Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Dalam Surah Ar-Rahman

Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Dalam Surah Ar-Rahman, Yuk Cek Disini Apa Makna dan Artinya?

0

Dalam surah Ar-Rahman, ada ayat yang beberapa kali di ulangi, yaitu fabiayyi ala irobbikuma tukadziban, tahukah kamu makna dan arti fabiayyi ala irobbikuma tukadziban yang terkandung?

Nah, agar kamu tidak salah kaprah, kenapa sih ayat tersebut di ulangi beberapa kali? Karena memang terdapat arti didalamnya yang wjaib kamu ketahui.

Dari arti tersebut, maka ayat itu di ulang-ulang bacaannya pada saat kamu membaca surah Ar-Rahman.

Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban diulangi sebanyak 31 kali dalam Surah Ar-Rahman yang artinya adalah “Maka, nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”.

Kalimat tersebut digunakan untuk golongan Jin dan Manusia, hal tersebut dikarenakan terdapat Rabbikuma yang artinya Tuhan Kamu Berdua, Allah SWT.

Dalam surah ini tentu saja ada makna yang tersirat sehingga membuat ayat itu beberapa kali diulangi, hingga 31 kali pengulangan.

Tahukah kamu, kenapa ayat itu di ulangi beberapa kali? Berikut ini alasan yang harus kamu tahu, kenapa sih ayat tersebut diulangi sebanyak 31 kali dalam satu surah?

Baca juga : 10 Manfaat Surat Al Waqiah Bagi Umat Muslim

Mengapa Ayat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Diulangi 31 Kali?

Seperti pada arti fabiayyi ala irobbikuma tukadziban yang membeberkan nikmat Allah kepada Umatnya, dan terdapat Rabbikuma yang artinya Tuhan kamu berdua.

Makna ayat ini menunjukkan nikmat Allah terhadap umatnya yang tidak hanya satu nikmat, melainkan banyak sekali nikmat yang diberikan Allah kepada Manusia dan Jin.

Maka, ayat tersebut agar mengingatkan manusia atas nikmat Allah, serta menunansakan agar manusia segan, takut dan penuh khidmat.

Ayat itu pun sekaligus mencari kecaman bagi manusia yang dusta dan tidak mensyukuri nikmat Allah SWT yang selalu dirasakan oleh Umatnya.

Masih banyak alasan terkait ayat tersebut di ulangi beberapa kali dalam surah Ar-Rahman, namun intinya ayat itu mengingatkan hanya Allah yang memberikan nikmat sebanyak mungkin kepada umatnya.

Ayat itu mengingatkan Allah Ta’Ala yang harus kita takuti, yang harus kita ingat, dan Allah ta’ala lah Tuhan yang nikmatnya tidak bisa disutakan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut, silakan kamu konsultasi kepada para ulama, kiyai, dan yang paham, jadikan saja ini perbandingan ya sahabat kalem.

Baca juga : Makna dan Arti Kata Azamta Dalam Bahasa Arab

Kesimpulan

Maka, barangsiapa yang dusta kepada nikmat Allah, dia adalah orang yang tidak pernah dibukakan pintu surga baginya.

Semoga kita tidak termasuk kedalam golongan tersebut ya sahabat kalem, semoga Allah memberikan kita surga sebagaimana yang seharusnya.

Demikian penjelasan terkait arti fabiayyi ala irobbikuma tukadziban yang terdapat pada Surah Ar-Rahman dan diulangi sebanyak 31 kali, semoga membantu ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.