Aplikasi Sistem Informasi Personel POLRI, Inilah Fiturnya!

6 Likes comments off
aplikasi sistem informasi personel polri

Berkat hadirnya teknologi yang semakin canggih membuat segala sesuatunya menjadi lebih modern sehingga mempermudah masyarakat. Salah satu hal yang merasakan dampak positif dari adanya teknologi adalah penyajian data yang menjadi serba digital. Kepolisian beberapa waktu yang lalu meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Personel Polri (SIPP Polri). 

Aplikasi ini bisa diakses kapan dan dimana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet. Aplikasi SIPP Polri diluncurkan dengan tujuan sebagai upaya pembinaan SDM yang lebih transparan, bersih, humanis serta menciptakan sarana pendukung yang disajikan dalam bentuk data personel secara nyata dan akurat. Data-data tersebut tersedia dalam bentuk sistem informasi yang mudah untuk diakses. 

Apa Itu SIPP Polri?

aplikasi sistem informasi personel polri
sumber gambar: ssip.polri.go.id

SIPP Polri adalah aplikasi untuk Android yang dibuat oleh Kementerian Sosial RI yang berguna untuk memasukkan seluruh informasi dan data personel Polisi Republik Indonesia (Polri) ke dalam suatu sistem yang dinamakan SIPP. 

SIPP yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Personel Polisi  adalah sistem yang di dalamnya berisi data polisi di Indonesia berkumpul. Semua penegak hukum harus dicatat dan dimasukan dalam aplikasi ini agar tidak ada lagi orang yang mengaku-ngaku sebagai anggota polisi.

Sistem Informasi Personel Polri (SIPP Polri) adalah sistem yang menyajikan data dan informasi pegawai negeri yang bekerja di Polri secara online dan manual yang terjamin akurasinya sebagai salah satu cara untuk mendukung pembinaan sumber daya manusia (SDM) yang lebih baik di lingkungan Polri. 

Adapun tujuan aplikasi SIPP Polri adalah sebagai berikut:

  1. Digunakan sebagai media mengolah dan menyajikan data tentang personil Polri yang tepat guna untuk mendukung serta menetapkan kebijakan maupun pengambilan keputusan pada pembinaan SDM di lingkungan Polri
  2. Memberikan sajian data pegawai negeri Polri yang real-time dengan akurat dan cepat
  3. Dijadikan sebagai data central atau pusat penyimpanan data personel Polri yang akurat dan dokumen validitas yang terjamin

Sedangkan manfaat dari aplikasi Sistem Informasi Personel Polri (SIPP Polri) adalah sebagai berikut:

  1. Sebagian acuan bagi sumber daya manusia (SDM) terkait dalam menjalankan tugas dan fungsi sehari-hari
  2. Merupakan pedoman dalam pengambilan kebijakan dan keputusan pimpinan dalam pengelolaan SDM agar lebih transparan, akuntabel dan objektif
  3. Sebagai sumber data yang bisa dimanfaatkan di aplikasi lainnya dalam satuan kerja yang ada di lingkungan Polri.

Baca Juga: Aplikasi Untuk Android yang Sudah Di Root Wajib Instal

Prinsip Pelaksanaan dan Penggunaan SIPP Polri

Dalam pelaksanaan Sistem Informasi Personel Polri, ada beberapa prinsip yang harus dipahami. Beberapa prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

1. Legalitas

Prinsip legalitas ini menjelaskan tentang pelaksanaan SIPP yang harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sesuai dengan apa yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan.

2. Legitimasi

Prinsip ini adalah proses dilakukannya pengumpulan data, pengolahan dan penyajian data yang nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan terkait.

3. Objektif

Pengelolaan sistem informasi personel Polri (SIPP Polri) harus berdasarkan fakta atau kondisi sesungguhnya yang ada di lapangan.

4. Akurat

Maksudnya yaitu data yang disajikan harus lengkap dan tepat, baik itu dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

5. Akuntabel

Prinsip akuntabel adalah prinsip yang memastikan jika SIPP Polri tersebut mampu dipertanggungjawabkan dengan tepat sebagaimana peruntukannya.

6. Aman

Sistem Informasi Personel Polri (SIPP Polri) harus dipastikan sebagai sajian data yang aman, memiliki akses dan terjamin perlindungannya.

