7 Arti Kata Lunak Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Arti Kata Lunak Menurut KBBI

0

Sikalem – Mulai dari pertanyaan yang masuk Min, apa arti kata lunak dalam kamus bahasa Indonesia? Nah, ini nih yang menjadi panutan admin, yaitu soal pertanyaan yang masuk yang membuat admin semangat mencari dan berbagi pengetahuan.

Arti kata lunak sendiri memang sudah ada dalam kamus bahasa Indonesia, baik itu secara offline maupun kamus online.

Namun perlu kamu ketahui, lunak memiliki turunan kata yang banyak, sehingga disini admin juga harus menyebutkannya satu-persatu agar kamu mudah memahaminya.

Arti Kata Lunak

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Lunak artinya empuk dan lembut. Berdasarkan definisinya, makna kata lunak berarti sesuatu yang lembut atau pun tekstur yang lembut, contohnya tahu.

Hubungannya dengan hal-hal yang tekstrunya terkesan lembut saat kita raba, maka itulah yang dimaksud dengan lunak.

Benda-benda yang lunak umumnya rentan rusak, jadi berhati-hatilah pada saat merabanya, jangan ditekan dengan keras agar benda tersebut tidak luntur dan rusak.

Namun, lunak sendiri memiliki banyak penggunaan kata, seperti perangkat lunak, hewan lunak, dan lain sebagainya. Lantas, apa maksudnya? Kita akan jelaskan setelah mengetahui turunan kata lunak.

Baca Juga : Arti Kata Wira dan Pengertian Lengkapnya

Turunan Kata Lunak

Seperti dalam arti kata lunak menurut kamus bahasa Indonesia diatas, jadi admin pun menegaskan istilah ini memiliki beberapa kata turunan.

Turunan-turunan ini terjadi pada penambahan kata bantu yang sudah biasa terjadi juga dalam kata-kata yang lainnya, hal itu memang umum berdasarkan kaidah bahasa Indonesia itu sendiri.

Berikut turunan kata lunak.

1. Melunak

Melunak merupakan kata sifat lunak dan menggunakan kata bantu yaitu me, arti kata melunak adalah menjadi lunak atau menjadi lembut, contohnya hati, sikap, sifat dan lain sebagainya.

2. Melunaki

Sama dengan melunak, melunaki memiliki kata bantu yaitu me dan ki, artinya memperlakukan dengan lunak atau membuat lunak. Istilah lain adalah membujuki.

3. Melunakkan

Ditambahkan kata bantu me dan kan, arti kata melunakkan adalah mengempukan atau melembutkan. Bisa juga dengan istilah lain meredakan atau menenangkan, seperti perasaan atau pun hewan buas agar lunak.

4. Memperlunak

Ditambahkan kata memper yang memiliki arti menjadikan agar lembut atau empuk. Biasanya bagi hewan buas agar hewan tersebut lembut bisa kita dekati agar tidak marah.

5. Pelunak

Yaitu ditambahkan kata Pe yang artinya resin dalam air kolam untuk mengurangi kesadahan air yang dialirkan ke dalam kolam itu.

6. Pelunakan

Proses, cara, perbuatan agar menjadi lembut atau empuk. Contohnya proses pelembutan makanan yang tadinya keras.

7. Kelunakan

Ditambahkan kata bantu ke dan kan, artinya kelembutan atau ke-empukan.

Baca Juga : Provokasi Adalah : Pengertian Definisi, Arti Kata dan Contohnya

Perangkat Lunak

Lantas, bagaimana dengan perangkat lunak? Sedangkan arti kata lunak dalam kamus bahasa Indonesia itu adalah lembut dan atau empuk. Apakah maksudnya perangkat yang empuk atau lembut?.

Berdasarkan pengertiannya, perangkat lunak adalah data khusus pada komputer yang di format dan disimpan secara digital. Jadi jelas sekali bahwa perangkat lunak adalah bagian dari komputer yang tidak terlihat, hanya ada didalamnya.

Sehingga kita memastikan kalau perangkat lunak adalah perangkat yang lembut. Darimana lembutnya? Ya mungkin karena tidak bisa kita raba, hanya bisa kita nikmati di dalam komputer.

Hewan Lunak

Hewan lunak merupakan hewan yang bertubuh lembut, contohnya seperti siput, cumi, dan lainnya. Namun, hewan lunak juga bisa diartikan hewan yang jinak atau lembut yang bisa dijadikan teman.

Mungkin itu maksudnya apa yang dimaksud dengan hewan lunak. Namun menurut wikipedia bahasa Indonesia, ya seperti yang admin tulis bahwa hewan lunak adalah hewan yang bertubuh lunak atau lembut, seperti mungkin tidak memiliki cangkang.

Lawan Kata Lunak

Dari arti kata lunak yang tertulis diatas pun memiliki lawan kata yang luar biasa, lawan atau antonim kata lunak terdiri dari beberapa kata.

Menurut tesaurus bahasa Indonesia, lawan kata lunak adalah beku, padat, keras, kedap, dan kerap. Contohnya benda-benda yang bertekstur keras.

Hal tersebut berdasarkan arti dari lunak sendiri yang berarti lembut, maka lawan katanya pun kembalikan dari benda yang lembut.

Kesimpulan

Dalam arti bahwa benda yang lunak memiliki tekstur lembut dan secara harfiah mudah sekali rusak, seperti pada pembahasan diatas yang kenyataannya sudah dapat kamu pahami dengan seksama.

Demikian penjelasan mengenai arti kata lunak dalam kamus bahasa Indonesia yang dapat admin sampaikan kali ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan untuk kamu.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.