Aplikasi Untuk Android yang Sudah Di Root Wajib Instal

9 Likes comments off
aplikasi untuk android yang sudah di root

Aplikasi untuk Android yang sudah di root sekarang ini sudah semakin beragam. Hal ini membuat kinerja smartphone bisa terus diupdate. Tak hanya pada smartphone perangkat dengan sistem operasi Android seperti Laptop atau PC juga bisa di root. 

Sayangnya, masih banyak pengguna Android yang tidak mengetahui apa saja aplikasi yang harus diinstal setelah melakukan root pada perangkat. Padahal tujuan pemasangan aplikasi tersebut untuk menunjang perangkat bisa lebih meningkat lagi kinerjanya. 

Aplikasi yang Wajib Dipasang Pada Perangkat Android yang Sudah Root

aplikasi untuk android yang sudah di root
sumber gambar: popbela.com

Pilihan aplikasi yang dapat dipasang pada perangkat Android yang sudah di root dan wajib dicoba akan diulas secara singkat di sini. Berikut adalah beberapa aplikasi wajib setelah root yang bisa Anda install:

1. Easy DPI Changer

Aplikasi yang satu ini bisa membantu pengguna untuk mengubah ukuran dpi atau display per inchi pada layar perangkat terutama smartphone. Hal tersebut akan membuat tampilan Android bisa jadi lebih kecil daripada DPI yang normal. 

Biasanya pengguna menggunakan aplikasi ini untuk mengecilkan ukuran ikon Android atau mengubah resolusi layar Android. Bagi pengguna Android yang lebih nyaman dengan tampilan kecil maka aplikasi kasi sangat direkomendasikan. 

Untuk bisa memasang aplikasi ini pada perangkat yang dimiliki cukup mengunduhnya melalui Play Store. Tanpa perlu membayar atau berlangganan, siapa saja bisa menggunakan Easy DPI Changer ini kapan saja. 

Baca Juga: Aplikasi Membuat DP BBM Bergerak Terbaik untuk Pemula

2. Greenify

Perangkat yang sudah di root biasanya kekuatan baterainya akan menurun atau cepat habis. Hal ini karena kinerjanya mengalami peningkatan. Jadi daya yang digunakan pun akan bertambah dan itu yang menjadi penyebab baterai jadi cepat habis. 

Greenify merupakan salah satu aplikasi yang dibuat untuk membantu pengguna dalam mengorganisir aplikasi apa saja agar tidak selalu dalam kondisi aktif di belakang layar. Sederhananya ini program untuk mengatur background usage. 

Penggunaan perangkat lunak ini untuk menghemat baterai Android. Selain itu aplikasi ini bisa dijadikan solusi untuk RAM yang cepat penuh. Ada fitur hibernate yang dapat dimanfaatkan pada Greenify. Aplikasi yang memakan RAM cukup besar bisa di hibernate dengan ini. 

Untuk lebih mempermudah pengguna, developer juga menyediakan fitur shortcut hibernate now. Tanpa harus menjalankan aplikasi Greenify, hibernate bisa dipasang di depan layar perangkat. Jadi kapan saja butuh mengaktifkan mode hibernate bisa langsung menekan shortcutnya.

3. Migrate

Aplikasi yang selanjutnya bernama Migrate. Program yang cocok untuk pengguna perangkat yang sudah di root dan menggunakan TWRP. Migrate merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk backup pada semua aplikasi pada perangkat. Data dari semua aplikasi akan terbackup dengan mudah menggunakan perangkat lunak ini. 

Untuk pengguna yang memang hobi melakukan oprek atau mengganti custom rom android, Migrate ini pasti sangat berguna. Tanpa perlu melakukan pemasangan aplikasi yang penting satu per satu, Migrate ini membantu pengguna melakukan full backup. 

Jadi setelah perangkat di root pengguna cukup melakukan restore data melalui aplikasi Migrate. Setiap aplikasi yang ada di custom rom sebelumnya juga otomatis akan terpasang pada perangkat. 

