Mengenal Aplikasi Uber Taxi Jakarta dan Cara Pesannya

18 Likes comments off

Bagi Anda yang tinggal di kota besar tentu tidak akan asing lagi dengan aplikasi Uber Taxi. Aplikasi Uber Taxi Jakarta sudah menjadi salah satu kebutuhan warga kota besar tersebut sebagai sarana transportasi. Nama Uber Taxi sendiri sebetulnya sudah tidak asing lagi. Agar tahu seperti apa aplikasi Uber Taxi Jakarta ini mari simak langsung penjelasan singkatnya di sini.

Apa Itu Uber Taxi Jakarta?

aplikasi uber taxi jakarta
sumber gambar: liderempresarial.com

Uber adalah jasa perantara penyedia taksi premium dengan cara memanfaatkan program khusus untuk memesan taksi. Program tersebut akan menghubungkan konsumen dengan sopir atau driver Uber Taksi. Aplikasi yang tersedia bisa diakses melalui smartphone atau PC yang tersambung dengan koneksi internet.

Program software yang dibuat oleh pihak Uber ini sangat membantu konsumen dalam mencari informasi tentang jarak tempuh lokasi penjemputan ke lokasi tujuan, perkiraan tarif, pembayaran ongkos taksi dengan kartu kredit, hingga melihat profil driver Uber Taxi yang posisinya paling dekat dan sedang standby serta bisa dihubungi.

Di akhir tahun 2014 lalu, Uber sebetulnya sudah mulai beroperasi di setiap kota besar yang ada di Indonesia. Kota yang memiliki Uber Taxi ini antara lain Jakarta, Surabaya, Bali, dan Bandung. Uber Taxi ini sendiri menjadi salah satu situs sosial media dan blog pertama kali ada. Sejak diluncurkan bisnis Uber ini mengalami perkembangan yang pesat. Pada masa sekarang ini Uber sudah beroperasi di 128 kota besar di 37 Negara.

Kehadiran dari Uber Taxi di tengah masyarakat Indonesia mendapat tanggapan yang positif terutama untuk pengguna transportasi umum. Selain cara pemesanan taksi yang modern, tarif yang ditawarkan termasuk lebih terjangkau daripada taksi konvensional. 

Taksi konvensional menggunakan kendaraan perusahaan yang memiliki plat kuning. Sementara Uber taxi menggunakan kendaraan pribadi yang menggunakan plat hitam. Penumpang yang menggunakan armada Uber Taxi akan merasa sedang menggunakan kendaraan pribadi. 

Baca Juga: Harga Samsung Tab A7 2020 Beserta Spesifikasinya

Cara Menggunakan Aplikasi Uber Taxi Jakarta

Bagi Anda yang sudah menggunakan smartphone baik itu dengan sistem operasi iOS maupun Android, dengan mudah bisa menggunakan aplikasi Uber Taxi Jakarta. Dengan memasang aplikasi Uber tersebut, pengguna smartphone sudah bisa menikmati semua layanan dan fitur yang tersedia. Mari simak langkah-langkah menggunakannya di sini.

  1. Pertama silahkan buka App Store atau Google Play Store yang ada di smartphone 
  2. Kemudian langsung saja ketikkan Uber di kolom pencari
  3. Setelah ketemu silahkan Unduh dan tunggu hingga proses pemasangannya selesai
  4. Jika aplikasi sudah terpasang di Smartphone selanjutnya silahkan buka dan jalankan aplikasi Uber Taxi tersebut
  5. Silahkan ketuk pada menu Sign Up dan bubat akun baru Uber terlebih dahulu
  6. Isi semua data yang diminta dengan teliti, pastikan semua data sudah lengkap dan benar
  7. Setelah pengisian data diri silahkan tunggu sebentar sampai ada kode verifikasi yang dikirim oleh pihak Uber melalui SMS
  8. Setelah kode verifikasi sudah masuk silahkan masukkan kode tersebut ke aplikasi Uber
  9. Setelah proses pembuatan akun Uber sukses, lanjtukan dengan memilih metode pembayaran yang ingin digunakan. Pilihannya ada Tunai atau Kredit.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Huawei Nova 5T Terbaru

Cara Memesan Uber Taxi 

Ketika aplikasi Uber Taxi Jakarta sudah terpasang di smartphone, akun Uber juga sudah dibuat, maka selanjutnya mari mencari tahu seperti apa caranya memesan taksi melalui aplikasi tersebut. Pada dasarnya untuk memesan taksi Uber ini tidak jauh berbeda dengan taksi konvensional. 

