Arti Kata Ciluk Ba yang Viral di Tiktok, Ini Menurut KBBI Artinya

Arti Kata Ciluk Ba yang Viral di Tiktok, Ini Menurut KBBI Artinya
Arti Kata Ciluk Ba yang Viral di Tiktok, Ini Menurut KBBI Artinya

Sikalem – Apa arti ciluk ba yang sebenarnya? Mungkin ini adalah pertanyaan yang kini ada dalam benak kamu, tapi memang kata ini viral di Tiktok sebagai salah satu ungkapan yang digunakan untuk memenuhi challange.

Sebenarnya, kata ciluk ba ini sudah ada sejak jaman dulu, dimana penggunaan kata ciluk ba biasanya digunakan pada saat kita mengasuh anak kecil.

Bayi yang baru berumur beberapa bulan atau kurang lebih satu tahun yang masih dalam asuhan kita, agar mereka tertawa saat kita asuh maka banyak orang yang menggunakan kata ciluk ba.

Memang bukan hal yang wajar, tapi apakah kamu athu arti kata ciluk ba yang sebenarnya itu apa? Karena memang sejak dulu mereka tanpa megetahui arti kata yang sebenarnya dari istilah tersebut.

Bukan istilah asing, tapi memang kata-kata unik yang digunakan biasa oleh orang-orang pada saat mereka sedang mengasuh anak kecil.

Akan tetapi, tak bisa terpungkiri bahwa ternyata kata ini juga memiliki arti, dimana admin sudah merangkum arti tersebut untuk kamu simak dan kamu pahami.

Ciluk Ba

Ciluk ba merupakan sebuah kata yang sangat tidak memiliki arti yang signifikan, karena biasa kata ini diungkapkan hanya untuk kesenangan saja.

Seseorang pengasuh anak kecil lebih mengenali kata ini jauh pada saat mereka ingin membuat anak asuhannya tertawa, karena ekspresi penggunaan ciluk ba biasanya sambil menutup wajah dengan tangan.

Baca juga: Naon Artinya: Arti Kata Naon Dalam Bahasa Sunda

Baca juga: Arti Kata Paku-Pakuan atau Tumbuhan Paku yang Benar

Kemudian dibuka sambil mengucapkan ciluk ba, maka anak kecil yang diasuhnya pun tertawa, sampai kemudian beberapa kali seorang pengasuh mengucapkan kata ini.

Namun, arti kata ciluk ba sendiri tidak hanya untuk membuat kesenangan saja, tahukah kamu apa arti kata ciluk ba yang sekarang viral di Tiktok?

Arti Kata Ciluk Ba

Ciluk ba merupakan sebuah permainan yang dilakukan dengan seorang bayi, dimana pada saat pengasuh menutup matanya dengan kedua belah tangan, lalu dibuka kembali sambil mengatakan ciluk ba.

Hal ini digunakan agar anak bayi tersebut tertawa, apalagi bayi yang terlihat menggemaskan biasanya beberapa kali dilakukan permainan ciluk ba.

Jadi kesimpulannya arti kata ciluk ba adalah sebuah permainan, yang tidak memiliki arti sama sekali, hanya sebatas kata umpatan untuk membuat anak kecil atau bayi tertawa saat diasuh.

Tak hanya di Indonesia saja ternyata akan tetapi permainan ini pun digunakan di luar negeri, tapi dengan kata yang berbeda, bukan ciluk ba tentunya karena kata ini berasal negara kita sendiri.

Ciluk Ba di Luar Negeri

Jika di Indonesia permainan agar membuat anak kecil atau bayi tertawa dengan menutup wajah oleh kedua tangan diucapkan ciluk ba, sedangkan diluar negeri diucapkan PEEKABO.

Sama saja tentu, tidak ada arti yang signifkan ini hanya sebagai permainan yang biasa dilakukan saat kita mengasuh seorang anak kecil, lebih tepatnya bayi yang berusia kurang lebih satu tahun.

Hingga, penggunaan kata ciluk ba kini viral di media sosial, seperti tiktok, padahal sudah kita ketahui sendiri kata tersebut digunakan sejak lama saat mengasuh seorang bayi yang masih membutuhkan tawa dari kita.

Oke sahabat kalem, maka itulah yang dapat admin sampaikan, seperti yang tertulis diatas apa arti kata ciluk ba yang sebenarnya, semoga harimu menyenangkan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.