Baca Juga: Aplikasi Membuat DP BBM Bergerak Terbaik untuk Pemula

Tahapan dalam Pengoperasian Aplikasi Sistem Informasi Personel Polri (SIPP Polri)

Aplikasi SIPP Polri hadir dengan berbasis web. Aplikasi ini mudah untuk diakses melalui perangkat apapun, dimana dan kapan saja. Dalam pengoperasian aplikasi ini, ada kriteria spesifikasi minimal. Baik itu melalui laptop, komputer, ponsel ataupun tablet. Pastikan perangkat yang digunakan memiliki browser yang memadai, seperti Mozilla Firefox, Chrome, Safari dan sebagainya.

Untuk bisa mengakses aplikasi SIPP Polri, perangkat yang digunakan harus tersambung dengan jaringan internet, baik itu menggunakan data seluler maupun Wi-Fi. Berikut uraian tahapan pengoperasian aplikasi ini:

1. Proses Login

Untuk login, pengguna bisa mengetik “https://sipp.polri.go.id/login” di halaman pencarian lalu tekan “enter” lanjutkan dengan memasukkan “NRP serta password” lalu klik tombol “masuk”. 

2. Proses Logout

Jika ingin logout dari aplikasi ini, pengguna bisa memilih menu “profil” lalu klik tombol “logout”. Maka secara otomatis pengguna akan keluar dari aplikasi.

3. Reset Password

Apabila ingin melakukan reset password, pengguna bisa masuk ke halaman awal “https://sipp.polri.go.id/login” lalu pilih “Lupa Password”. Kemudian diisi user dengan NRP lalu pilih “kirim link reset password”. Setelah itu, buka email yang terdaftar pada aplikasi ini. Lalu klik “aktifkan akun”.

4. Proses Ganti password

Pertama, pilih menu “profil” lalu pilih “akun”  dan ketik password lama serta password baru yang ingin digunakan. klik “simpan”.

5. Mencari Personel Umum 

Akses web sipp polri kemudian pilih menu “dashboard”. Masukkan keyword yang diinginkan lalu pilih “enter” untuk memunculkan hasil pencarian.

6. Mencari Personel Dasar

Pilih menu “dashboard” lalu pilih “status kedinasan”. Setelah itu, masukkan NIP, jabatan, nama, sesuai keinginan dalam pencarian. Kemudian klik “cari” untuk memunculkan hasilnya

7. Mencari Data Personel Lanjut

Setelah memilih menu “dashboard” lalu pilih fitur “pencarian personel” lalu pilih “pencarian lebih lanjut”. Kemudian pilih “tab personel” lalu isi data yang diperlukan seperti NIP, status kedinasan, agama, nama, suku, pangkat dan lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Excel Terbaik dan Paling Lengkap

Cara Validasi Aplikasi SIPP Polri 

Supaya data yang disajikan akurat maka semua personel Polri diwajibkan untuk mengikuti program validasi SIPP Polri. Hal ini bertujuan agar semua orang dan personel Polri sendiri bisa mengakses data ini. inilah cara validasi aplikasi ini:

  • Supaya bisa menggunakannya, pengguna diharuskan untuk Login menggunakan Username dan Password
  • Jika belum memiliki akun, maka harus daftar terlebih dahulu
  • Setelah berhasil login, akan muncul data dari anggota Polri. Mulai dari pangkat, pasukan dan polisi sektor mana
  • Selain itu juga akan ditampilkan Tab informasi apabila ada pemberitahuan dari pusat

Program validasi aplikasi SIPP Polri memiliki banyak kelebihan, seperti:

1. Memudahkan Anggota Polri

Berkat program ini, personel Polri akan dimudahkan dalam melakukan pengurusan administrasi, info kenaikan gaji dan juga pangkatnya melalui satu aplikasi SIPP Polri saja. 

2. Menghindari Penipuan

Banyak orang mengaku sebagai anggota Polri untuk menipu masyarakat. Supaya hal ini tidak terjadi maka diluncurkan aplikasi SIPP Polri. Aplikasi ini juga membantu masyarakat yang sedang menjalin hubungan kerjasama dengan seorang personel Polri. Dengan aplikasi ini Kamu bisa mengecek kebenaran apakah personel tersebut benar-benar anggota Polri atau bukan. 

3. Verifikasi dan Validasi Data

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek serta memeriksa apakah anggota Polri tersebut sudah terdaftar resmi sebagai abdi negara atau belum. Di aplikasi ini akan ditampilkan data mutasi atau pindah tugas bagi Polri dan keputusan lainnya.

Nah itulah informasi tentang aplikasi Sistem Informasi Personel Polri. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Kamu mengenal aplikasi baru ini. Semoga bermanfaat ya!. 

 

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News