Arti Kata Baku : Pengertian, Contoh, Ciri-cirinya

0 3

Dalam sebuah kalimat memang ada banyak jenis, seperti contohnya kata baku, lalu apa sebenarnya arti kata baku yang membuat para pelajar kebingungan mengetahui definisinya?.

Nah dalam artikel yang dikemudian ini admin akan berbagi penjelasan tentang pengertian dan arti kata baku lengkap dengan contoh, juga ciri-ciri yang sudah admin rangkum agar lebih mudah dipahami, atau mungkin sebaliknya.

Disini admin akan menjelaskan secara singkat namun terlihat lebih detail, karena memang mencari sebuah wawasan itu sangat penting, begitupun dengan berbagi wawasan.

Pengertian dan Arti Kata Baku

Kata baku merupakan sebuah kalimat yang digunakan (dibaca/ditulis) sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa Indonesia yang telah ditentukan. Artinya, kata baku adalah kalimat yang tertulis secara benar berdasarkan aturan dan ejaan.

Istilah ini sering dikatakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yang juga salah satu istilah baku atau pun kalimat yang tertulis sudah benar sesuai dengan aturan.

Jadi, dalam penulisan dan pembacaan kalimat tertulis tentu tidak sulit untuk kita pahami dan cenderung lebih banyak kata yang digunakan karena memang harus sesuai kaidah EYD.

Baca Juga : Rambu Lalu Lintas : Pengertian, Jenis dan Arti Rambu Lalin

Ciri-ciri Kata Baku

Arti kata baku yang sudah admin jelaskan adalah berdasarkan apa yang seharusnya admin tulis, sehingga admin berharap yang ditulis diatas sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Sedangkan tak hanya itu saja, admin juga akan sedikit memberikan ciri-ciri kata baku yang penulisannya sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan alias EYD. Berikut ciri-cirinya:

  • Penggunaan dalam bahasa sehari-hari yaitu istilah BUKAN (Tidak adalah kata baku, enggak adalah kata tidak baku)
  • Tidak mengandung arti pleonasme, singkatnya pemakaian kata yang lebih (Para orang tua baku, banyak para orang tua, tidak baku)
  • Penggunaan kata baku harus dengan sesuai kalimat yang ditulis
  • Penggunaan kata tidak dipengaruhi bahasa daerah atau asing (Saya, baku gue, tidak baku)
  • Arti yang pasti dan tidak berlebihan (Berkali-kali adalah kata baku, berulangkali adalah tidak baku)
  • Menggunakan imbuhan secara tersurat
  • Tidak rancu

Mungkin hanya itu yang dapat dijadikan contoh sebagai pelengkapan ulasan atau penjelasan pengertian dan arti kata baku yang dapat admin sampaikan.

Baca Juga : Arti Kata Selulosa Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Contoh Kata Baku

Sebenarnya dari ciri-ciri diatas sudah ada contohnya, seperti Saya dan Gue adalah baku dan tidak baku. Namun admin perlu memberikan contoh yang lebih detail agar lebih mudah dipahami.

Berikut ini beberapa contoh kata baku yang sudah admin kumpulkan, diantarnaya:

  • Jangan pernah berfikir bahwa kamu akan gagal sebelum mencoba. (Mamikos)
  • Bulan Januari tahun kemarin kakak sudah menikah
  • Bapak keluar rumah untuk membeli obat sakit kepala
Kata BakuTidak Baku
AdvokatAdpokat
DetailDetil
DipersilakanDipersilahkan
DurianDuren
EmbusHembus
FilmFilem
GubukGubug
HakikatHakekat
IjazahIjasah
IkhlasIhlas

Contoh yang tertulis mungkin hanya itu saja yang dapat admin berikan guna membuat kamu lebih mudah lagi dalam membedakan kata baku dan kata tidak baku.

Baca Juga : Arti Kata Pulp Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Kesimpulan

Bagaimana dengan penjelasan diatas, apakah sudah kamu pahami apa yang dimaksud dengan kata baku? Jadi admin simpulkan kalau kata baku adalah penggunaan kalimat yang sesuai dengan penulisan kaidah bahasa Indonesia dan Ejaan Yang Disempurnakan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan arti kata baku lengkap dengan ciri dan contohnya, semoga saja pengertian yang sudah dimuat diatas bermanfaat dan membantu kamu.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.