Arti Ambigu

Arti Ambigu : Pengertian, Contoh dan Jenis Ambigu

Arti ambigu itu apa sih? Tenang, sahabat kalem disini kalian semua akan mengetahuinya tentang istilah yang menurut saya sangat sulit untuk di jelaskan lantaran seperti kata-katanya yang asing banget di telinga.

Memangnya apa ya kira-kira yang dimaksud dengan istilah ambigu ini? Kenapa saya katakan sulit untuk di jelaskan? Yuk kita cari tahu lebih detail lagi dalam pembahasan berikut ini yang telah berhasil saya telusuri.

Baca Juga : Arti Mager

Arti Kata Ambigu

Berdasarkan definisinya, ambigu merupakan suatu kondisi yang keadaannya tidak jelas atau tidak pasti untuk di pahami, sehingga sering menyebabkan multitafsir akibat dari ketidak jelasan isitlah tersebut.

Kemudian pengertian lainnya juga menjelaskan bahwa ambigu merupakan sebuah kalimat atau frasa yang memiliki lebih dari satu makna atau arti, bisa dikatakan makna yang ganda yang menyebabkan keraguan orang untuk memahami maknanya.

Sekarang sudah tahu kan apa itu ambigu? Jelas seperti nama istilahnya ambigu benar-benar suatu kata yang sangat tidak jelas atas kondisi dari bahasa atau tutur kata yang ada, jadilah disebut dengan ambigu, atau acak-acakan, lamun cek urang sunda tea mah amburadul.

Pengertian Ambigu

Pengertian dan arti ambigu
Arti ambigu

Seperti yang dijelaskan di atas kalau arti ambigu merupakan suatu kondisi yang tidak jelas, sedangkan ketidakjelasan tersebut biasanya terjadi akibat dari struktur kata yang kurang tepat, intonasi dan penggunaan kata yang bersifat Polisemi.

Timbulnya ambigu bukan hanya satu atau dua kali saja, melainkan sering sekali terjadi lantaran tidak menggunakan kalimat atau frasa yang tepat, maka dari itu agar terhindar dari ambigu, kita perlu memperbaiki frasa yang kita tulis atau ucapkan sekaligus agar sesuai dengan yang seharusnya terjadi.

A. Arti Ambigu Menurut Ahli

Bagaimana menurut ahli tentang ambigu? Apa mungkin mereka juga memiliki pendapat yang berbeda atau bahkan ada kesamaan mengenai istilah yang kurang jelas keadaannya ini? Tentu ada beberapa ahli yang memberikan penjelasan mengenai istilah tersebut.

Arti ambigu menurut para ahli berikut ini yang telah berhasil saya kumpulan, dan ada beberapa diantaranya ahli yang sudah memberikan penjelasan mengenai pengertian dari istilah bahasa ambigu ini.

Dan yang telah saya temukan, istilah ini dijelaskan oleh Crane, Yeager dan Whitman yang menjelaskan bahwa arti ambigu adalah suatu kalimat ataupun suatu hal yang memiliki lebih dari satu interpretasi normal.

Dari penjelasan di atas memang sudah sangat jelas kalau istilah tersebut sangat beragam, memiliki makna yang lebih, terkadang juga membuat penggunanya merasa kebingungan ketika menggunakan frasa yang bersifat ambigu.

B. Arti Ambigu Menurut KBBI

Menurut KBBI, ambigu merupakan suatu kondisi yang bermakna lebih dari satu, dengan demikian, terkadang apa yang diungkapkan menjadi tidak jelas, ragu, kabur, pokoknya hal-hal yang tidak bisa di pahami dengan jelas.

Ambigu bermakna ganda, yang sangat sulit dijelaskan apa sebenarnya makna dari frasa yang sifatnya ambigu. Kalau saya melihat sih ambigu ini ungkapan istilah untuk hal-hal yang sangat susah untuk kita pahami ketika melihat dari arti ambigu di atas.

Baca Juga : Arti Nolep

Jenis Ambigu

Setelah jelas kita mengetahui arti ambigu, baik itu menurut ahli, KBBI dan secara umumnya, ada beberapa jenis ambigu yang wajib kamu ketahui, maka jangan salah ketika mengartikan sebuah kata yang memiliki makna.

Berikut ini jenis ambigu yang ada dan menjadi bahan pelengkap agar lebih memahami lagi mengenai ambigu ini.

1. Ambigu Fonetik

Arti ambigu fonetik adalah keambiguan yang di sebabkan karena ada persamaan makna dari suatu kata yang di ucapkan. Jenis ambigu yang satu ini bahkan sering sekali terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh kalimat ambigu fonetik “Aku beri tahu kamu setelah datang ke rumah” kita lihat kata beri tahu, kedua kata tersebut bisa bermakna memberikan makanan tahu bisa juga bermakna memberi informasi kepada orang lain.

2. Ambigu Gramatikal

Arti ambigu gramatikal adalah jenis keambiguan yang biasanya terjadi karena proses perbentukan ketatabhaasaan, namun setelah masuk ke dalam konteks kalimat yang terucap, biasanya jenis ambigu gramatikal akan hilang.

Contoh kalimat “orang tua”, karena orang tua itu memiliki arti Ayah dan Ibu juga bisa artikan orang yang sudah tua, sehingga terkadang ada ketidakjelasan dari kata yang di ucapkan tersebut, sebagai contoh kalimatnya adalah.

  • Kedua orang tua ku tadi pergi ke sawah (Ayah dan Ibu)
  • Orang tua yang memakai kaos hitam tadi pergi ke depan (orang yang sudah tua)

Jadi, ketika sudah masuk ke dalam sebuah kalimat tidak ada keambiguan lagi, karena memang di ucapkan berdasarkan kondisi yang terjadi. Tapi terdapat ambigu karena orang tua memiliki makna yang berbeda berdasarkan kondisi yang diucapkan.

3. Ambigu Leksikal

Arti ambigu leksikal adalah jenis keambiguan yang terjadi akibat dari faktor kata itu sendiri. Jenis ambigu yang satu ini akan terjadi ketika ada kalimat yang diucapkan dan memiliki lebih dari satu makna atau arti.

Contoh kalimat “masa” dimana masa ini memiliki banyak sekali arti, seperti yang kita tahu artinya sesuai dengan apa yang terjadi di dalam suatu kalimat, contoh kalimatnya adalah.

  • Kemarin masa aktif kartu saya sudah habis
  • Kemarin banyak masa di silang monas yang sedang berunjuk rasa
  • Masa kamu harus pergi? Padahal kan baru datang

Coba perhatikan, arti masa tersebut di kalimat pertama bermakna waktu, pada kalimat kedua bermakna orang yang sedang melakukan demonstran, dan kalimat ketiga merupakan suatu kejadian. Jadi ada keambiguan setelah menggunakan kata masa tadi.

Dari jenis dan contoh yang telah saya tulis terdapat kata-kata yang memiliki banyak arti, sehingga membuat kita merasa ambigu ketika mendapatkan suatu ucapan kata yang memiliki arti atau makna lebih dari satu, itulah kenapa terjadinya keambiguan diakibatkan dari kesulitan untuk mendapatkan suatu makna dari kalimat yang ucapkan, sedangkan arti dari kalimat yang terucap ada kesamaan.

Nah jadi itulah yang dimaksud dengan ambigu, seperti dengan lengkap saya jelaskan arti ambigu diatas juga dengan jenis dan contohnya. Sekarang kamu sudah tahu apa itu ambigu? Silahkan di beritahukan teman kamu yang lainnya agar lebih kalem lagi.

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.