Arti Pantek Menurut Kamus Bahasa Indonesia dan Sunda

0 135

Sahabat kalem yang belum tahu apa arti pantek yang tertulis dalam kamus bahasa Indonesia akan segera mengetahuinya melalui pembahasan admin kali ini.

Namun arti pantek tak hanya ada dalam KBBI saja, akan tetapi ada pula dalam translate bahasa Sunda dari bahasa Indonesia yang akan admin jelaskan satu-persatu disini.

Namun sebelumnya admin ingin bertanya kepada kamu, apakah kamu berasal dari suku Sunda dan berbahasa Sunda? Kalau iya, berarti sudah tahu apa itu pantek. Akan tetapi, menurut KBBI kamu mungkin belum mengetahuinya.

Baca Juga : Arti Kata Lunak Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Arti Kata Pantek Dalam KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pantek artinya pasak dan paku semat, kemudian memiliki kata turunan yaitu memantek (Melekatkan) dan terpantek (terpasak atau tersematkan).

Nah dalam KBBI yang sudah admin sebutkan telah jelas bahwa pantek merupakan sesuatu hal yang melekatkan atau menyematkan sesuatu, seperti kayu, bambu maupun sejenisnya.

Arti Pantek Menurut Bahasa Sunda

Mungkin arti dari kata pantek dalam KBBI dan bahasa Sunda tidak ada bedanya, hanya sedikit saja. Dalam bahasa Sunda, pantek artinya memukul ataupun menyematkan seperti paku, kayu dan lainnya.

Namun, orang-orang Sunda sering menggunakan kata pantek ini sebagai penyemat dan pemukul. Jika kamu kesulitan, berikut admin berikan contohnya.

Contoh Penggunaan Kata Pantek

Contoh ini admin jelaskan berdasarkan translate dari bahasa Sunda, sesuai dengan arti kata pantek yang admin sebutkan diatas. Maka agar kamu lebih memahaminya, berikut inji contohnya.

  • Geura pantek pakuna supaya nanceb
  • Cepetan sematkan pakunya biar tertancap
  • Ulah darapon bisi di pantek ku kuring
  • Jangan gegabah, nanti aku pukul

Kira-kira seperti itulah contoh penggunaan kata pantek dalam bahasa sehari-hari orang Sunda. ya itu admin sendiri yang sering menggunakan kosakata tersebut, mungkin Sunda seperti daerah Bandung beda lagi.

Baca Juga : