Aplikasi Speech to text Indonesia Terbaik Wajib Dicoba 

9 Likes comments off
aplikasi speech to text

Semua aplikasi yang ada memang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan. Salah satu contoh aplikasi tersebut adalah aplikasi-aplikasi speech to text Indonesia. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk melakukan pengetikan dengan cepat seperti halnya sedang berbicara. 

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengubah obrolan, pidato, ucapan atau pembicaraan seseorang menjadi sebuah teks tanpa perlu repot diketik. Keberadaan aplikasi ini sangatlah berguna, terutama bagi Anda yang bekerja di bidang tulis menulis. Inilah rekomendasi aplikasi speech to text Indonesia terbaik yang wajib dicoba.

10 Aplikasi Speech to text Indonesia Terbaik

aplikasi speech to text
sumber gambar: maketecheasier.com

1. Notulite

Rekomendasi nama aplikasi yang pertama adalah Notulite. Aplikasi ini bisa membantu Anda mengubah sebuah audio menjadi teks dengan sangat mudah. Notulite sendiri merupakan aplikasi lokal yang sangat bermanfaat. Aplikasi ini hadir dengan beberapa fitur yang canggih, seperti bisa mengenali peran pembicara.

Biasanya aplikasi ini digunakan untuk mencatat meeting atau rapat secara otomatis. Dalam hal akurasi, Notulite sangat unggul karena kesalahan dari ejaan bisa diminimalisir. Anda sebagai pengguna juga bisa melakukan penyuntingan apabila terdapat kesalahan dalam pengejaan hasil dari konversi audio (suara) ke text.

Baca Juga: Aplikasi Root yang Bagus untuk Pelajar Pemula, Apa Saja?

2. Google Keyboard 

Aplikasi Speech to text Indonesia ini bisa digunakan oleh pengguna perangkat Android maupun iOS. Aplikasi Google Keyboard memiliki banyak kelebihan, salah satunya bisa diakses atau digunakan secara gratis. Aplikasi ini juga hadir dengan dibekali banyak fitur tambahan.

Sebenarnya aplikasi ini dirancang untuk kebutuhan keyboard input fisik namun juga bisa digunakan untuk input audio yang diucapkan secara langsung lalu mengubahnya ke dalam bentuk teks. Aplikasi Google Keyboard memiliki lebih dari 60 bahasa sehingga Anda bisa menerjemahkan berbagai bahasa asing menjadi bahasa Indonesia atau sebaliknya.

3. Speechnotes

Nama aplikasi selanjutnya yang bisa membantu Anda mengubah file dengan format audio ke dalam bentuk tulisan adalah Speechnotes. Menggunakan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bisa mengedit teks dalam waktu yang sama ketika aplikasi sedang digunakan. 

Hal menarik lain dari aplikasi ini adalah bisa digunakan meski Anda sedang tidak terhubung dengan jaringan internet. Jika ingin merasakan manfaat dari aplikasi ini, Anda bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play Store atau App Store.

4. Transcribe

Transcribe merupakan aplikasi kecerdasan buatan (AI) yang banyak dimanfaatkan sebagai alat untuk menerjemahkan audio menjadi teks. Aplikasi ini memiliki kelebihan berupa bisa mengubah video menjadi teks. Kelebihan ini dimiliki Transcribe berkat kemampuan teknologi AL yang dimilikinya. 

Kelebihan lain dari Transcribe adalah memiliki lebih dari 80 bahasa di dunia yang disediakan. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengimpor file dari Dropbox. Menariknya lagi, Transcribe juga memungkinkan Anda bisa memperoleh transkripsi berkualitas tinggi hanya dengan menggunakan satu tombol saja.

5. Otter 

Aplikasi Speech to text Indonesia selanjutnya yaitu Otter. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang merupakan siswa maupun mahasiswa. Aplikasi Otter bisa digunakan untuk transkrip wawancara, kegiatan belajar mengajar dan transkrip meeting. 

