Arti Pagebluk Dalam Bahasa Jawa

Masih seputar virus corona, apa arti pagebluk? Ternyata istilah ini merupakan frasa kata didalam bahasa Jawa yang memiliki makna sungguh mengagumkan didalamnya.

Bisa jadi arti pagebluk berkaitan dengan wabah virus corona, karena setelah admin survey, ada banyak orang yang ingin mengetahui arti dan makna dibalik istilah pagebluk dan ini setelah virus corona semakin berkeliaran.

Admin pun sadar tentang hal ini, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama, admin langsung mencari-cari arti kata pagebluk yang semakin kesini semakin banyak orang penasaran.

Baca Juga : 2 Arti Lockdown yang Terjadi Akibat Virus Corona

Arti Pagebluk Dalam Bahasa Jawa

Arti Pagebluk Dalam Bahasa Jawa
Arti Pagebluk Dalam Bahasa Jawa

Dalam bahasa Jawa kuno, arti pagebluk adalah wabah penyakit yang sangat berbahaya dan penyebabnya adalah ilmu spiritual. Pagebluk bisa di maknai sebagai istilah Jawa kuno yang artinya penyakit.

Dalam istilah jawa adalah penyakit dari ilmu spiritual, namun apakah kamu percaya tentang ilmu spiritual di jaman yang sudah bukan lagi jaman guna-guna ini?.

Sepertinya manusia di jaman sekarang sudah tidak percaya lagi dengan hal-hal berbau spiritual, terutama ini adalah jaman teknologi yang segalanya serba mudah.

Berbeda dengan jaman dulu yang memanfaatkan ilmu-ilmu spiritual sebagai bahan dari sumber kehidupannya, mulai dari menyembuhkan penyakit, menorowong, mencari jejak dan masih banyak lagi.

Tapi saat ini pun masih ada juga yang menggunakan ilmu spiritual, apalagi untuk penyembuhan penyakit yang diderita dan tidak tahu asal usul dari penyakit yang mewabah itu.

Dan admin akan menjelaskan secara lebih lagi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yang masih sama saja maknanya dengan istilah yang terjadi dari bahasa Jawa kuno.

Baca Juga : Ini Dia Arti Ferguso di Media Sosial

Pagebluk Menurut KBBI

Pagebluk Menurut KBBI
Pagebluk Menurut KBBI

Arti pagebluk menurut KBBI pun masih sama, yaitu wabah penyakit, namun lain lagi dengan istilah Jawa yang malah diakibatkan karena ilmu spiritual, memang ini pada jaman dulu.

Pagebluk menurut KBBI juga termasuk berarti epidemi, dimana wabah penyakit yang menularnya sungguh luar biasa. Sebelumnya admin sudah membahasnya dalam arti pandemi.

Bisa kita simpulkan, dari KBBI yang sudah tertulis pagebluk adalah wabah dan endemi, dan itu merupakan penyakit yang mana penyakit aneh yang diderita, seperti halnya dengan virus corona.

Apalagi yang kamu pikirkan? Sekarang kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan istilah pagebluk dalam bahasa Jawa kuno dan dalam KBBI yang artinya sama saja namun lain makna jika secara terperinci.

Pagebluk Dan Pandemi

Seperti halnya pandemi, pagebluk juga sebuah istilah untuk wabah penyakit, begitu pula dengan pandemi yang masih sama yaitu wabah penyakit yang luar biasa.

Dari hal ini kita sadar bahwa Indonesia sangat kaya, satu makna saja bisa berbagai istilah, apalagi di Indonesia sendiri bahasa sangat banyak hingga ratusan bahasa yang ada di daerah masing-masing.

Bahasa nasionalnya adalah bahasa Indonesia yang merupakan penyempurnaan dari bahasa Melayu, namun bahasa daerah di Indonesia sudah tidak bisa diragukan lagi banyaknya.

PAGEBLUK
PAGEBLUK

Membandingkan Makna Negatif dan Positif

Seperti dalam bahasa Jawa kuno yang kita lihat bahwa arti pagebluk ini bermakna negatif, berdasarkan konotasinya. Tapi sebenarnya kita tidak harus memaknainya dengan apa yang kita pikirkan.

Dalam arti, apa yang terjadi sebenarnya bukan karena hal-hal negatif, melainkan apa yang kita lakukan merupakan kesalahan sehingga imbalannya adalah cobaan dari Tuhan.

Memang, di jaman kuno masih percaya dengan hal-hal yang berbau mistis, seperti ilmu spiritual, terjadinya kontak manusia dengan jin, dan ya memang hingga saat ini masih ada hal-hal yang seperti itu.

Tapi sebaiknya kita hindari karena itu melanggar aturan agama. Dalam Islam, manusia tidak boleh ada kaitannya dengan Jin, meski keduanya sama-sama Mahluk Allah.

Baca Juga : 2 Arti Kutu Buku dan Contohnya

Kesimpulan

Nah, jadi kesimpulannya, arti pagebluk adalah wabah penyakit yang juga berarti endemi, dan istilah dalam Bahasa Jawa kuno ini masih berkaitan dengan pandemi, namun beda bahasa.

Maknanya sama, akan tetapi istilah pagebluk saat ini sudah di sempurnakan kedalam Bahasa Indonesia yang awalnya berada dalam bahasa Jawa kuno, sehingga membuat kita semakin lebih memahami apa makna dibalik istilah itu.

Itu saja yang dapat admin sampaikan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkannya. Demikian penjelasan mengenai arti pagebluk semoga berfaedah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.