Arti Pansos Menurut Kitab Gaul Jaman Now

Bicara soal kamus bahasa gaul kali ini kita akan membahas tentang arti pansos yang konon istilah ini berkaitan dengan sifat sombong.

Kenapa arti pansos sombong? Menurut hasil yang saya telusuri, seperti di tulis di Blog Nurdin Sikalem, pansos adalah sifat seseorang yang dengan sengaja bersikap ingin akui.

Maksudnya bagaimana? Apakah pansos adalah keinginan? Kita akan membahas secara lengkap beserta contohnya.

Arti Pansos Adalah

Arti kata pansos
Arti kata pansos

Arti pansos adalah sifat seseorang yang bersikap ingin diakui, diperhatikan atau mengangkat status sosial oleh orang lain, artinya orang yang pansos adalah orang yang pamer.

Pansos juga berasal dari bahasa asing, yaitu social climber, dimana artinya panjat sosial, sehingga pansos adalah singkatan dari kata panjat sosial.

Dengan adanya istilah ini ditujukan kepada orang-orang yang sering memamerkan sesuatu di media sosial, padahal yang ia pamerkan bukan keadaan yang sebenarnya.

Masih bingung? Contohnya seperti ini, di sosial media ada orang yang memposting dengan kata-kata yang aduhay, dan membuat orang agar mengakui dirinya seperti di caption yang ia tulis.

Padahal keadaannya yang sebenarnya tidak seperti demikian, hanya saja postingan dia yang begitu aduhay terlihatnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, nanti kita akan membahasnya dalam contoh agar lebih memahami apa itu pansos.

Baca Juga : Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul dan Contohnya

Kasus Pansos di Indonesia

Diatas telah saya jelaskan bahwa arti pansos adalah sifat buruk seseorang yang tujuannya ingin mendapatkan suatu pengakuan, keuntuggan dengan cara memanfaatkan barang atau pun peristiwa.

Dan saya sering sekali membaca berita terhadap adanya kasus-kasus pansos, terutama oleh kalangan-kalangan orang yang terkenal.

Panjat sosial, atau pansos atau social climber ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, dan kasusnya pun sering terjadi.

Mereka memanfaatkan media sosial untuk melakukan tindak pansos ini, pantas saja berita-berita kasus pansos sering saya temukan.

Mereka mencoba melakukan tindakan pansos agar diperhatikan oleh orang lain, padahal dia keadaan dia tidak seperti apa yang dia sebut di medsos.

Tapi, perlakukan ini masih saja terjadi hingga saat ini. Sebaiknya, hindari penggunaan pansos di media sosial karena melanggar peraturan undang-undang ITE.

Istilah Pansos Masuk KBBI

Saking berkembangnya jaman, istilah-istilah pun terus berkembang, hingga Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) penuh dengan bahasa.

Padahal dulu istilah ini tidak ada, meskipun sudah lama, tapi sekarang pansos ada dalam KBBI seperti kabar yang saya terima.

Bahasa-bahasa baru seperti pansos ini sebenarnya dibuat-buat oleh orang agar dapat mengungkapkan dengan mudah.

Jika mengungkapkan panjat sosial, kayanya ini kurang pas dan kepanjangan, sedangkan mengungkapkan dengan kata pansos sangat mudah dan singkat.

Yap, istilah pansos kini ada dalam KBBI dan telah menjadi bahasa sehari-hari yang awalnya hanya bahasa gaul dari sebuah istilah yang disingkat.

Baca Juga : Arti Mager Dalam Bahasa Gaul yang Sering Diucapkan

Contoh Orang Pansos

Pansos
Pansos

Arti pansos yang telah saya tulis ini tidak lengkap rasanya jika tidak diberikan contoh, maka saya akan memberikannya agar lebih mudah dipahami.

Untuk contohnya sendiri bisa dilihat dari caption atau kata-kata yang mereka tulis di media sosial yang begitu aduhay.

Contohnya “Mobilku paling mewah di Indonesia, belinya saja langsung dari Amerika Serikat, gak bakalan ada orang yang punya mobil semewah mobilku di Indonesia”.

Seperti kita lihat dari contoh diatas bahwa postingan tersebut bertujuan untuk menarik perhatian orang lain.

Orang-orang akan menganggap dirinya adalah orang paling kaya, mobilnya saja diberli dari negeri Pamansam, tapi mungkin keadaan yang sebenarnya tidak seperti itu.

Mungkin saja dia hanya mengambil foto atau mengeditnya, buat beli bensin aja sulit, tapi dia ingin lebih dari orang lain.

Dari contoh ini bisa kita simpulkan bahwa pansos adalah cara seseorang untuk mendapatkan perhatian dari orang lain agar dia dianggap paling tinggi diantara yang lainnya.

Baca Juga : Arti Ambigu : Pengertian, Contoh dan Jenis Ambigu

Ciri-ciri Orang Pansos

Lantas bagaimana dengan ciri-cirinya? Apakah mungkin ada? Jelas ada, kita bisa melihat orang yang pansos dari ciri-ciri berikut ini.

  • Show Off menunjukkan kelebihan dirinya yang di posting di media sosial, seperti rumah, kendaraan, gadget maupun yang lain.
  • Selalu tampil modis juga salah satu ciri-ciri orang yang pansos.
  • Merasa paling pintar dan paling tinggi diantara orang lain.
  • Status kontovensional dan sensaional tujuannya agar dia ingin viral alias tenar di mata orang banyak.
  • Sombong dan tertutup, itu adalah ciri-ciri orang pansos.

Jika dari sekitar kamu atau mungkin kamu sendiri berperilaku seperti list diatas, dapat dipastikan bahwa kalian adalah orang yang pansos.

Apakah buruk? Jelas, bahkan sangat buruk, pansos itu penyakit jiwa loh yang membuat dirinya tidak disukai oleh orang lain.

Terutama sifat ini ada kaitannya dengan kesombongan karena selalu pamer, kontrovensional dan sensasional, jaman sekarang langsung viral.

Saran dari saya, jangan pernah bersikap pansos, apalagi di media sosial karena pansos adalah sikap yang sombong.

Khawatir akan orang lain yang merasa jijik terhadap keadaanmu dan semakin kamu viral, undang-undang ITE semakin mengejar kamu.

Tidak mau kan berurusan dengan hukum hanya karena status di media sosial? Maka dari itu, gunakan media sosial sebijak mungkin.

Gunakan hanya untuk kepentingan dan hiburan saja, tidak untuk pamer, pansos, dan mengujar kebencian.

Demikian penjelasan lengkap tentang arti pansos yang merupakan salah satu istilah dari bahasa gaul jaman now dan sekarang masuk kedalam KBBI.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.