Aplikasi ini sudah didukung oleh Ambient Voice Intelligence (AVI), dimana sistemnya dapat berjalan menjadi lebih cepat. Otter banyak digunakan oleh banyak siswa karena memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi. Saat pembelajaran online, aplikasi ini sering digunakan untuk mentransfer audio menjadi text. 

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto iPhone yang Sering Digunakan Artis

6. Speech To Text

Aplikasi satu direkomendasikan untuk digunakan oleh pengguna pemula. Alasannya karena memiliki tampilan yang sangat sederhana dan sistem pengoperasiannya yang mudah. Saat pertama kali masuk, Anda hanya perlu memencet tombol microphone lalu memberikan akses ke perekaman suara di Smartphone. Setelah tombola di pencet, suara yang Anda ucapkan akan langsung tertulis di layar HP.

Aplikasi ini selain bisa digunakan untuk mengubah ucapan menjadi teks, juga bisa digunakan untuk mengubah teks menjadi ucapan. Jika ingin berpindah, Anda yang perlu mengganti tab ke “Text to Speech”. Setelah itu, mengetik kalimat yang akan diubah menjadi suara. 

7. Voice Notebook

Aplikasi selanjutnya yang bisa merubah audio menjadi teks adalah Voice Notebook. Aplikasi ini bisa digunakan secara offline dan gratis. Saat menggunakannya Anda bisa melakukan pengaturan bahasa dengan mudah. Penulisannya pun juga minim kesalahan ejaan sehingga direkomendasikan untuk digunakan. 

Pada layar perekaman suara dan juga pencatatan note, ada opsi enter, titik, koma, spasi dna masih banyak lagi. Opsi-opsi tersebut bisa digunakan ketika Anda memerlukannya. Aplikasi ini tidak hanya bisa mencari kecocokan kata yang diucapkan, tetapi juga akan mencari kecocokan kata yang ada dalam satu kalimat. 

8. Live Transcribe & Notification

Aplikasi Speech to text Indonesia ini bisa digunakan dengan berbagai pilihan bahasa untuk mendeteksi suara. Ada 80 bahasa yang dimiliki oleh aplikasi ini. Live Transcribe & Notification mengandalkan fitur yang dimilikinya yaitu melakukan live transcribe secara real-time

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan word custom yang sering digunakan. Fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi Live Transcribe & Notification sangat canggih sehingga memudahkanmu dalam menggunakannya.

9. Gboard

Aplikasi untuk mengubah suara atau audio menjadi text selanjutnya adalah Gboard. Aplikasi milik Google ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang memudahkan pengguna saat menggunakannya. Aplikasi voice typing ini hadir bersamaan dengan keyboard buatan Google yang multitasking.

Saat ini Google Keyboard masuk sebagai daftar aplikasi terbaik untuk mengubah suara menjadi text. Ini bukan tanpa alasan karena aplikasi ini sudah hadir cukup lama dan menghadirkan kenyamanan untuk penggunanya. Rating yang dimiliki juga cukup tinggi yaitu 4,5/5. 

Baca Juga: Aplikasi Desain Kaos Futsal yang Paling Mudah Digunakan

10. SpeechTexter

Aplikasi Speech to text Indonesia satu ini memiliki desain yang simpel untuk membantu Anda menulis tanpa repot mengetik. Ada 70 pilihan bahasa yang disediakan dan bisa digunakan. 

Anda bisa membuat notes dengan mudah dan akurat dengan memanfaatkan fitur commands. Fitur ini bisa bekerja untuk mengingat kapan harus menggunakan tanda baca. Aplikasi SpeechTexter banyak diminati dikarenakan bisa digunakan secara instan dan mudah. Menariknya lagi, Anda bisa mengedit dan menyimpan hasil text di dalam ponsel dengan sangat mudah.

Nah itulah rekomendasi 10 aplikasi Speech to text Indonesia terbaik yang wajib dicoba. Aplikasi-aplikasi tersebut akan membantu Anda mengubah suara atau audio menjadi teks dengan sangat mudah. Jadi tunggu apalagi segera download aplikasi ini sekarang juga!

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News