Arti Kata Wira dan Pengertian Lengkapnya

0 693

Min Min, arti kata wira apaan sih? Entah kenapa tiba-tiba admin yang nanya, yaudah admin jawab. Meneketehe, ane kan bukan guru atau pengajar bahasa, kenapa nanya ke ane?.

Tapi yasudah terpaksa admin mencari tahu apa arti kata wira, sedangkan bukan hanya satu atau dua orang saja yang nanya, tapi banyak. Dan tentu admin pun akan memberikan penjelasan disini mengenai istilah wira.

Manfaat bagi admin, bisa mendapatkan pengetahuan karena admin terpaksa harus mencari tahu arti dan pengertiannya, juga admin mudah-mudahan mendapatkan berkah karena berbagi.

Arti Kata Wira

arti kata wira
Wira

Kata Wira berasal dari bahasa Sangiang & Sansekerta yang artinya “berani”. Wira memiliki pelafalan dan ejaan yang sama akan tetapi memiliki arti yang berbeda sehingga disebut homonim.

Wira juga memiliki arti dalam kelas kata benda (Nomina), hal tersebut membuatnya bisa juga sebutan untuk nama seseorang, benda atau pun semua yang bersangkutan kata sifat.

Jadi kesimpulannya, Wira bisa berarti kata sifat atau kata adjektiva juga bisa berarti kata benda. Pun masuk kedalam homonim dan atau nomina.

Selain itu, pengertian kata Wira juga bersifat sebagai kata pengganti atau bisa juga kata benda.

Baca Juga : Arti Kata Saraleo dan Shia Dalam Bahasa Thailand

Turunan Kata Wira

Wira memiliki beberapa kata turunan, seperti arti kata wira yang sudah admin jelaskan pengertiannya diatas, maka terdapat beberapa kata turunan berdasarkan jenis dari kata ini.

Apa saja kata turunannya? Kamu juga sebenarnya sudah tahu kata turunan dari istilah wira, dan berikut ini kata turunannya.

  • Wirausaha seseorang yang melakukan kegiatan usaha, dan mereka berbakat dalam mengenali, menentukan dan menyusun produk.
  • Wiraswasta seseorang yang memiliki usaha sendiri, pun sama dengan Wirausaha, hanya saja dia lebih mandiri.
  • Kewiraan misalnya kemiliteran atau kepahlawanan.
  • Perwira yaitu gagah dan perkasa, misalnya TNI (Perwira TNI).

Seperti kata turunan yang sudah admin sebutkan, jadi sangat jelas sekali bahwa arti kata wira ini yang berasal dari bahasa Sangsekerta dan Sangiang di atas artinya berani.

Pantas saja usaha di sebut wirausaha atau wiraswasta, TNI pun ada istilah perwira, ternyata hal itu karena wira berarti sangat berani dalam melakukan sesuatu di bidangnya.

Wira Gagah dan Perkasa

Kamu bisa memaksa diri untuk lebih ber-wira, nah kamu adalah orang yang gagah dan perkasa. Hal itu melarang kamu untuk menyerah dalam melakukan segala hal terkait keinginan kamu.

Sama seperti admin yang awalnya tidak tahu apa itu wira, kini tahu karena harus mencari tahu agar bisa memberi tahu kepada kalian yang membutuhkan info atau pengertian dan arti kata wira.

Baca Juga : Ini Arti COD Dalam Jualan Online

Arti Nama Wira

Arti Nama Wira
Arti Nama

Banyak orang yang memberikan nama untuk sang bayi bernama “Wira” hal tersebut terjadi karena makna dari kata wira itu “Berani”, sehingga nama untuk anak ini sangat bagus.

Ya, Wira adalah nama anak laki-laki yang berarti memiliki ketangguhan, pahlawan, sangat jantan dan sangat berani. Kalau kamu punya anak, sangat rekomendasi nih.

Nah, sampai disini pembahasan kali ini, apakah sudah paham? Intinya wira berarti berani, udah itu aja kesimpulan yang admin berikan.

Demikian penjelasan dan pengertian serta arti kata wira yang memiliki beberapa turunan yang identik dengan makna kata itu sendiri, semoga bisa membantu, ayo semangat mencari pengetahuan.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.