Arti, Makna dan Kesan Lagu Gundul-gundul Pacul

Makna, Arti, Serta Kesan Lagu Gundul-gundul Pacul

0

Mungkin ini soal pada SD yang mengharuskan kalian untuk menjawab soal dengan pertanyaan kesan lagu gundul-gundul pacul.

Nah ternyata benar sekali, baik itu makna, arti dan kesan lagu gundul-gundul pacul ternyata tidak lepas dari kehidupan seseorang.

Kamu tentunya berhak untuk mendapatkan jawaban itu, adek-adek admin mungkin tidak sadar akan kesan yang tersirat didalamnya.

Arti Lagu Gundul-gundul Pacul

Arti lagu gundul-gundul pacul
Cangkul, Foto : Istimewa

Sebelum kita menemukan apa saja kesan lagu gundul-gundul pacul, sebaiknya kita lihat dulu arti dibalik lagu ini, agar kamu semakin mudah dalam mendapat jawaban yang tepat.

Lagu gundul-gundul pacul adalah lagu daerah yang berasal adri Jawa Tengah, namun belum dapat dipastikan siapa sebenarnya yang menciptakan lagu ini.

Berikut lirik dan arti lagu gundul-gundul pacul:

  • Gundul gundul pacul cul, gemblengan : Gundul gundul cangkul sembarangan
  • Nyunggi nyunggi wakul kul, gemblengan : Membawa bakul dengan sembarangan
  • Wakul ngglimpang segane dadi sak latar : Bakul terguling, nasinya tumpah sehalman (2x)

Seperti kamu lihat bahwa lagu mengisahkan dan menceritakan kehidupan seseorang, sehingga makna lagu gundul-gundul pacul sangat mendalam.

Kesan Lagu Gundul-gundul Pacul

Kesan lagu gundul-gundul pacul
Cangkul, Foto : Istimewa

Kesan lagu gundul-gundul pacul yang tersirat didalamnya adalah menceritakan seorang pemimpin yang tidak amanah.

Pada dasarnya, seorang pemimpin harus amanah, menjaga dan memimpin siapa yang mereka pimpin dengan tepat, sehingga akan diakui bahwa dia adalah pemimpin yang hebat.

Akan tetapi, hal ini tentunya sedikit menyinggung para pemimpin yang tidak amanah, alias pemimpin yang tidak baik dalam memimpin siapa yang mereka pimpin.

Kala waktu terus berjalan, tentu pemimpin harus siap dengan segala tanggung jawab yang ada, dengan mental dan harus bijak serta berlaku adil kepada yang ia pimpin.

Bukan hanya pemimpin daerah, negara, komunitas saja, namun dalam rumah tangga pun tetap pemimpin, yaitu sang ayah atau suami yang harus amanah dalam memimpin keluarganya.

Baca juga : Kesan dan Arti Syair Lagu Cublak-Cublak Suweng

Makna Lagu Gundul-gundul Pacul

Makna lagu gundul-gundul pacul
Cangkul, Foto : Istimewa

Sedangkan makna lagu gundul-gundul pacul adalah kehormatan tanpa mahkota, hal ini berdasarkan arti kata gundul pada lagu ini.

Gundul berarti tidak berambut, alias botak, maka kehormatan atau pemimpin itu tidak bermahkota, pantas saja menyebabkan ketidak amanah.

Jawaban : Seorang pemimpin yang sebenarnya bukanlah dia yang diberi mahkota, namun ia pembawa cangkul yang mengupayakan kesejahteraan rakyat.

Persis seperti pada lirik yang tertulis dengan arti yang sudah admin tuliskan, juga kesan lagu gundul-gundul pacul itu sendiri adalah tidak amanahnya sang pemimpin.

Kamu sudah bisa yakin dengan jawaban diatas? Ya itu adalah jawaban yang sebenarnya tanpa ada karangan, karena admin sendiri merangkum dari berbagai sumber.

Kesimpulan

Jadi, gundul-gundul pacul ini memiliki kesan seorang pemimpin yang tidak amanah, serta makna lagu ini merujuk kepada siapa sebenarnya pemimpin?.

Maka dengan demikian, seharusnya kamu bisa memahami apa yang sudah admin jelaskan disetiap bait yang tertulis.

Baca juga : Lagu Lir Ilir : Lirik, Nasihat dan Asal Daerah

Demikian arti, makna dan kesan lagu gundul-gundul pacul yang dapat admin ceritakan kali ini, semoga saja bermanfaat dan jawaban kamu dijamin pasti tepat karena dengan semestinya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.