Arti Istiqomah dan Alasan Mengapa Kita Harus Istiqomah

Arti Istiqomah dan Alasan Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Apa sih arti istiqomah? lalu mengapa kita harus istiqomah? Itu adalah dua pertanyaan dalam satu topik yang kini terlintas dalam pikiran kamu sehingga membuat admin tampak terpesona.

Dalam terminologi Islam ada istilah istiqomah, dan bahkan banyak penceramah yang memberikan alasan mengapa kita harus istiqomah? Tentu saja ini menjadi bagian pelajaran paling penting dan berharga.

Namun tentu saja, selain alasan, kita juga harus tahu arti istiqomah sehingga dengan mudah mencerna dan memahami alasan yang ada. Maka dari itu, disini admin akan menjelaskannya satu per satu.

Arti Istiqomah Menurut Terminologi Islam

Arti Istiqomah
Ilustrasi

Ditulis Istikamah, istiqamah dan dibaca istiqomah menurut terminologi Islam adalah sesuatu hal berpendirian kuat atau teguh. Apapun yang akan terjadi dengan istiqamah berarti kita sudah siap, baik itu positif maupun negatif.

Pantas saja para guru, ulama, kiyai sering sekali berceramah agar kita beristiqomah. Seperti artinya diatas agar kita memiliki pendirian yang kuat dalam menjalani perintah Allah.

Baca Juga : Pengertian Hari Kiamat dan Hikmah Meyakini Hari Kiamat

Contoh Istiqomah

Misalnya, kita gunakan wanita yang mulai berjilbab dalam contoh yang akan admin sampaikan. Seperti arti istiqomah berpendirian teguh, maka wanita yang awalnya tidak memakai hijab dan mulai menggunakannya, dia mungkin di bully.

Bully yang ia terima adalah resiko yang harus dia hadapi. Jika dia mampu bertahan, berarti dia berhasil menjalankan istiqomah, namun ketika dia di di bully dan melepas hijab, berarti dia tidak memiliki pendirian yang kuat.

Mungkin sedemikian rupa yang dapat admin beri sedikit contohnya, maaf bila ada kesalahan dalam contoh tertulis. Admin hanya menuliskan sesuai dengan makna dari istilah itu.

Lalu, apa alasannya mengapa kita harus istiqomah? Baik, setelah kita membahas definisi diatas, maka admin akan segera berbagi alasan tersebut.

Baca Juga : Arti Kata Fana dan Penjelasan Serta dan Penggunaan Kata

Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Istiqomah
Ilustrasi

Tentu saja alasannya simpel dan mungkin sering juga kamu hadapi. Mengapa kita harus Istiqomah? Jawaban admin karena istiqomah sama saja dengan menguji kesabaran kita.

Bisa dilihat diatas contoh tertulis, wanita yang tadinya tidak berjilbab, mungkin dia akan kena bully, di ejek dan di omongin, padahal dia mulai berhijrah.

Namun, karena istiqomah artinya berpendirian kuat, maka wanita itu harus bersabar dalam menghadapi bullyng dan ejekan orang pada saat ia mulai mengenakan hijab.

Istiqomah mengajarkan kita apa artinya berjuang? Contoh kecil, kita mulai kuliah, dan tentu saja banyak tantangan, padahal sebelumnya kita nganggur selama beberapa tahun.

Karena kita istiqomah, maka kita bisa menghadapi ujian-ujian berat pada saat masuk kuliah. Artinya masih dengan kesabaran dan pendirian yang sangat tangguh, kokoh dan kuat.

Lebih simpel lagi, dengan beristiqomah, kita akan terhindar dari kata putus asa dan mudah menyerah. So, ketika ada orang yang berjuang, berarti dia sedang beristiqomah.

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Terjadi Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Manfaat Beristiqomah

Karena disini kita membahas arti istiqomah dan juga alasan mengapa kita harus beristiqomah, maka ada manfaat luar biasa yang akan kita dapatkan dari melakukan hal tersebut. Diantaranya.

  • Fokus terhadap satu hal yang kita kejar
  • Masalah pun akan mudah diselesaikan
  • Menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab
  • Tidak mudah putus asa

Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari beristiqomah, karena hal tersebut mengajarkan kita apa artinya berjuang dan bersabar? Tentu harus berpendirian tinggi sesuai dengan artinya.

Kesimpulan

Jadi mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan kali ini. Untuk kesimpulannya, maka arti istiqomah adalah orang yang berpendirian kuat. Diatas juga sudah admin tulis alasannya mengapa kita harus istiqomah.

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.