Driver Uber Taxi akan menjemput Anda di lokasi yang sudah ditentukan. Jika saat ini Anda menjadi pengguna Uber pemula, mungkin ada beberapa hal yang cukup membingungkan ketika akan memesan Uber Taxi ini. Hal itu sangat wajar, jadi mari lihat penjelasan singkat tentang cara pemesanan taksi menggunakan aplikasi Uber taxi Jakarta.

  1. Jika aplikasi Uber sudah terpasang di smartphone, maka cara memesannya adalah dengan membuka dan menjalankan terlebih dahulu aplikasi tersebut.
  2. Setelah itu silahkan periksa ketersediaan armada taksi yang berada di sekitar lokasi Anda. Bila muncul tulisan”…Min Set Pickup Location” itu menunjukkan bahwa ada armada Taksi Uber di sekitar posisi Anda. Lanjutkan dengan melihat berapa menit perkiraan armada taksi tersebut bisa sampai ke lokasi penjemputan. Jika tidak ada armada sama sekali disekitar Anda, maka akan muncul notifikasi No Cars Available. 
  3. Bagi yang sudah mendapatkan armada, lanjutkan dengan mengecek atau melihat perkiraan tarif dari lokasi penjemputan ke tempat tujuan. Caranya dengan menggeser layar ke bawah lalu klik menu Get Fare Estimate, setelah itu silahkan masukkan lokasi tujuan. Tunggu beberapa saat, aplikasi akan melakukan penghitungan kisaran tarif perjalanan Anda
  4. Langkah selanjutnya klik Set Pick Up Location
  5. Tekan lagi pada menu Request Uber dan tunggu aplikasi mencarikan pengemudi atau driver yang paling dekat dengan lokasi Anda
  6. Jika Uber sudah menemukan driver yang posisinya paling dekat, Anda akan mendapat notifikasi berupa informasi jenis mobil, plat nomor, dan nama beserta foto driver yang akan menjemput.
  7. Jika sudah mendapatkan notifikasi, langsung saja menghubungi Uber yang menerima pesanan Anda. Perlu diketahui, di sini pemesanan armada Uber Taxi dapat dibatalkan sebelum 5 menit dari waktu driver menerima pesanan Anda. Jika melakukan pembatalan setelah 5 menit, maka perlu mengeluarkan biaya 30 ribu rupiah sebagai denda yang nanti akan masuk ke tagihan di orderan berikutnya.
  8. Langkah terakhir, tunggu driver sampai dan ikuti posisi driver melalui GPS yang ada di aplikasi. Nanti ketika driver sudah dekat dengan lokasi penjemputan, akan ada notifikasi dari aplikasi, begitu pula ketika armada Uber telah sampai di lokasi.

Cukup mudah bukan melakukan pemesanan atau order Uber Taxi menggunakan aplikasi. Selain praktis, Uber Taxi juga memiliki armada yang berkualitas sehingga pengguna aplikasi bisa lebih nyaman di perjalanan. Nantinya, cara pesan uber motor juga hampir sama dengan Uber Taxi. Perbedaannya hanyalah pada variasi kendaraan yang akan Anda gunakan, bukan berupa mobil tapi motor. 

Baca Juga: 2 Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan Internet

Aplikasi Uber Taxi Jakarta ini tentunya hanya bisa digunakan bagi warga setempat saja. Untuk sistem pembayarannya sendiri, pengguna bisa membayar dengan cara online maupun tunai. Meski tidak ada perbedaan harga, namun ada perbedaan promo dan diskon dari sistem pembayaran yang dipilih. 

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang aplikasi Uber Taxi Jakarta yang cukup populer di masyarakat. Uber ini sangat membantu warga Jakarta untuk mendapatkan sarana transportasi yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Ingin mencobanya?

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News