4. AdAway

Untuk pengguna yang merasa terganggu dengan adanya iklan pada perangkat Android, coba gunakan AdAway ini. Sebuah aplikasi yang dibuat untuk pengguna perangkat yang sudah di root agar terbebas dari iklan. Di sini iklan yang dimaksud biasanya berupa pop up atau yang biasa muncul ketika membuka aplikasi. 

AdAway ini akan melakukan konfigurasi untuk memblokir host-host yang menampilkan iklan pada perangkat Android terkait. Jadi pengguna tidak akan terganggu dengan iklan lagi ketika sedang menggunakan perangkat. AdAway juga bisa digunakan pada browser juga ya.

5. SuperUser

Ketika perangkat sudah di root khususnya untuk Android, maka pengguna wajib untuk menggunakan SuperUser. Sebuah program yang digunakan untuk mengakses perangkat terkait lebih dalam. SuperUser juga bisa digunakan untuk menghapus program bawaan yang tidak pernah digunakan. 

Jadi, pada perangkat yang sudah di root tetap membutuhkan aplikasi untuk bisa mendapatkan akses sepenuhnya pada perangkat terkait. SuperUser ini yang membantu pengguna untuk mendapatkan akses penuh untuk perangkat yang sudah di root tadi.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Excel Terbaik dan Paling Lengkap

6. Titanium Backup

Perangkat Android yang sudah di root bisa lebih meningkat lagi kinerjanya dan lebih baik lagi jika menggunakan aplikasi ini. Titanium backup juga dapat dipakai untuk mengembalikan maupun membekukan data pada perangkat Android yang diroot.

Membekukan data di sini maksudnya melakukan pemindahan aplikasi yang ada di memori internal penyimpanan eksternal seperti SD card. Dapat juga digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak pernah dibuka dan digunakan. Aplikasi yang tidak dibutuhkan lebih baik dihapus agar tidak memakan ruang penyimpanan internal pada perangkat.

7. Link2SD

Aplikasi untuk android yang sudah di root ada juga yang namanya Link2SD. Aplikasi ini merupakan program yang bisa membantu pengguna untuk memindah aplikasi dari memori internal ke eksternal dengan lengkap. Tentunya hal ini akan membuat perangkat jadi lebih ringan karena sebagian besar isinya sudah masuk ke eksternal perangkat.

Aplikasi ini bisa dipakai juga untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan. Pengguna juga akan nyaman dengan aplikasi ini karena tampilannya ringan dan bisa dijalankan oleh pemula. Cukup unduh dan pasang aplikasi di perangkat yang dimiliki. 

8. Better Battery Stats

Ini adalah aplikasi yang cukup penting bagi perangkat Android yang sudah di root. Fitur dari perangkat lunak ini yaitu mengetahui kondisi baterai perangkat yang bersangkutan. Tak hanya itu, Better Battery Stats ini juga bisa mengontrol kondisi baterai dengan lebih detail.

Jadinya, perangkat akan memiliki baterai yang tidak mudah habis dayanya. Fitur lain yang bermanfaat juga ada pada aplikasi satu ini. Jadi sangat disarankan di sini pengguna perangkat Android untuk memasang aplikasi ini. Cukup install melalui Play Store dan gunakan sepuasnya dengan gratis.

Baca Juga: Aplikasi Android Tercanggih Setelah di Root Wajib Dicoba

9. ChacheMate

Selanjutnya ada aplikasi CacheMate. Ini juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Aplikasi ini membantu pengguna memiliki perangkat yang kinerjanya maksimal. Perangkat jadi tidak akan mudah error atau lemot. Cara kerja aplikasi ini adalah menghapus cache pada aplikasi secara otomatis. 

Nah, itu dia beberapa aplikasi untuk Android yang sudah di root. Semua aplikasi tadi wajib diinstal untuk bisa mendapatkan kinerja perangkat secara optimal. Sekian dan selamat mencoba. 

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News