Arti Kata Sejuk Dalam Kamus Bahasa Indonesia

0 5

Arti kata sejuk dalam bahasa Indonesia ternyata ada banyak sekali makna dan definisinya, namun disini kamu akan mengetahui penjelasannya yang akan diuraikan secara lengkap.

Sedangkan arti kata sejuk dalam kamus bahasa Indonesia ini memiliki makna yang secara umum, namun artinya sangat banyak berdasarkan apa yang tertulis dalam KBBI.

Kamu akan tahu lebih jelas dan terperinci, mengingat banyaknya makna dari istilah ini, sehingga sulit untuk dimaknai jika tidak ada ulasan secara detail.

Arti Kata Sejuk Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Arti Kata Sejuk Dalam Kamus Bahasa Indonesia
ILUSTRASI

Dalam kamus bahasa Indonesia, sejuk diartikan sebagai suasana yang nyaman, segar, adem dan tenang karena kondisi yang dingin dengan hembusan angin maupun tanpa hembusan angin.

Jad secara umumnya, sejuk merupakan suasana yang membuat kita sangat tenang, akan tetapi arti kata sejuk ini ada banyak sekali, lebih dari 10 makna yang tertulis berdasarkan kamus bahasa Indonesia.

Kamu dapat menemukannya pada paragraf berikut terkait istilah sejuk yang admin sampaikan dan memliki banyak makna serta arti.

Baca Juga : 3 Arti Kata Linang dan Contoh Ungkapannya

Arti Kata Sejuk Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan, ada lebih dari 5 makna dari istilah ini, namun secara umum dan singkatnya kamu dapat melihat pada paragraf diatas, dan berikut adalah daftarnya.

  • Terasa dingin
  • Dingin segar
  • Dingin nyaman
  • Agak dingin
  • Agak nyaman
  • Agak segar
  • Lega dan tenang (hari atau perasaan)

Dapat kamu lihat ada beberapa arti dari istilah ini, kemudian tak hanya itu saja, istilah sejuk juga memiliki beberapa kata turunan karena penambahan kata bantu.

Turunan Kata Sejuk

Sejuk memiliki beberapa dan banyak kata turunan, mulai dari penambahan kata dari awal dan juga penambahan kata di akhir kalimat.

KataArti
SejukSuasana yang segar, dingin, tenang dan nyaman
BersejukBersejuk-sejuk atau bisa juga akan melakukan kesegaran
Bersejuk-sejukMenyegarkan, mendinginkan atau membuat nyaman diri
MenyejukMenjadi suasana yang sejuk atau segar
PenyejukAlat untuk membuat sejuk atau segar atau dingin
PenyejukanProses membuat sejuk
KesejukanTerlalau sejuk

Nah pada tabel diatas dapat lihat ada beberapa kata turunan, dan kata utama pun admin tulis agar kamu lebih mudah lagi memahaminya, karena mungkin tulisan ini terlalu bertele-tele.

Baca Juga : Arti Kata Selulosa Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Contoh Penggunaan Kata Sejuk

SEJUK
ILUSTRASI

Tak dapat dipungkiri kalau istilah ini sering sekali diungkapkan ketika sasana sedang dalam keadaan dingin atau sejuk, apalagi kalau berada di puncak yang mendapatkan angin segar.

Berikut contoh penggunaan kata sejuk, agar kamu tidak salah dalam menggunakannya.

  1. Di Puncak, Bogor adalah tempat yang nyaman untuk refreshing karena suasana angin yang sangat sejuk dan menyejukkan
  2. Kepanasan nih, ke mana kek biar sejuk
  3. Sepertinya disini aku tenang, suasananya sejuk, angin-aning segar, hati tenang, gelisah pun hilang
  4. Dimana tempat yang paling sejuk, agar aku dapat menenangkan diri
  5. Ke rumah ku yuk, sejuk kalau kamu tiduran disana

Kurang lebih seperti itu lah, adapun kesalahannya dapat kamu komentari agar admin revisi, tapi sebaiknya itu cukup untuk contoh agar kamu semakin memahaminya.

Baca Juga : 2 Arti Kata Hareudang Dalam Bahasa Sunda

Kesimpulan

Pada dasarnya, ketika ada suasana yang tenang, segar apalagi dibarengi dengan angin, itu adalah suasana yang sejuk sehingga menjadi makna yang admin tulis diatas.

Namun, biasanya angin-angin segar ada di perkampungan, hutan lebat, karena sinar matahari akan terhalang oleh pohon-pohon besar dan menjadikan suasana sejuk.

Sahabat kalem, mungkin yang dapat admin sampaikan mengenai arti kata sejuk dalam kamus bahasa Indonesia diatas dapat membantu kamu, maka admin berharap kamu dapat pengetahuan di detik ini.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.