Arti Kriminalitas, Apa yang Dimaksud Dengan Kriminalitas?

0 337

Dalam istilah kejahatan, ada yang dinamakan dengan kriminalitas, lantas apa yang dimaksud dengan kriminalitas sebenarnya? Sedangkan istilah ini sering terdengar ketika melihat dan mendengar berita.

Dalam pembahasan, admin akan menjelaskan arti Kriminalitas sehingga kamu akan mudah mengetahui apa yang dimaksud dengan kriminalitas, karena akan admin artikan berdasarkan pengertian yang ada.

Sejak admin lahir, memang sering terdengar istilah ini, namun admin pun baru mengetahui artinya setelah sering mencari pengetahuan dan pengertian kriminalitas.

Apa yang Dimaksud Dengan Kriminalitas?

Kriminalitas adalah istilah dari kriminal yang artinya tindakan kejahatan yang dilakukan seseorang yang sangat merugikan, kriminalitas perbuatan yang melanggar hukum, baik itu hukum negara, norma, dan hukum agama.

Sebagai warga negara, tentu kita dilarang melakukan perbuatan keji yang melanggar hukum, kalau kita melanggarnya, siap-siap undang-undang yang berlaku menunggu kita di pengadilan.

Hukuman yang diberikan kepada pelaku pun berbeda, sesuai dengan seberapa besar tindakan kriminal yang dia perbuat. Hukumannya bisa di penjara bahkan hukum mati, dan di denda.

Baca juga : Inilah Alasan Mengapa Terjadi Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Contoh Tindakan Kriminalitas

Sekarang kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan kriminalitas, karena arti Kriminalitas sudah admin jelaskan, kemudian mungkin perlu memberikan sedikit contohnya.

Kalau kamu sering melihat berita kriminal, mungkin sudah tidak perlu lagi admin jelaskan, akan tetapi mungkin ini membuat kamu sangat penasaran.

Berikut merupakan contoh perbuatan kriminalitas yang melanggar hukum.

  1. Seseorang yang melakukan pembunuhan, penusukan, mutilasi, dan lain sebagainya
  2. Seseorang yang melakukan pencurian, begal, maling, dan lain sebagainya
  3. Seseorang yang sengaja melakukan perbuatan buruk kepada orang lain, misalnya membuly dengan melakukan kekerasan.

Mengapa Masih Banyak yang Berbuat Kriminalitas?

Secara psikologis, apa yang dimaksud dengan kriminalitas tidak membuat mereka takut, bahkan sudah banyak contoh, sayangnya seakan mereka menyepelekan kasus-kasus yang sudah terjadi.

Kurangnya kesadaran adalah hal yang menjadi penyebab utama, kemudian mereka juga memiliki hati yang seperti batu sehingga berbuat semena-mena semaunya.

Bahkan, yang sebelumnya dipenjara akibat tindakan kriminalitas, kemudian dia dibebaskan, namun setelah bebas dia kembali melakukan kejahatan diluar udara bebas.

Ya ini sudah banyak sekali contohnya, hukum yang berlaku tidak membuat mereka jera, lagi-lagi mereka melakukan perbuatan yang merugikan orang lain serta hukum yang berlaku di negara ini dilanggarnya.

Baca Juga : Pengertian Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

So, sahabat kalem sekarang kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan Kriminalitas, dan diatas dapat kamu jadikan sebagai pelajaran agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan keji yang melanggar hukum.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.