Arti Kata Surya Dalam Kamus Bahasa Indonesia

0 118

Sering terdengar istilah kata Surya, bahkan dalam kehidupan sehari-hari, lantas apa sebenarnya arti kata surya yang banyak digunakan dalam bahasa sehari-hari? Terutama mungkin dalam pelajaran sekolah.

Penting untuk mengetahui arti kata Surya karena memang itu menjadi bahasa resmi dalam kamus bahasa Indonesia secara kaidah berdasarkan apa yang sudah di muat dalam KBBI.

Arti Kata Surya Adalah

Surya artinya adalah Matahari, jadi istilah ini merupakan sinonim dari kata Matahari, sedangkan tenaga Surya berarti tenaga matahari yang dimanfaatkan sinarnya untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu, semisal aliran listrik tenaga matahari.

Kalau kamu sering mendengar istilah tersebut, mungkin dalam pelajaran IPA terntang fisika atau biologi ya, admin lupa soalnya ini, ya intinya itu saja apa yang sudah tertulis diatas.

Tak heran jika orang-orang dalam bidang tersebut sering menggunakan istilah Surya ketimbang matahari, karena mungkin lebih ke bahasa biologi saja yang dapat digunakan dalam pembahasaannya.

Baca juga : Arti Kata Sejuk Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Kita sadar bahwa kita perlu sinar Surya untuk kebutuhan sehari-hari, maka dengan begitu, jangan asal menyangka bahwa Matahari tidak ada manfaatnya sama sekali bagi kehidupan kita semua yang ada dimuka bumi, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Jenis Kata Surya

Berdasarkan arti kata surya yang tertulis yang menunjukkan suatu benda, berarti istilah Surya termasuk kedalam kata benda, namun kamu perlu tahu bahwa istilah ini memiliki beberapa kata turunan.

Meskipun jenisnya benda, ada istilah yang pertama sudah admin tulis yaitu sinonim dan makna utama, namun sekali lagi istilah tersebut memiliki beberapa kata turunan yang mana tertulis dalam kamus bahasa Indonesia alias KBBI.

Baca juga : 2 Arti Kata Serat Beserta Fungsi dan Contohnya

Turunan Kata Surya dan Artinya

Surya memiliki penambahan kata, sedangkan makna utama sudah tertulis dan membuat kamu semakin mengetahui lebih detail berdasarkan apa yang sudah admin jelaskan diatas.

Berikut ini turunan kata Surya yang tertulis dalam KBBI.

  1. Tata Surya artinya tatanan yang terdiri atas matahari sebagai pusat 9 planet
  2. Radiasi Surya artinya radiasi matahari
  3. Kacamata Surya adalah kacamata berwarna gelap untuk mengurangi cahaya sinar matahari
  4. Tabir Surya adalah ramuan atau cairan untuk mengurangi pengaruh sinar matahari terhadap kulit

So, itulah turunan kata Surya yang memiliki makna sama namun tujuan pembahasaannya berbeda, hal tersebut berdasarkan apa yang tertulis dalam kamus bahasa Indonesia secara resmi yang banyak bertebaran baik online maupun offline.

Baca juga : 13 Arti Kata Gelombang dan Jenis-jenisnya

Kesimpulan

Berdasarkan yang sudah tertulis, jadi kini kamu sudah tahu bahwa istilah Surya ini memiliki arti dan makna yang sama sekali tidak sulit, maka dari itu jangan malas untuk mencari penjelasan yang lebih lengkap.

Dan akhir kata, semoga penjelasan mengenai arti kata Surya dalam kamus bahasa Indonesia tersebut bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan seputar bahasa.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.