Arti Isin Bahasa Gaul, Berasal Dari Sunda dan Jawa

Hai, Ternyata Selama Ini Kamu Orangnya Isin, Apa ya Maksudnya?

0 22

Sikalem – Kali ini kita akan membahas bahasa gaul yang di ambil dari bahasa daerah, yaitu Sunda dan Jawa, disini akan dibahas arti isin bahasa gaul yang memang sudah lama muncul.

Dan mungkin kamu belum tahu bahwa isini sebenarnya bukan bahasa daerah, tapi akan kamu dapatkan penjelasannya ketika sudah membaca artikel ini.

Arti Isin Bahasa Gaul

Isin adalah istilah dalam bahasa daerah di Indonesia, yaitu bahasa Sunda dan bahasa Jawa, artinya sama-sama “Malu”, jadi dalam bahasa gaul, arti Isin adalah malu.

Ya benar, isin baik dalam bahasa Sunda maupun dalam bahasa Jawa artinya sama, sehingga ini akan menjadi bahan yang digunakan untuk ungkapan malu oleh kalangan anak sekarang.

Arti Isin Bahasa Gaul
Isin

Sama halnya dengan bahasa gaul yang banyak di ambil dari bahasa daerah, memang semua yang kita ucapkan itu ada makna dan istilah yang harus kita pahami.

Ketika kita menemukan sesuatu yang mustahil untuk kita maknai, namun bukan berarti kita tidak dapat memaknainya, dan ini yang sekarang admin bahas sebelumnya tidak kamu ketahui namun sekarang kamu tahu.

Baca juga : 4 Arti Kata Angel Dalam Bahasa Jawa dan Sunda

Isin Dalam Dua Bahasa

Seperti sudah kita dapatkan penjelasannya arti isin bahasa gaul itu diambil dari dua bahasa yaitu Sunda dan Jawa.

Di dalam kedua bahasa tersebut istilah ini adalah bahasa sehari-hari, namun di dalam bahasa Sunda isin ini memiliki kata lain yaitu Era, artinya sama saja.

Era ini disebut dengan Sunda alus, sedangkan isin menurut masyarakat Sunda adalah Sunda biasa, terlalu kasar juga enggak ya, tapi kalau admin sendiri sering menggunakan istilah isin.

Isin
Isin

Sama halnya dengan bahasa Jawa, kemungkinan ada istilah lainnya yang tidak admin ketahui, namun baik di Sunda maupun Jawa isin sama-sama mengungkapkan rasa malu ya sahabat kalem.

Baca juga : 4 Arti Geger Geden Bahasa Jawa, Apa Itu?

Contoh Penggunaan Kata Isin

Kita disini akan mengambil contoh yang dijelaskan diatas dari kedua bahasa, mungkin satu-satu saja ya admin berikan contohnya.

  • Entong isin-isin bilih te mam (jangan malu-malu, nanti gak makan) Sunda
  • Isin ora kisen (kamu malu perutmu tidak terisi) Jawa

Nah ternyata benar sekali kan keduanya sama saja artinya, namun banyak loh istilah yang kat-Nya sama, namun artinya beda, bahkan dalam satu bahasa saja itu sudah banyak perbedaan.

Nah mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan, semoga pembahasan dan penjelasan mengenai arti isin bahasa gaul ini bermanfaat untuk sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.