Arti Kata Pulp Dalam Kamus Bahasa Indonesia

0 4.056

Pernah mendengar istilah pulp? Tahu apa arti kata pulp dalam kamus bahasa Indonesia? Jika kamu tidak tahu, sekarang waktunya tahu apa yang dimaksud istilah tersebut yang mungkin tak asing lagi ditelinga.

Karen admin disini bermaksud untuk menjelaskan mengenai arti kata pulp dalam kamus bahasa Indonesia yang mudah-mudahan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkannya.

Singkat cerita saja bahwa admin memang banyak pertanyaan-pertanyaan melalui email dan wa yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan, meski admin tidak tahu jawabannya, admin mencari tahu dari banyak sumber yang digabungkan menjadi satu agar lebih mudah dipahami.

Arti Kata Pulp Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pulp artinya Bubur Kertas yang merupakan bahan pembuat kertas hasil dari pemisah serat dari bahan baku yang memiliki serat didalamnya.

Baik itu serat kayu maupun non-kayu, kedua jenis ini merupakan bahan utama yang dibuat menjadi Pulp yang artinya bubur kertas. Proses pembuatannya melalui banyak proses, seperti Kimia, Semikimia dan Mekanis.

Pulp juga berarti daging buah dan campuran bahan selulosa. Nah, yang sudah admin sebutkan diatas adalah arti dari istilah pulp atau definisi apa yang dimaksud dengan pulp.

Pulp juga terdiri dari serat-serat selulosa dan hemiselulosa sebagai bahan baku kertas. Sudah jelas kalau Pulp ini sebuah bahan yang digunakan untuk membuat sebuah kertas.

Manfaat Pulp

Pulp bermanfaat sebagai bahan untuk membuat kertas, hal itu berdasarkan arti kata pulp dalam kamus bahasa Indonesia yang sudah admin singgung diatas.

Akan tetapi, meskipun manfaat utama pulp adalah bahan untuk membuat kertas, ternyata pulp juga memiliki manfaat lainnya loh sahabat kalem, dan berikut adalah manfaat-manfaat dari pulp atau bubur kertas atau daging buah.

  • Digunakan sebagai kertas (Utama)
  • Sebagai kain rayon
  • Selulosa, seperti LCD (Liquid Crystal Display)

Pada manfaat tertulis, mungkin kita tidak menyadari kalau LCD alisa layar yang sering kita lihat, baik pada smartphone, laptop, tv atau lainnya ternyata dibuat dari pulp.

Kain rayon yang juga bahan utamanya adalah pulp pun banyak orang yang tidak menyadarinya, ya kita sebegai penikmat memang, tapi ada baiknya mengetahui lebih detail apa yang kita gunakan.

Istilah Pulp Lainnya

Mungkin tak hanya itu saja, pulp juga memiliki istilah lain yang berbeda makna dan juga berbeda arti sebagaimana yang sudah admin jelaskan diatas secara singkat namun tetep detail.

Istilah pulp yang sering kita dengar juga sangat banyak, istilah-istilah tersebut meliputi:

  • Pulp Dentis merupakan bagian tengah yang bertekstur lunak dan serta mengandung pembuluh darah pada gigi.
  • Pulpa merupakan istilah tidak baku dari Pulp.

Kesimpulan

Dalam definisi yang sudah dibahas, apakah kamu sudah mengerti? Jika iya, mungkin admin bisa sedikit menyimpulkan bahwa pulp adalah bubur kertas yang yang dapat dijadikan kertas asli, selulosa, dan rayon.

Maka demikian penjelasan mengenai arti kata pulp dalam kamus bahasa Indonesia yang mana sudah dijelaskan secara singkat beserta penjelasan lainnya tentang pulp.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.