Arti Kata Selulosa Dalam Kamus Bahasa Indonesia

0 6.820

Kali ini admin kalem akan membahas arti kata selulosa dalam kamus bahasa Indonesia yang membuat kamu penasaran apa makna serta pengertian dari istilah tersebut.

Sehingga kamu akan segera tahu berdasarkan apa yang akan admin tulis dan telah admin temui melalui riset dari berbagai sumber yang admin percayai.

Arti Kata Selulosa Menurut KBBI

Selulosa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah polisakarida yang dihasilkan oleh sitoplasma sel tanaman yang membentuk dinding sel sebagaimana mestinya hal itu terdapat pada tumbuhan.

Sebelumnya admin pernah membahas mengenai Kingdom Plantae yang tentu ada kaitannya dengan istilah Selulosa tersebut.

Pengertian Selulosa

Tentu saja arti kata selulosa yang tertulis diatas memiliki pengertian yang tidak banyak orang mengetahuinya, ya hanya orang-orang tertentu sajalah yang tahu.

Seperti yang tertulis di Wikipedia bahwa selulosa adalah senyawa poliskarida yang terdiri dari rantai linier dari beberapa puluhan ribu ikatan unit.

Kesimpulannya selulosa adalah dinding utama sel tanaman hijau, lebih banyak bentuk ganggang dan Oomycetes.

Baca Juga : Pengertian dan Arti Thaharah : Mengapa Thaharah Itu Penting?

Manfaat Selulosa

Belum banyak orang yang tahu mengenai manfaat selulosa, namun ternyata manfaatnya luar biasa bagi kehidupan kita, hewan dan alam loh sahabat kalem. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut daftarnya.

  • Bahan bangunan dan properti
  • Memperlancar pencernaan hewan
  • Utamanya adalah penyusun dinding sel tumbuhan

Memang manfaat utama pasti sudah sangat jelas, namun pada lis pertama yaitu bahan bangungan dan properti, kemungkinan masih banyak orang yang belum tahu manfaat tersebut.

Ya karena memang struktur selulosa ini sangat kuat serta tidak larut dalam air, maka dari itu banyak bangungan-bangungan yang memanfaatkan selulosa sebagai bahan bangungan tertentu.

Struktur Selulosa

Arti kata selulosa yang tertulis diatas belum lengkap rasanya admin jelaskan tanpa banyak basa-basi lagi. Admin memang suka dengan penjelasan-penjelasan yang bertele-tele, hehe.

Struktur tentu sangat kuat dan kompak, apalagi selulosa terdiri atas 300.000 monomer dengan berat molekulnya mencapai 245.000 hingga 1000.000 gram/mol.

Wawa banget bukan? Pantas saja manfaat yang tertulis diatas dijadikan sebagai bahan bangungan dan properti, ternyata molekulnya sangat tangguh, jadi kekuatannya pun tak diragukan lagi.

Baca Juga : Arti Kata Persuasi Kalimat yang Digunakan Dalam Iklan

Sampai disini pembahasan mengenai arti kata selulosa lengkap dengan pengertian dan penjelasannya yang sudah admin catat diatas, semoga apa yang tertulis mengandung manfaat luar biasa.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.