Arti Kata Makhluk Hidup Secara Umum

Berikut Arti Kata Makhluk Hidup yang Pada Umumnya

0

Sikalem – Banyak orang yang salah memahami apa arti kata makhluk hidup, sedangkan secara umumnya makna kata ini berhubungan dengan dunia spiritual.

Para ahli sudah banyak memberikan pengertian mengenai istilah ini, pun dengan yang ada pada KBBI (kamus besar bahasa Indonesia).

Nah, untuk kamu yang tidak tahu apa arti dari kata makhluk hidup, silakan simak dibawah ini agar tidak salah dalam memaknai kata tersebut.

Arti Kata Makhluk Hidup

Arti Kata Makhluk Hidup
Foto : Istimewa

Secara harfiah makhluk hidup adalah sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan dengan istimewa, dimana Tuhan memberi nyawa kepadanya, seperti manusia, tumbuhan, dan hewan.

Dan tahukah kamu, makhluk hidup yang paling sempurna yang telah Tuhan ciptakan adalah manusia, sedangkan makhluk hidup tak hanya manusia, tumbuhan atau hewan saja.

Jin pun termasuk makhluk hidup, namun dia beda kehidupan, dan disebu dengan makhluk ghaib, artinya tidak bisa dilihat secara kasat mata oleh manusia.

Hewan juga terbagi menjadi beberapa jenis, pun termasuk dengan tumbuhan, maka hanya manusia yang tidak dibagi-bagi, itulah kesempurnaan yang mewakili manusia.

Kita sudah mengetahui arti kata makhluk hidup secara umum, hal ini berdasarkan apa yang benar-benar dijelaskan oleh ahli dan juga kamus.

Makhluk hidup adalah secara nyata yang tumbuh dan memiliki nyawa, layaknya manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Beda lagi dengan yang lainnya yang tidak memiliki nyawa, dan itu bukanlah makhluk hidup.

Makhluk Hidup Ada Banyak

Meskipun secara arti kata makhluk hidup dijelaskan diatas ada beberapa hal, yaitu manusia, hewan dan tumbuhan.

Namun kamu perlu tahu bahwa makhluk hidup didunia ini banyak sekali, dari jenis hewan saja ada yang didarat dan ada yang di laut.

Dengan ini, kamu juga harus tahu bahwa makhluk yang di laut dan di darat ada banyak sekali, bahkan sulit menghitung secara keseluruhan jika hanya kita yang menghitung nya, kecuali para ahli.

Manusia juga ada banyak loh, ada perbedaan ras, suku, agama, bahasa, dan masih banyak lagi, bahkan di Indonesia saja ada beragam.

Makhluk Hidup
Foto : Istimewa

Admin sudah banyak membahas tentang perbedaan dan dunia makhluk hidup, maka dari itu pembahasan ini pun salah satu hal yang harus kamu pahami agar tidak salah jalur.

Baca juga : 6 Arti Kata Populasi Menurut Kamus Resmi Bahasa Indonesia

Contoh Makhluk Hidup

Selain dengan arti kata makhluk hidup yang admin bahas, tentu saja admin juga akan memberikan contohnya, memang sih ini tidak perlu karena sudah dibahas juga diatas.

Akan tetapi akan lebih baik jika admin memberikan ini untuk kamu yang sedang membutuhkan apa yang sedang kamu cari.

Manusia

Manusia adalah makhluk hidup yang diciptakan Tuhan secara nyata, manusia diberikan kesempurnaan yang tidak ada pada makhluk yang lainnya.

Maka sering dikatakan manusia adalah makhluk tuhan yang paling sempurna, jadi enggak salah slogan itu diberikan kepada manusia.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Manusia Disebut Makhluk Paling Sempurna

Tumbuhan

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang memiliki jenis, dimana ada banyak sekali jenis tumbuhan yang tidak dapat admin jelaskan, mungkin pada artikel lain admin jelaskan.

Tumbuhan tidak seperti manusia, karena hidup secara tidak langsung seperti manusia, namun tumbuhan bisa ditemukan dimana saja.

Makhluk Hidup
Foto : Istimewa

Hewan

Hewan ini mungkin bisa melebihi tumbuhan dan dibawah manusia, jadi ditengah-tengah adanya. Sebagaimana yang telah kita ketahui.

Kehidupan hewan sama persis dengan manusia, yaitu memiliki kaki dan tangan untuk berjalan dan berpindah tempat, namun harus kamu tahu bahwa hewan juga banyak jenis.

Makhluk Ghaib

Pada pembahasan diatas bahwa arti kata makhluk hidup ini tidak disertai dengan makhluk ghaib, meskipun memang ini termasuk kedalam makhluk ciptaan tuhan yang diberikan nyawa.

Akan tetapi tidak terlihat secara normal, maka disebutlah makhluk ghaib dan memiliki dua jenis, yaitu Malaikat dan Jin.

Ini sih ilmu spiritual, jadi admin tidak dapat membahas secara banyak ya, maka mungkin itu saja. Namun ada pertanyaan, apakah makhluk ghaib termasuk makhluk hidup?

Mungkin jawabannya iya, karena memang makhluk ghaib seperti jin dan malaikat diciptakan tuhan dan diberikan nyawa, namun masalahnya hanya tidak terlihat saja.

Baca juga : Jawaban : Arti Berkembang Biak Untuk Anak SD

Kesimpulan

Disetiap pembahasan diatas dapat kamu lihat kembali bahwa ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui untuk kepentingan pengetahuan kamu seputar makhluk hidup.

Namun mungkin admin tidak dapat membahas lebih banyak, jadi itulah arti kata makhluk hidup secara umum dan secara resmi dijelaskan dalam kamus.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.