kendala yang muncul setelah root akan dapat solusi terbaik jika menggunakan aplikasi yang sudah diulas di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News