Arti Kata Diskresi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

0 8

Dalam bahasa Indonesia, ada istilah diskresi yang bahkan sering sekali kita dengar, lantas apa arti kata diskresi yang sebenarnya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia?.

Nah sahabat kalem, barangkali ada yang tidak tahu apa arti kata diskresi yang admin maksud, maka disini admin akan menjelaskannya seperti biasa mengenai definisi kata yang belum banyak orang mengetahui dan memahaminya.

Dalam ini, semoga kamu bisa mengetahui lebih detail apa yang dimaksud dengan istilah tersebut, karena admin menganalisis ada banyak juga yang belum tahu apa artinya yang dimaksud dengan istilah diskresi.

Arti Kata Diskresi Menurut KBBI

Arti Kata Diskresi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Istimewa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Diskresi artinya “kebebasan mengambil keputusan sendiri dalam setiap situasi yang dihadapi” yaitu bentuk dari kebebasan kita dalam situasi apapun, kita bebas mengambil sebuah keputusan.

Itulah yang terjadi dan apa yang benar-benar tertulis di dalam kamus bahasa Indonesia, namun karena kurangnya kesadaran orang-orang, jadi masih banyak yang sama sekali tidak tahu apa artinya, ya admin termasuk.

Baca juga : 2 Arti Kata Signifikan dan Contoh Kalimatnya

Namun setelah kamu membaca penjelasan yang admin tulis disini, tentu sekarang kamu tahu bahwa diskresi adalah kebebasan dalam mengambil keputusan. Mudah bukan mengartikannya? Tentu saja, bahkan tidak sulit yang dibayangkan.

Ulasan Singkat Diskresi

Arti kata diskresi yang admin tulis diatas tentu saja yang sebenarnya dan yang mana mestinya. Namun admin tak hanya sampai disitu saja, akan admin ulas secara singkat mengenai istilah ini karena memang tertulis dalam undang-undang.

Admin juga melihat berita diskresi pemerintah untuk membatasi poligami yang ada di negara ini, tentu saja hal ini merupakan keputusan yang tepat dalam situasi yang sedang genting terkait dengan poligami.

Kemudian dalam masa Pandemi ini, dan pemerintah berdiskresi dalam masa-masa yang mana sekarang ini agak sulit, sebagaimana keputusan-keputusan yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi situasi yang genting ini.

Mungkin tidak ada ulasan lebih detail lagi, tapi kamu dapat mengikuti berita-berita mengenai diskresi yang mungkin sudah sering ditulis dalam berbagai bentuk jenis berita yang berhubungan dengan keputusan.

Baca juga : 3 Arti Kata Linang dan Contoh Ungkapannya

Arti Kata Diskresi Menurut Undang-undang

Diskresi
Istimewa

Tentu saja ada undang-undang yang tertulis, apalagi di negara ini yang banyak sekali undang-undang dan perlu kita pahami serta jangan sampai kita langgar karena akan berhadapan dengan hukum yang berlaku.

Pasal 1 Angka 9 UU 30/2014, diskresi adalah keputusan dan/atau tindakan yang ditetapkan dan/atau dilakukan oleh pejabat pemerintahan untuk mengatasi persoalan konkret yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam hal peraturan perundang-undangan yang memberikan pilihan, tidak mengatur, tidak lengkap atau tidak jelas, dan/atau adanya stagnasi pemerintah.

Mungkin sedikit saja admin kutip undang-undang tersebut yang dapat kamu baca berdasarkan apa yang telah admin rangkum dari berbagai sumber yang berhasil admin temukan.

Baca juga : 4+ Arti dan Makna Kata Survive Menurut Terjemahan

Kesimpulan

Dalam arti, berdasarkan yang sudah tertulis dan jangan lupa baca undang-undangnya, maka ada kebebasan mengambil sebuah keputusan sendiri dalam situasi apapun, hal itu sesuai dengan makna yang ada.

Oke mungkin itu saja arti kata diskresi yang dapat admin sampaikan kali ini, untuk arti yang lainnya sudah admin tulis kamu tinggal mencari saja menggunakan kolom pencarian, yang belum dijelaskan tunggu saja update-an berikutnya.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.