Aplikasi Perekam Suara di Laptop Jernih dan Super Mulus

9 Likes comments off

Sekarang ini merekam suara bisa dilakukan dengan media apa saja, dimana salah satunya adalah laptop yang sehari-hari dipakai. Agar bisa merekam suara, maka harus ada aplikasi perekam suara di laptop yang bagus agar hasil perekaman bisa terdengar jernih dan jelas. Lalu, apa saja aplikasi perekam suara PC terbaik itu?

9 Aplikasi Perekam Suara di Laptop Terbaik

aplikasi perekam suara di laptop
sumber gambar: id.wikipedia.org

Pada era digital seperti ada banyak sekali ragam perekam suara yang dapat langsung dipasang pada perangkat seperti laptop. Caranya mudah dan aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan mudah serta secara gratis. 

1. Audacity

Aplikasi perekam suara di laptop yang pertama ada Audacity, ini merupakan perangkat lunak yang memang dibuat untuk pengguna bisa melakukan kegiatan merekam suara dengan mudah dan praktis. Banyak orang yang sudah mengunduh dan memakai Audacity. 

Keunggulan dari aplikasi ini ada pada tampilan yang sederhana sehingga pengguna mudah untuk memahami cara kerjanya. Audacity ini sudah cukup populer untuk para pengguna laptop. Selain tampilan sederhana terutama pada GUI, ada keunggulan lain yang tidak kalah menarik di sini. 

Audacity menyediakan beragam tools plugin yang membuat pengguna merasa sangat tertarik menggunakan software ini. Tidak hanya dibuat agar user dapat merekam suara dengan laptop. Namun, ada juga fitur editing suara. Aplikasi ini lebih cocok digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, serta Linux. 

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Attendance Management Terbaik

2. FL Studio

Rekomendasi aplikasi perekam suara di laptop yang kedua ada FL Studio. Pengguna yang menggunakan FL Studio akan dikagetkan dengan beragam fitur menarik yang sangat memudahkan kegiatan sehari-hari. Selain kemampuan merekam suara dengan jernih, FL Studio ini juga bisa dipakai untuk mengedit, mengatur, serta memadukan atau mixing suara. Pengguna yang memang suka merekam dan membuat musik cocok sekali menggunakan aplikasi ini. 

Bagi yang membutuhkan aplikasi untuk membuat loop serta beat dalam satu instrumen musik, sangat direkomendasikan menggunakan FL Studio ini, Tak sedikit musisi yang sangat terbantu dengan FL Studio. Untuk mendapatkan softwarenya bisa langsung mengunjungi situs resminya lalu mengunduh secara gratis pada laman terkait.

3. Free Sound Recorder

Aplikasi yang ketiga ada Free Sound Recorder yang cocok digunakan pengguna sistem operasi laptop apa saja. Perangkat lunak ini juga menjadi salah satu yang terbaik sehingga sangat direkomendasikan bagi pengguna laptop yang mencari aplikasi perekam suara yang jernih. 

Free Sound Recorder ini bisa didapatkan secara gratis dan tanpa ada registrasi ketika akan mengunduh atau menjalankan aplikasi tersebut. Cara menggunakannya cukup mudah, bahkan pengembang sudah memberikan tata cara menggunakan aplikasi ini di situs resminya. 

Pengguna cukup mengikuti arahan yang sudah disediakan dengan baik. Hasil rekaman suara yang diambil dengan aplikasi ini bisa disimpan dengan berbagai format. Ada yang bisa disimpan dengan format MP3, bahkan ada yang menggunakan format WAV. 

4. Adobe Audition

Dapat dikatakan kalau aplikasi ini sudah ada sejak lama. Tepatnya di tahun 2003, Adobe Audition ini sudah beredar di tengah masyarakat. Sejak pertama kali rilis, aplikasi ini terus diperbarui sehingga semakin relevan ketika digunakan user. 

Aplikasi ini memang dirancang dan didesain menggunakan konsep multitrack digital audio recording, mixer, hingga editor. Melalui Adobe Audition, pengguna dapat merekam suara sekaligus dengan instrumen musik hingga suara lain sesuai dengan kebutuhan.

