Arti Kata Persuasi Kalimat yang Digunakan Dalam Iklan

0 1.759

Mungkin kamu bertanya-tanya, kalimat yang digunakan dalam iklan harus bersifat persuasif artinya apa sih? Oke, tentu saja admin akan memberikan penjelasan arti kata persuasi atau persuasif.

Seperti pertanyaan kalimat yang digunakan dalam iklan harus bersifat persuasif artinya adalah kalimat yang tertulis harus mengajak. Maksudnya seperti apa? Berikut penjelasan lengkapnya.

Arti Kata Persuasi

Persuasi atau persuasif adalah kosakata yang bersifat mengajak, membujuk maupun menyuruh. Artinya kata yang digunakan sifatnya mengajak orang lain atau menyuruhnya agar terbujuk.

Jadi pantas saja kalau kalimat yang digunakan dalam iklan harus bersifat persuasif karena persuasif sendiri kata lain dari persuasi yang memiliki arti mengajak.

Baca Juga : Arti Kata Lunak Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Kalimat yang Digunakan Dalam Iklan Harus Bersifat Persuasif

Kalimat yang digunakan dalam teks iklan harus bersifat persuasif yang artinya kalimat tersebut harus bersifat mengajak, membujuk atau menyuruh orang (sasaran konsumen) agar tertarik atau berminat sesuai dengan amanat iklan.

Ya karena tujuan beriklan adalah agar orang lain tertarik dengan produk atau layanan yang kita promosikan, pantas saja jika dalam pembuatan iklan harus bersifat persuasif.

Contoh Penggunaan Persuasi

Bagaimana contoh penggunaan kata persuasif atau persuasi dalam beriklan? Sebenarnya kita bisa melihat iklan-iklan yang bertebaran di internet atau di mana pun kita lihat.

Namun admin akan memberikan sedikit saja contohnya untuk melengkapi pembahasan kali ini.

  • Minuman ini terbuat dari air kelapa muda murni tanpa campuran bahan apapun (maka orang lain akan terbujuk dengan bahan yang digunakan itu)
  • Rokok mengandung banyak bahan berbahaya seperti tar dan nikotin yang dapat merusak tubuh (maka mengajak orang lain agar berhenti merokok dan menghindari rokok)

Dalam contoh tersebut sedikit jelas kalau kata-kata yang admin gunakan itu membujuk, mengajak dan menyuruh orang lain agar tertarik dengan apa yang kita katakan.

Baca Juga : Provokasi Adalah : Pengertian Definisi, Arti Kata dan Contohnya

Kaidah Penulisan Teks Persuasi

Dari arti persuasi yang sudah admin jelaskan diatas harus ditulis sesuai dengan kaidah yang benar-benar mampu untuk mengajak, mendorong dan membujuk orang agar tertarik dengan apa yang diamanatkan dalam iklan tersebut.

Maka kaidah yang digunakan dalam penulisan kalimat teks persuasi harus :

  • Menggunakan kata atau kalimat bujukan
  • Menggunakan kata kerja imperatif
  • Menggunakan kata penghubung
  • Menggunakan kata teknis

Jadi harus sesuai dengan kaidah pembahasan teks kalimat persuasif yang akan kamu gunakan untuk membuat iklan atau pun lainnya yang memang harus menggunakan kalimat tersebut.

Demikian penjelasan mengenai arti kata persuasi yaitu kalimat yang digunakan dalam iklan harus bersifat persuasif yang artinya sudah admin sebutkan berdasarkan makna dan definisi yang ada.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.