Arti Japri Dalam Bahasa Gaul Jaman Sekarang

Ketika gabung di group-group besar, seperti jual beli, komunitas, dan group lainnya, sering kali mereka mengungkapkan istilah japri, lantas apa sebenarnya arti japri ini?.

Istilah-istilah gaul yang ternyata diambil dari sebuah singkatan sering kali kita temukan sedangkan kita sama sekali tidak tahu artinya. Seperti arti japri disini mungkin masih banyak sekali orang yang belum paham.

Sedangkan istilah ini sudah ada sejak lama kehadiran group-group terutama group jual beli dan diskusi. Apa sebenarnya arti kata japri ini?.

Baca Juga : 2 Arti Kata Bucin Dalam Istilah Gaul

Arti Japri Di Media Sosial

Arti Japri di Media Sosial
Arti Japri di Media Sosial

Arti japri adalah singkatan dari jalur pribadi yang artinya ngobrol atau berkirim pesan secara pribadi melalui pesan messenger, seperti whatsapp dan yang lainnya.

Japri sendiri adalah istilah gaul lain dari PM (Private Message) yang artinya pun sama halnya. Jadi pantas saja istilah ini sering muncul di group-group jual beli online.

Awalnya memang belum muncul istilah ini, hanya PM saja yang sering mereka gunakan. Namun, seiring berjalannya waktu, otak manusia sekarang sangat pintar, segala macam cara dilakukan.

Hingga muncullah istilah japri yang sekarang ini menjadi istilah utama ketika mereka akan melakukan transaksi atau pun mengajukan pertanyaan langsung melalui pesan pribadi.

Baca Juga : Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul dan Contohnya

Alasan Adanya Japri

Arti japri diatas sudah saya jelaskan, sedangkan kita merasa heran kenapa mereka selalu ingin melakukan pesan pribadi alias jalur pribadi, padahal orang lain juga harus tahu tentang informasi tersebut.

Saya juga sering heran ketika mereka melakukan transaksi jual beli, mereka maunya japri mulu. Contohnya, ketika kita menanyakan harga, mereka malah meminta japri, padahal kan gak papa orang lain tahu.

Tapi mungkin ada alasan lain agar orang yang melakukan transaksi lebih dipercaya lagi, sehingga mereka sengaja melakukan hal tersebut tidak langsung dijelaskan di komentar.

Namun untuk masalah lainnya mungkin karena rahasia, jadi cukup orang yang ingin tahu dan yang tahu saja untuk ngobrol langsung tanpa diketahui oleh orang lain.

Arti Japri Dalam KBBI

Arti japri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebenarnya tidak tertulis, namun saya rasa, istilah ini diambil dari dua kata yang keduanya memiliki arti.

Jalur sendiri artinya kolom yang lurus, garis lebar dan strip lebar. Sedangkan pribadi adalah manusia perseorangan atau kita sendiri. Lantas, kenapa menjadi makna pesan pribadi?.

Karena jalur itu artinya bisa juga melalui, dan pribadi ya kita sendiri, jadi jalur pribadi adalah melalui kita sendiri, melakukan obrolan secara pribadi empat mata.

Begitukah? Ya kira-kira seperti itu, kalau pun tidak demikian, itu hanya pemantas saja karena memang japri ini ngobrol secara empat mata melalui aplikasi pesan singkat.

Tapi mungkin kamu bisa memaknainya sendiri secara lebih detail kenapa jalur pribadi bisa bermakna pesan secara pribadi, tapi apa yang saya katakan diatas itu sudah cukup jelas.

Arti kata japri
Arti kata japri

Contoh Penggunaan Kata Japri

Sebenarnya untuk contoh penggunaannya sendiri tidak perlu saya tulis, namun karena ini membahas sebuah definisi kata yang harus lengkap, jadi saya rasa akan memberikan sedikit contohnya.

Walaupun memang tidak perlu di kasih contoh karena sudah banyak di media sosial, jadi contoh yang akan saya berikan hanya sedikit saja untuk melengkapinya.

  • Contoh #1
    • Bro harga handphone sekennya berapa?.
    • Japri aja bro biar lebih akrab.
  • Contoh #2
    • Bisa kasih tahu gimana tips menguatkan otot seperti di video kamu?.
    • Bisa dong, silahkan japri untuk bertanya-tanya.
  • Contoh #3
    • Sis, tasnya masih ada? Bisa kirim sekarang? Harga dan bayarnya gimana?.
    • Silahkan japri aja kak, bisa tanya-tanya dulu biar lebih afdol.

Ya kira-kira seperti itulah sedikit contoh penggunaan dari istilah japri alias jalur pribadi, dengan contoh diatas berharap dapat membantu.

Kelebihan dan Kekurangan Japri

Dari arti japri yang ternyata ngobrol secara jalur pribadi, apakah ada manfaat yang bisa didapatkan dari kedua belah pihak? Tentu saja ada dan bahkan banyak pula.

Mulai dari penjelasan yang lebih lengkap, kamu dan orang tersebut bisa lebih akrab, tidak rame karena pemberitahuan di komentar dan juga lebih menjaga privasi.

Jadi sangat aman dan saya rasa melakukan transaksi secara pribadi akan lebih baik, meskipun memang orang lain seharusnya tahu juga, tapi ini lebih baik karena penjual bisa memberikan harga berbeda.

Tapi selain manfaatnya ada pula kekurangannya loh sahabat kalem, dimana sang penjual akan menjadi lebih ribet karena harus membalas semua yang menanyakannya.

Sedangkan di komentar lebih simple dan hemat waktu, juga tidak harus mengulang-ngulang pembahasannya, jadi ya dibalik kelebihan ada juga kekurangannya.

Dan kekurangan lainnya orang yang bertanya merasa tidak percaya karena si TS atau penjual tidak berani menginformasikan langsung di dalam komentar.

Baca Juga : Ini Arti COD Dalam Jualan Online

Bagaimana sudah paham apa itu japri? Jika sudah maka admin akhiri artikel ini, demikian penjelasan tentang arti japri, semoga dapat membantu dan membuat kamu lebih tahu, kalem aja dulu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.