2 Arti Kutu Buku dan Contohnya

2 Likes Comment
2 Arti Kutu Buku dan Contohnya

Dalam peribahasa, ada istilah kutu buku, lalu sebenarnya apa arti kutu buku yang merupakan istilah atau ungkapan? Ternyata bermakna yang jauh lebih baik dari apapun.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kutu buku terdiri dari dua kata, yaitu kutu dan buku. Jelas ini berkaitan dengan kegiatan seseorang, terutama siswa maupun siswi.

Sebelumnya, mungkin kamu pernah mendengar ungkapan ini untuk seseorang, tapi kamu sendiri bingung apa yang dimaksud dari ungkapan tersebut? Maka dari itu, admin kalem hadir untuk kamu.

Baca Juga : 2 Arti Kata Culametan yang Viral di Tiktok

Arti Kutu Buku

Jika memang kamu tidak tahu apa artinya ungkapan kutu buku, maka disini kamu akan mengetahuinya. Namun perlu kamu ingat, ada dua makna dari kata tersebut.

Arti Kutu Buku yang akan admin bahas memiliki dua makna, pertama adalah ungkapan dan yang kedua adalah benda hidup. Benda yang dimaksud adalah serangga.

arti kutu buku
Membaca Buku

1. Kutu Buku (Serangga)

Berdasarkan informasi yang telah admin dapatkan bahwa, arti kutu buku merupakan serangga kecil yang biasanya melubangi buku. Kamu sering kan melihat kertas buku yang berlubang? Nah itu akibat dari serangga tersebut.

2. Arti Ungkapan Kutu Buku

Arti ungkapan kutu buku adalah sebutan untuk seseorang yang hobinya gemar membaca buku, istilah ini termasuk kedalam kata kiasan.

Jadi, orang yang di sebut-sebut si Kutu Buku adalah orang yang suka membaca buku. Jelas ini adalah kondisi seseorang yang baik, jarang sekali loh ada orang seperti ini.

Apalagi di jaman serba digital, kegemaran membaca buku beralih kepada gadget, masih mending membaca buku secara digital, coba kalau malah main game atau sosmed?.

Karena sekarang kita sudah tahu apa arti kutu buku, mungkin penjelasannya cukup sampai disitu. Tapi, pembahasannya belum sempurna tanpa menelusuri lebih dalam lagi.

Baca Juga : Arti Ambigu : Pengertian, Contoh dan Jenis Ambigu

Arti Kutu Buku Dalam KBBI

Dalam KBBI, kutu buku diambil dari dua kata, sesuai apa yang telah admin singgung diatas. Tentu saja keduanya ini memiliki perbedaan kata, tetapi ada makna ketika digabung.

Kutu sendiri merupakan serangga yang biasanya tumbuh di rambut, baik itu manusia maupun hewan. Namun dalam istilah lain, arti kata kutu adalah perkumpulan dagang.

Arti kutu juga bisa didefinisikan sebagai sekutu yang artinya berteman atau bergabung. Buku sendiri merupakan benda mati yang berisi tulisan-tulisan cerita, novel, cerpen, dan lain sebagainya.

Sedangkan arti kutu buku adalah orang yang gemar membaca buku. Tapi tak sampai disitu saja, kutu buku juga memiliki makna lain yaitu serangga yang biasanya melubangi buku.

Arti ungkapan kutu buku
Sedang Membaca Buku

Contoh Kutu Buku

Dalam menambah wawasan seputar ungkapan arti kutu buku, maka admin kalem juga akan memberikan sedikit contoh yang dapat kamu jadikan sebagai refrensi.

Dengan adanya contoh, pembahasan akan lebih mudah dipahami meskipun setiap bait kata yang tertulis mungkin terbelit-belit.

Disini admin memberikan dua contoh, yaitu contoh ungkapan dan contoh orang yang memiliki sifat kutu buku, sehingga keduanya mungkin bisa menjadi pelengkap.

Orang yang disebut kutu buku adalah orang yang gemar membaca buku, contohnya ada teman kamu yang hobinya membaca buku, setiap buku yang ia lihat pasti dibuka dan dibaca. Juga dia memiliki banyak sekali bukunya.

Contoh ungkapannya adalah “Si kutu buku kayanya hari ini sudah membaca lebih dari 4 buku”.

Nah, sebagai contoh mungkin hanya itu saja, namun perlu kamu tahu bahwa contoh diatas berdasarkan ungkapan atau pun orang disebut-sebut sebagai si kutu buku.

Baca Juga : Arti Mager Dalam Bahasa Gaul yang Sering Diucapkan

Kutu Buku Calon Orang Pintar

Benarkah orang yang disebut-sebut kutu buku, dia adalah calon orang pintar? Bisa jadi, karena dia senang membaca, sehingga wawasan yang dia dapatkan terus meningkat setiap hari.

Apalagi ketika admin masih duduk di bangku SD, kata guru “Buku adalah kunci pintar”. Dulu admin berfikir kalau memiliki buku kita bisa pintar, meskipun enggak dibaca.

Tapi ternyata admin salah, ya namanya juga masih kecil. Masa iya cuma memiliki buku tanpa dibaca bisa menambah wawasan? Enggak mungkin kan? Hehe, itulah anak kecil.

Yang dimaksud buku adalah kunci pintar yaitu setiap ada buku kita baca, setiap ke perpustakaan kita membaca isi didalam bukunya, bukan malah hanya melihat-lihat gambarnya saja.

Hayo siapa yang sering membuka buku, tapi enggak dibaca, malah lihat-lihat gambar doang? Itu kebiasaan admin ketika masih sekolah, di SD dan SMP admin mengabaikan isinya, tapi hanya melihat-lihat gambarnya saja.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan kali ini, demikian arti kutu buku yang merupakan ungkapan untuk seseorang yang gemar membaca buku, semoga bisa menambah wawasan.

Artikel Terkait

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.