Arti Kata Tumpeng Sebagai Tradisi Masyarakat

Apa Arti Tumpeng Menurut KBBI?

0 2

Banyak sebenarnya yang tidak tahu apa arti kata tumpeng, namun sebenarnya tidak perlu banyak kebingungan karena sudah ada bentuk yang dapat kamu makna sendiri.

Namun sayangnya, banyak juga orang yang tidak mau ribet, makanya mereka selalu berusaha mencari tahu arti kata tumpeng, begitupun dengan istilah-istilah yang lainnya yang sering banyak diucapkan.

Seperti istilah ini yang merupakan ada saat perayaan-perayaan tertentu, sehingga banyak yang tidak mengetahui tentang istilah ini.

Arti Kata Tumpeng Menurut KBBI

Tumpeng merupakan Nasi yang dihidangkan dalam bentuk kerucut, biasanya digunakan pada saat acara selamatan. Tumpeng juga bisa disebut dengan nasi kebuli, karena sama-sama berbentuk kerucut.

Tumpeng biasanya dihiasi dengan lauk pauk di pinggir-pinggirinya maupun ditengah-tengahnya. Selain lauk pauk, biasanya juga dihiasi dengan sayur-mayur.

Lauk yang biasa menghiasi tumpeng biasanya ikan asin, ikan emas, tempe, tahu, kemudian ditambahkan juga parutan kelapa agar menghasilkan rasa yang khas nasi tumpeng.

Baca juga : Arti Kata Nyupang Ternyata Bertentangan Dengan Agama

Mengenal Nasi Tumpeng

Arti Kata Tumpeng yang sudah admin sebutkan mungkin sudah bisa kamu pahami, kini waktunya kita membahas mengenai nasi tumpeng yang sering digunakan pada saat acara-acara tertentu.

Nasi tumpeng atau kebuli yang berbentuk kerucut bisa berwarna kuning, karena ditambahkan kunyit agar menghasilkan warna yang khas nasi kuning.

Namun, bila tidak diwarnai juga tetap bisa digunakan untuk perayaan keselamatan, perayaan pernikahan, sunatan hingga acara-acara perayaan keagamaan.

Admin biasa menemui nasi tumpeng pada saat malam Asyura, perayaan sunatan, acara salametan, dan lain-lain yang sering dilakukan di kampung admin.

So, kalau pernah menemui nasi yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, itu adalah nasi tumpeng atau bisa juga disebut nasi kebuli maupun nasi kuning ya sahabat kalem.

Baca juga : 4 Arti Kata Angel Dalam Bahasa Jawa dan Sunda

Kesimpulan

Pada dasarnya, tumpeng digunakan sebagai pelengkap acara, sebenarnya ini adalah nasi tradisional masyarakat orang Indonesia pada jaman dulu yang masih ada hingga sekarang.

Digunakan pada acara keagamaan, acara keluarga, dan acara-acara yang lain, namun bisa juga kamu temukan di gerai-gerai nasi tumpeng yang ada pinggir-pinggir jalan atau pun di ruko kota besar seperti Jakarta.

Nah sahabat kalem, itulah arti kata tumpeng yang merupakan Nasi berbentuk kerucut, bisa juga berwarna kuning maupun warna original dari bentuk nasi yang sering kita temui.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.