Aplikasi Root Paling Bagus dan Aman Wajib Dicoba Pemula

4 Likes comments off

Root biasa dilakukan oleh para pengguna perangkat Android supaya bisa mendapatkan akses pada sistem internal lebih lengkap. Hanya saja, tindakan dapat menghapus aplikasi bawaan perangkat Anda. Solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi root paling bagus yang banyak tersedia di internet. Setelah itu Anda bisa menggunakan perangkat Android sepuasnya.

Rooting memang membuat perangkat Android Anda jadi memiliki RAM lebih luas, daya tahan baterai dan performa perangkat meningkat, HP bisa dikustomisasi sepuasnya dan banyak lagi. Namun, sebelum memasang aplikasi root di HP Anda harus paham bahwa dengan rooting, perangkat Android Anda lebih rawan terhadap serangan malware. Selain itu, HP yang sudah di root akan sulit mendapatkan update dari firmware resmi dan konsekuensi terburuk adalah kehilangan garansi.

Aplikasi Root Paling Bagus 

aplikasi root paling bagus
sumber gambar: semutimut.com

Setelah Anda paham apa resiko HP yang telah di root dan tetap ingin melanjutkannya, tidak jadi masalah. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi root yang sering direkomendasikan berikut ini:

1. Baidu Root

Aplikasi root Android ini menyediakan 2 bahasa yaitu Cina dan Inggris. Agar lebih mudah dipahami, di sini akan diberikan Baidu Root versi bahasa Inggris. Aplikasi satu ini kompatibel dengan perangkat root 2.2 sampai dengan 11. 

Fitur yang ditawarkan antara lain uninstall bloatware, daya tahan baterai, peningkatan performa dan sebagainya. Baidu Root ini diklaim sebagai aplikasi root Android bebas malware, sehingga Anda bisa lebih tenang menggunakannya.

Baca Juga: Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Mudah dan Tepat

2. Framaroot

Rekomendasi kedua adalah Framaroot yang merupakan salah satu aplikasi rooting yang populer. Cukup sekali klik saja, perangkat Android Anda sudah otomatis di root. Keunggulannya, Anda bisa melakukan unroot jika merasa ragu dengan keputusan untuk rooting perangkat Android. Gunakan saja fitur yang ada di dalam aplikasi Framaroot untuk membatalkan rooting.

Fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu tersedianya beragam exploits untuk membantu Anda membuka sistem internal pada perangkat. Explosit yang disediakan antara lain Aragorn, Frodo, Pippin, Gollun, Faramir, Legolas dan Gandals.

3. KingRoot

KingRoot menjadi satu dari sekian banyak aplikasi root paling bagus yang dapat Anda gunakan. Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa PC. Fitur khusus pada KingRoot adalah alat untuk pemurnian aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Dengan begitu kinerja perangkat Android bisa menjadi lebih optimal.

KingRoot adalah jenis aplikasi yang tidak banyak mengkonsumsi daya sehingga baterai Anda menjadi lebih awet. Aplikasi root ini kompatibel pada perangkat Android dari berbagai merek. Versi Android dari 2.2 hingga 7.0 atau Android Nougat.

4. Universal Androot

Aplikasi ini membuat Anda lebih mudah melakukan rooting tanpa PC dengan mudah. OS Android yang kompatibel mulai dari versi 1.5 hingga 7.0 yang berasal dari berbagai merek dan jenis. Aplikasi satu ini mudah digunakan, hanya saja Anda harus agak bersabar kalau tiba-tiba muncul iklan. Catatan juga bahwa untuk perangkat Android diatas 7.0 tidak bisa menggunakan aplikasi Universal Androot ini. 

Baca Juga: Aplikasi Pemotong Lagu Android Terbaru Paling Canggih

5. Towelroot

Aplikasi yang ukurannya relatif kecil ini, yaitu hanya 100kB, Anda sudah bisa mengakses seluruh sistem internal pada perangkat Android. Penggunaannya juga mudah, satu ketukan saja maka HP Android Anda otomatis di rooting oleh aplikasi Towelroot.

