Aplikasi Upload Video ke Youtube Android Untuk Pemula

13 Likes comments off

Jika Anda ingin menjadi seorang Youtuber, maka ilmu pertama yang harus Anda kuasai adalah tentang cara upload video ke Youtube. Pengetahuan ini jadi sangat penting karena dari video inilah Anda nantinya bisa mendapatkan penghasilan. Anda pun bisa memanfaatkan berbagai aplikasi upload video ke Youtube Android yang bisa sangat membantu proses upload tersebut. Apa saja aplikasinya? Yuk, simak rekomendasi selengkapnya! 

Rekomendasi Aplikasi Upload Video ke Youtube Android

aplikasi upload video ke youtube android
sumber gambar: tekno.kompas.com

Youtube memang lebih fokus kepada konten video, jadi user yang ingin mendapatkan penghasilan dituntut untuk memiliki kemampuan membuat konten menarik agar mendapatkan banyak audience ketika dibagikan. 

Sedikitnya ada tiga cara yang harus dipenuhi ketika ingin mengupload video melalui Youtube Android. Tiga cara yang dimaksud adalah melalui aplikasi Youtube, melalui browser, dan galeri. Mari simak ulasan lengkapnya di sini:

1. Melalui Galeri

Setiap smartphone khususnya Android tentu ada aplikasi Galeri yang fungsinya tempat menyimpan file foto maupun video. Sebelum upload video ke Youtube Android hal yang perlu dilakukan ada membuka galeri tempat video yang akan diunggah tersimpan.

Setiap file foto dan video yang tersimpan di Galeri ada yang disimpan di memori internal dan eksternal smartphone tersebut. Pengguna harus membuka file video yang akan diupload terlebih dahulu melalui aplikasi Galeri ini. Tekan agak lama video tersebut sampai muncul opsi tanda centang lalu silahkan pilih video. 

Pada bagian bawah nanti pengguna akan melihat opsi atau tombol dengan tulisan Kirim. Pada beberapa jenis smartphone opsi tersebut tidak akan muncul, namun yang ada menu Bagi atau Share. 

Selanjutnya, opsi lain akan muncul dimana pengguna harus memilih kemana video tersebut harus dikirim atau dibagikan. Salah satu pilihan yang ada di menu tadi ada aplikasi Youtube yang sudah terpasang di smartphone. 

Ketika pengguna memilih tab Youtube tadi, maka secara otomatis akan muncul atau terbuka aplikasi Youtube. Bagi pengguna yang baru pertama kali akan melakukan upload video di Youtube, maka user harus perlu membuat sebuah channel dulu. Smartphone secara otomatis akan meminta user membuat channel tersebut. 

Ikuti arahan yang ada pada layar smartphone untuk membuat channel seperti yang diminta. Untuk lebih mudah silahkan buat channel dengan memakai nama sendiri. Langsung saja klik pada tab atau tombol Buat Channel. Tunggu proses loading sampai selesai, nanti user akan diarahkan lagi pada laman tambahkan detail video.

User harus menambahkan keterangan video seperti yang diminta. Tak hanya itu, dalam proses ini video juga bisa menambahkan musik, tag, dan lain sebagainya. Isi juga keterangan video yang akan diupload. Jika ada yang perlu diedit maka lakukan editing sesuai kebutuhan. 

Selanjutnya silahkan pilih privasi videonya dan buat jadwal kapan postingan itu diunggah bila perlu. Ada beberapa opsi lain yang harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memberikan judul yang menarik dan sesuai isi konten yang diunggah untuk menarik perhatian audience. Jika sudah tekan ikon gambar pesawat yang letaknya di pojok kanan atas, proses upload pun selesai. 

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Sistem Informasi Desa Berbasis Web

2. Menggunakan Aplikasi Android

Selain aplikasi Galeri, ada juga yang lain yaitu aplikasi Youtube sendiri dan aplikasi video. Caranya cukup mudah dan cepat. Aplikasi Youtube pada smartphone Android bisa dipakai juga untuk mengunggah video ke akun atau channel Youtube yang dimiliki. 

  • Pertama, silahkan unduh aplikasi Youtube jika belum ada
  • Jika aplikasi tersebut sudah terpasang, maka buka dan jalankan
  • Selanjutnya silahkan cari ikon kamera yang ada di bagian atas. Pengguna bisa memilih video yang akan diunggah dari galeri atau bisa langsung mengambil video dari kamera dan langsung pilih video
  • Ketika video sudah ditentukan mana yang akan diunggah pada channel Youtube maka bisa lanjut ke step berikutnya. 
  • Perlu diingat di sini, pengguna yang baru akan melakukan upload video ke Youtube maka harus membuat buat channel terlebih dahulu. User bisa membuat channel dengan nama yang diinginkan lalu langsung saja klik tab Buat Channel dan ikuti arahannya
  • Setelah itu silahkan klik tambah atau unggah video dan ikuti arahan selanjutnya hingga proses upload selesai

Baca Juga: Aplikasi Laptop Windows 8 Terbaru yang Wajib Diketahui

3. Menggunakan Aplikasi Browser

Tak hanya dengan menggunakan aplikasi Youtube itu sendiri, ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu menggunakan aplikasi browser. Sebuah aplikasi yang pasti ada di smartphone apa saja. Sama seperti aplikasi Galeri, browser ini adalah aplikasi bawaan yang pasti ada di smartphone. 

Cara ini bisa dipakai untuk pengguna smartphone Android yang tidak memiliki aplikasi Youtube. Mungkin karena tidak cukup ruang untuk memasang aplikasi tersebut, atau alasan lainnya. Hanya saja bagi smartphone yang memang sudah memiliki aplikasi Youtube bawaan, maka cara ini tidak akan bekerja. 

  • Mengunggah video ke Youtube bisa juga dilakukan dengan menggunakan browser. Cara pertama adalah dengan membuka situs www.youtube.com
  • Silahkan tekan ikon yang bergambar orang di bagian pojok kanan atas
  • User nanti akan melihat gambar atau ikon panah, silahkan klik ikon tersebut
  • Secara otomatis user akan diarahkan ke media penyimpanan video, saatnya untuk menentukan file video mana yang akan diupload
  • Selanjutnya silahkan ikuti arahan yang diberikan oleh laman situs Youtube tersebut, sampai proses uploadnya selesai

Pada intinya, untuk mengunggah atau upload video ke Youtube Android bisa dilakukan dengan 3 cara. Menggunakan aplikasi bawaan yang ada pada smartphone itu sendiri. Pertama aplikasi Galeri, lalu aplikasi Youtube ini bisa bawaan atau perlu mengunduh dan memasang melalui Playstore dulu, dan terakhir dengan aplikasi bawaan Browser dan membuka laman Youtube di situ.

Baca Juga: Ini Aplikasi Kinerja Polda Kalbar yang Mudah Digunakan

Pastikan sebelum mengunggah lakukan editing pada video agar konten yang diupload menarik. Semakin banyak penonton dan pengikut channel maka akan semakin besar peluang mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari pihak Youtube.

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News