Adobe Audition ini memang dibuat bisa menggabungkan beragam track suara. Pengguna juga dapat melakukan perbaikan kualitas yang dirasa kurang. Aplikasi ini menghasilkan suara yang jernih serta bisa didapatkan pada situs resminya. Untuk menggunakan tanpa batas user perlu berlangganan. Namun bagi pengguna baru masih bisa memakai free trial dengan batas waktu tertentu. 

Baca Juga: Aplikasi untuk Online Shop Terbaik, Aman dan Terpercaya

5. Jet Audio Basic

Selain dapat digunakan untuk merekam suara hingga alat musik, aplikasi ini memang dibuat untuk bisa membaca  berkas yang berupa audio sampai video. Jadi pengguna yang memiliki berkas audio maupun video yang sulit dibuka, pakai saja aplikasi Jet Audio Basic ini. 

Tak hanya itu, Jet Audio Basic juga bisa meripping berkas dari DVD ke VCD. Pengguna juga dapat mengubah berkas audio menjadi video sesuai keinginan dengan mudah. Berita baiknya, semua fitur menarik tersebut bisa dinikmati secara bebas dan gratis oleh siapa saja yang sudah mengunduh dan memasangnya pada perangkat yang dimiliki. 

6. Garageband

Garageband ini merupakan aplikasi perekam suara di laptop yang dikembangkan oleh Apple. Perangkat lunak yang memang disediakan bagi pengguna laptop yang ingin melakukan perekaman suara untuk kepentingan tertentu. Bahkan pengguna juga bisa membuat lagu hingga podcast dengan aplikasi ini. 

Aplikasi ini memang sudah banyak dipakai oleh para musisi independen yang masih baru membuat lagu atau album untuk pertama kalinya. Namun sangat disayangkan di sini, hanya pengguna sistem operasi Mac OS saja yang bisa menggunakan aplikasi menarik satu ini. 

7. Filmora Scrn

Filmora Scrn ini dapat dikatakan sebagai aplikasi perekam suara yang sederhana. Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan pada laptop dengan sistem operasi Windows dan Mac Os saja.

Tidak hanya untuk merekam suara,  aplikasi ini juga dapat merekam hingga mengedit video. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini memang cukup beragam dan lengkap sehingga bisa membantu pengguna dalam mengoptimalkan rekaman suara maupun video. 

Baca Juga: Aplikasi DP BBM Bergerak Terbaik yang Wajib Dicoba Pemula

8. Ocenaudio

Aplikasi ini merupakan salah satu yang praktis dan mudah dipakai dan cukup ringan. Meski demikian fitur yang dimiliki aplikasi ini sangat beragam. Pengguna dapat memakainya untuk beragam jenis sistem. Laptop dengan sistem operasi Windows, Mac OS, serta Linux. Tak hanya untuk merekam namun Ocenaudio ini dapat dipakai mengedit rekaman suara. 

Pengguna aplikasi ini bisa juga melakukan perbaikan untuk rekaman suara yang kualitasnya kurang bagus. Tujuan perbaikan tersebut untuk menghasilkan rekaman suara yang jelas dan jernih. Pendengar atau audiens bisa memahami dengan baik isi dan maksud rekaman suara tersebut. 

Ocenaudio awalnya dibuat untuk membantu pengguna dalam mengedit audio dengan lebih mudah dan praktis. Namun sekarang aplikasi ini sudah digunakan banyak orang secara umum. Hasil rekaman suara dengan aplikasi ini memang bagus dan jernih. 

9. Sound Forge

Rekomendasi aplikasi yang terakhir ada Sound Forge. Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk melakukan perekaman suara. Setelah suara direkam dengan baik, pengguna juga bisa mengatur kualitas suara  dengan melakukan editing. Fitur yang dimiliki pun juga cukup lengkap dan bermanfaat.

Itu dia beberapa aplikasi yang dapat dicoba untuk merekam suara dengan laptop. Setiap aplikasi memiliki keunggulannya masing-masing dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Tinggal pilih saja mana yang paling bisa mengakomodasi kebutuhan Anda. Selamat mencoba! 

5/5 - (75 votes)

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News