Arti dan Kesan yang Didapatkan Pada Saat Mendengarkan Lagu Cing Cangkeling

Apa Saja Arti, Makna dan Kesan yang Didapatkan Pada Saat Mendengarkan Lagu Cing Cangkeling?

0 397

Banyak yang tidak menyadari atas kesan yang didapatkan pada saat mendengarkan lagu cing cangkeling, apalagi ini adalah lagu anak-anak.

Walaupun hanya sebuah lagu anak-anak, akan tetapi ada kesan yang didapatkan pada saat mendengarkan lagu cing cangkeling yang sangat mendalam.

Tapi tetap saja ini terkait dengan anak-anak yang dapat membuat kamu yang sudah dewasa pun pasti ingin sekali kembali pada saat kamu anak-anak dulu.

Mengapa demikian? Percayalah, tidak ada seorang pun yang mudah melupakan masa kanak-kanak, apalagi setelah merasakan betapa sulitnya hidup di usia dewasa yang banyak sekali kewajiban yang harus dilaksanakan.

Kesan yang Didapatkan Pada Saat Mendengarkan Lagu Cing Cangkeling

Kesan yang Didapatkan Pada Saat Mendengarkan Lagu Cing Cangkeling
Kesan Lagu Cing Cangkeling

Karena lagu ini adalah lagu anak-anak yang dibarengi dengan permainan, maka kesan yang didapatkan pada saat mendengarkannya adalah suasana yang senang, gembira, riang, indah, penuh keistimewaan dan lain sebagainya.

Mengapa admin mengatakan terlebih dahulu diatas bahwa kita akan kembali mengingat masa anak-anak kita dijaman yang mungkin sudah tidak lagi kita rasakan?.

Karena kesan itu sendiri menggambarkan kehidupan anak-anak yang selalu bergembira, masa anak-anak adalah masa penuh dengan kenangan gembira dan lain-lain.

Kita akan sulit mendapatkan kesenangan, kegemberian, riang dan itu adalah masa-masa indah dulu setelah kita dewasa, dan ini sudah terbukti, admin sendiri merasakan itu semua.

Baca juga : Kesan dan Arti Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng

Arti Syair Lagu Cing Cangkeling

Arti Syair Lagu Cing Cangkeling
Arti Syair Lagu Cing Cangkeling

Setelah kita mendapatkan apa saja kesan yang didapatkan pada saat mendengarkan lagu cing cangkeling? Maka kita akan mendapatkan arti dari lagu ini.

Lagu ini merupakan lagu yang mengiringi permainan dan berasal dari Jawa Barat (Sunda), maka dari, itu, lagu ini menggunakan bahasa Sunda.

Art lagu cing cangkeling menggambarkan isi hati manusia yang diibaratkan seekor burung, sedangkan lagu ini adalah lagu daerah, meski anak-anak tapi dewasa pun tidak akan luput dari maknanya.

Hati manusia yang baik adalah hati yang penuh ketenangan, tapi sayangnya hal ini tidak didapatkan secara sepenuhnya oleh manusia.

Mengapa? Meski sebenarnya ini menggambarkan anak-anak, tapi hati manusia tentunya selalu goyah, bahkan dalam sehari bisa beberapa kali berubah sesuai kemauan hati sendiri.

Percayalah bahwa ini dialami oleh setiap orang, anak-anak, remaja, dewasa bahkan hingga orang yang sudah lansia.

Tapi tetap saja lagu ini akan mengingatkan kembali diri kita terhadap masa anak-anak yang penuh dengan kegembiraan dimasa yang sudah terlewatkan, benar kan sahabat kalem?.

Lirik Lagu Cing Cangkeling

Lirik Lagu Cing Cangkeling
Lirik Lagu Cing Cangkeling

Sesudah kita mendapatkan arti, makna serta apa saja kesan yang didapatkan pada saat mendengarkan lagu cing cangkeling? Kamu pun harus tahu liriknya.

Meski seseorang sudah sering kali mendengarkan sebuah syair atau lagu, tapi faktanya banyak orang yang tidak hafal dengan lirik dari lagu yang didengar itu.

Berikut adalah lirik dari lagu cing cangkeling:

  • Kleung dengklek buah kopi rarang geuyan
  • Keun anu dewek ulah pati diheureuyan
  • Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
  • Plos kakolong bapak satar buleneng
  • Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan
  • Layarna bodas jeung celak kasurung kaombak ombak

Nah itulah lirik dari lagu yang merupakan lagu daerah berbahasa Sunda yang berasal dari Provinsi Jawa Barat ya, jangan salah ini lagu daerah.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah kembali mengingat masa-masa kecil yang tidak akan lagi bisa kamu raih di kehidupan sekarang dan esok pagi?.

Gak perlu dipikirkan karena kita hidup untuk masa depan, bukan untuk kembali ke masa lalu, sebagus apapun masa lalu, tetap masa lalu.

Tapi, seburuk apapun masa depan yang akan kita jalani, itu adalah keharusan yang kita laksanakan, jangan sampai mengeluh, tetap menjadi diri sendiri yang terus bersyukur.

Baca juga : Arti, Makna dan Kesan Lagu Gundul-gundul Pacul

Kesimpulan

Dari kesan diatas sudah sangat jelas, namun kamu juga seharusnya memiliki kesan sendiri berdasarkan lirik dari lagu diatas, apalagi kamu orang Sunda yang paham liriknya.

Arti yang sudah tertulis berdasarkan arti yang sudah admin rangkum dari berbagai sumber, sehingga akan sangat rapat dengan apa yang sebenarnya.

Oke, sahabat kalem, tidak ada lagi yang akan admin katakan, maka itulah arti, makna dan kesan yang didapatkan pada saat mendengarkan lagu cing cangkeling.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.