Arti Kata Fana dan Penjelasan Serta dan Penggunaan Kata

0 137

Hidup yang sangat fana, mungkin itu yang menjadi pertanyaan apa arti kata fana? Dan tentu saja admin pun tidak akan diam mengingat makna dari istilah ini harus bisa kamu pahami.

Disini admin akan menjelaskan arti kata fana menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan juga akan menjelaskan secara detail mengenai istilah fana yang menjadi teka-teki ini.

Arti Kata Fana

Fana artinya hilang, rusak atau tidak kekal (semua yang ada di muka bumi). Istilah ini memiliki dua kata hidup yaitu fa dan na, dan memiliki beberapa kata turunan atau kata bantu.

Seperti mem (mem-fana-kan) artinya menjadikan tidak kekal, ke (ke-fana-an) artinya ketidakkekalan. Nah, dalam arti yang sama, bahwa fana segala sesuatu yang sangat tidak sempurna, atau tidak kekal, hanya tuhan saja yang kekal.

Baca Juga : Arti Nolep Lengkap Dengan Ciri-cirinya, Apa itu Nolep?

Penjelasan

Seperti arti fana adalah rusak, hilang dan tidak kekal, ke tiga makna diatas memiliki kandungan yang sama. Maksudnya sama-sama tidak ada yang abadi, seperti hilang, tentu tidak abadi.

Bisa kita simpulkan lagi, fana dapat diartikan sebagai tidak sempurna. Tentu saja admin menyimpulkan hal itu karena melihat dari arti yang sudah tertera diatas menurut KBBI.

Penggunaan Kata Fana

Mungkin tidak perlu admin sampaikan bagaimana penggunaan kata fana ini diucapkan atau diungkapkan, hanya saja admin akan menjelaskan atau memberikan sedikit saja sesuai yang sudah admin siapkan.

Berikut ini contoh dan cara penggunaan kata fana yang bisa dibilang kalau fana ini adalah kata sifat.

  • Dunia ini sangat fana (artinya dunia ini tidak abadi, tidak kekal)
  • Kefanaan dunia yang hanya sementara (artinya ketidakkekalan dunia yang hanya sementara)
  • Tuhan memfanakan kehidupan manusia (artinya Tuhan menjadikan kehidupan manusia tidak kekal)

Dan mungkin hanya itu saja yang dapat admin berikan contohnya sesuai dengan definisi dari istilah fana itu sendiri. Sedangkan admin memberi contoh berdasarkan tambahan kata bantu me dan ke.

Baca Juga : Arti Kata Wira dan Pengertian Lengkapnya

Kesimpulan

Setelah kita mengetahui arti kata fana diatas, maka dapat admin simpulkan bahwa fana bisa dibilang tidak sempurna karena artinya tidak kekal, rusak dan hilang, tentu itu sesuatu yang tak sempurna.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.