Arti Kata Panca dan Pengertian Lengkapnya

Berikut Arti Kata Panca Serta Pengertiannya

0

Sikalem – Arti kata panca dalam kamus besar bahasa Indonesia akan dijelaskan sebagai bentuk dari sesuatu hal yang istimewa, serta pengertian lengkap yang wajib kamu pahami dengan seksama.

Dalam hal ini, arti kata panca mungkin menjadi hal menarik untuk dibahas, hal ini karena berkaitan dengan Pancasila dan hal-hal yang memiliki definisi yang sangat dalam.

Panca yang dimaksud mungkin sangat awam bagi kamu, sehingga perlu kamu tahu pengertian dari kata itu sendiri, tak hanya tahu artinya saja ya.

Intro Dari Kata Panca

Sebelumnya, kita bahas dulu yang dimaksud panca, sehingga nanti kita akan bahas arti kata panca yang ada dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai panutan masyarakat Indonesia dalam berbahasa.

Panca ini mungkin membuat kamu merasa heran, kenapa dalam Pancasila digunakan Panca? Dan kenapa Panca ini berkaitan dengan hal-hal yang menarik.

Panca Menurut KBBI
Panca Menurut KBBI

Hal ini tentunya berdasarkan darinya itu sendiri yang memiliki makna didalamnya, seharusnya pertanyaan seperti itu tidak melulu tentang keanehan, karena memang ini sebagai panca dari warga Indonesia.

Baca juga : Contoh Sikap Sila Ke 1 2 3 4 5 Dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca juga : Makna yang Terkandung Dalam Bhineka Tunggal Ika

Arti Kata Panca

Dalam KBBI tertulis bahwa Panca artinya adalah LIMA, Panca sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, sehingga memiliki arti nomor 5 pada sebuah hal.

Disisi lain panca juga berarti tangan, dimana tangan memiliki 5 jari. Jadi apapun yang berkaitan dengan 5 hal itu pasti akan diberikan kata Panca, karena pada dasarnya berarti lima.

Seperti panca indera, pancasila, dan panca-panca lainnya yang memiliki 5 hal, jadi sudah kita ketahui arti kata panca yang sebenarnya itu apa?

Definisi Kata Panca
Definisi Kata Panca

Pengertian Panca Pada Sila

Sedangkan, Sila memiliki arti berbatu sendi, sehingga definisi pancasila menurut pandangan admin adalah 5 batu sendi. Yang artinya sebagai dasar negara Indonesia.

Kita bisa lihat sendiri bahwa pancasila memiliki 5 hal penting, karena diambil dari kata panca yang berarti 5, kemudian kelima hal-hal yang ada dalam pancasila ini adalah panutan untuk masyarakat Indonesia itu sendiri.

Semua yang tertulis dalam Pancasila membuat orang Indonesia seharusnya mengamalkan isi darinya untuk hidup lebih damai dan tentram dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Dalam Pancasila juga terdapat makna dimana perbedaan di negara ini harus menjadi satu bangsa, meksipun ras, budaya, agama dan yang lainnya berbeda tapi tetap satu banga Indonesia.

Kesimpulan

Diatas yang sudah dijelaskan seharusnya membuat kamu tahu yang dimaksud dengan panca itu apa, karena pada dasarnya panca berasal dari bahasa Sanskerta seperti yang sudah tertulis diatas.

Dan itulah arti kata panca dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, jadi sekarang kamu tinggal memaknai kalimat pancasila saja serta mengamalkan isi-isi didalamnya agar menjadi warga negara yang baik.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.