Arti Pandemi, Makna dan Definisi Pandemi

Apa arti pandemi yang sedang trending karena virus corona? Dalam menjawab pertanyaan itu admin sudah memiliki jawaban yang sangat cocok sesuai dengan apa yang telah admin temukan dari berbagai media.

Arti pandemi yang juga bisa disebut dengan pandemik mungkin kamu baru mengenal istilah ini setelah menyebarnya berita terkini terkait dengan wabah virus corona yang hingga saat ini belum selesai diperbincangkan.

Sehingga, pertanyaan-pertanyaan semacam itu mungkin kamu pikirkan jauh sebelum menemukan artikel ini. Namun kamu baru akan tahu setelah membaca apa yang akan admin tulis disini.

Arti Pandemi

Arti Pandemi
Arti Pandemi

Arti pandemi atau pandemik merupakan epidemi penyakit yang menyebar di wilayah yang sangat luas contohnya seluruh dunia. Sedangkan menurut KBBI, pandemi merupakan wabah yang terjangkit dimana-mana, yaitu daerah yang luas.

Berdasarkan arti pandemi yang sudah admin tulis diatas mungkin sekarang kamu sudah dapat memaknainya bahwa pandemi adalah sebuah wabah penyakit yang terjangkin diseluruh dunia.

Dari arti diatas kita sudah sepakat, terutama sumber tersebut berdasarkan kabar yang beredar dan juga berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang sudah admin temukan.

Baca Juga : 2 Arti Lockdown yang Terjadi Akibat Virus Corona

Wabah Penyakit yang Termasuk Pandemi

Arti pandemi merupakan penyakit yang menyebar luas di kawasan yang luas, namun belum dapat dicap pandemi jika wabah itu adalah orang yang terinfeksi secara stabil.

Yang termasuk atau dikategorikan sebagai pandemi atau pandemik adalah penyakit yang menular juga wabah yang berkelanjutan, sehingga jika penyakit itu tidak seperti apa yang admin tulis tidak termasuk kedalam pandemi.

Apalagi, penyakit yang termasuk pandemik adalah penyakit yang menular atau menyebarnya sangat cepat, seperti salah satunya corona yang sekarang ini sedang diwaspadai di berbagai belahan dunia.

Baca Juga : Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul dan Contohnya

Contoh Penyakit Kategori Pandemi

Ada beberapa saja yang termasuk kedalam penyakit pandemi, namun contoh tersebut bisa kita lihat sendiri dari jenis penyakit itu, berdasarkan arti pandemi dan yang terkategorikan pandemi diatas.

Hanya ada beberapa saja yang merupakan penyakit atau wabah yang berkelanjutan dan juga penyakit yang menularnya cepat ke berbagai belahan dunia.

Contoh penyakit pandemi adalah.

  • Virus Corona (COVID-19) merupakan wabah penyakit baru yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir tahun 2019 silam yang kini menyebar hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.
  • Virus Zika yang bermula dari Brazil pada tahun 2014 dan menyebar ke Karibia juga Amerika Latin.
  • Wabah Ebola di Afrika Barat pada tahun 2014-2016.

Sebagai contoh dari penyakit yang termasuk pandemi adalah yang sudah admin list diatas, yang lainnya belum admin ketahui karena itu berdasarkan penyebaran wabah yang meluas dan waktu penyebaran dalam waktu singkat.

Epidemi Tidak Selalu Pandemi

Epidemi Tidak Selalu Pandemi
Epidemi Tidak Selalu Pandemi

Meskipun arti pandemi diatas dikaitkan dengan epidemi, namun seluruh epidemi tidak selamanya pandemi juga tidak selalu bertransimi cepat atau pun jelas.

Namun meski demikian kita bisa memaknai istilah ini sebagai salah satu jenis penyakit yang lumayan penyebarannya sangat cepat dan menyebar ke berbagai negara.

Baca Juga : Ini Arti Kata Fucek yang Viral di Media Sosial

Pandemi Virus Corona

Karena istilah pandemi ini mulai dikenal sejak beredarnya kabar virus corona, tapi sebenarnya istilah ini sudah ada sejak jaman virus Zika yang mana admin tulis sebagai salah satu jenis penyakit pandemi.

Pandemi Corona alias COVID-19 merupakan wabah penyakit yang dikenal epidemi di China pada tahun 2019, sehingga virus mematikan ini disebut sebagai COVID-19.

Penyakit Corona menyebar ke seluruh dunia hanya dalam hitungan bulan saja sehingga termasuk kedalam Pandemi karena jenis penyebarannya cepat dan luas ke berbagai negara.

Hingga saat ini, penyebaran virus corona semakin meluas, bahkan di Indonesia, orang-orang yang terinfeksi semakin bertambah berdasarkan kabar media yang beredar.

Namun apapun yang terjadi sebaiknya kita tetap tegar dan jangan mudah cemas terkait penyebaran virus corona, terutama banyak sekali orang-orang yang menyebar hoaks seputar corona, ini yang menjadi keresahan bagi kita.

Kejahatan hoaks memang sangat menyebar dengan cepat, mungkin hoaks juga salah satu penyakit pandemi karena membuat kita resah dan gelisah seperti hoaks corona yang banyak menyebar.

Titip dari admin, jangan sampai resah akibat hoaks corona, sebaiknya pastikan dulu apakah kabar itu benar-benar pasti atau belum? Sebaiknya ikuti kabar terkini seputar corona.

Demikian informasi mengenai arti pandemi yang kian menyebar kabarnya karena penyebaran virus corona yang semakin kesini semakin menyebar dengan luas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.