Sebagai informasi, Towelroot bekerja dengan sangat baik pada perangkat Android besutan Samsung, terutama seri Galaxy S4 dan S5. Aplikasi ini juga dapat dipakai pada HP Android Nexus 4 atau 5. Tapi kalau Anda memakai HP dari merk lainnya, tidak ada salahnya mencoba aplikasi Towelroot.

6. Root Genius 

Dari namanya saja Anda seharusnya sudah bisa memperkirakan bahwa aplikasi ini mempunyai fitur-fitur yang jenius. Tidak salah lagi, Root Genius memang sangat membantu Anda untuk membuka akses sistem internal perangkat dengan sempurna layaknya aksi seorang yang jenius.

Penggunaan Root Genius ini juga membantu Anda mengatasi masalah lemot pada perangkat. Bukan itu saja, daya tahan baterai HP juga dapat ditingkatkan menggunakan aplikasi root ini. Selain yang sudah disebutkan diatas, Root Genius juga mempunyai kemampuan yang bagus untuk menghapus aplikasi pra-instal yang tidak dapat Anda hilangkan.  

Perangkat Android apa saja yang bisa menggunakan aplikasi rooting Root Genius adalah versi 2.3 sampai 5.0.2. Ukuran aplikasi lumayan kecil yaitu hanya 13 MB saja.

7. Key Root Master

Kalau menggunakan aplikasi ini, aktivitas rooting HP dapat dilakukan hanya dengan menekan satu tombol saja. Proses rooting oleh aplikasi ini sangat bersih dan tingkat kesuksesannya tinggi. Aplikasi satu ini juga dapat dipakai untuk menghapus bloatware ataupun aplikasi bawaan dari HP Anda. Key Root Master kompatibel pada perangkat Android versi 2.3 ke atas.

8. KingoRoot

Jangan sampai Anda keliru atau pun menganggap aplikasi KingoRoot ini sama dengan aplikasi root HP lainnya yaitu KingRoot. Sekilas namanya memang mirip, tapi KingRoot dan KingoRoot adalah dua aplikasi yang berbeda, meskipun sama-sama berfungsi untuk rooting HP.

Kalau Anda memilih menggunakan aplikasi KingoRoot ini maka proses rooting Android bisa dilakukan hanya dengan satu klik. Tingkat kesuksesan root dengan aplikasi ini juga sangat tinggi. Banyak fitur andalan yang dapat Anda temukan pada aplikasi ini, diantaranya peningkatan daya tahan baterai, penghapusan bloatware, menambah performa dan lainnya.

Aplikasi root HP ini kompatibel dengan perangkat dari berbagai merek populer seperti Samsung, HTC, Sony dan lain sebagainya. Adapun versi Android yang sesuai mulai dari 1.5 sampai 5.0. Selain digunakan pada HP, aplikasi ini juga dapat berjalan di PC.

Baca Juga: Aplikasi untuk Android Root Terbaru yang Wajib Dicoba

9. Z4 Root

Z4 Root APK memang belum sepopuler aplikasi untuk root HP Android yang lainnya. Meskipun begitu, dari segi fitur tidak bisa dianggap remeh, karena Z4 Root tidak kalah dari aplikasi lainnya yang sudah terkenal. Aplikasi ini mampu melakukan root berbagai jenis merek dan jenis perangkat Android milik Anda, tanpa harus menggunakan PC ataupun laptop. Aplikasi Z4 Root ini ukurannya kecil sehingga tidak akan memakan memori HP Anda. 

Itulah beberapa rekomendasi dan pilihan aplikasi root paling bagus yang dapat Anda gunakan untuk rooting Android. Aplikasi-aplikasi tersebut mudah digunakan tanpa Anda harus menghubungkannya dengan PC ataupun laptop. Fitur pada aplikasi root membuat aktivitas rooting HP mudah dilakukan hanya dengan menekan satu tombol saja.

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News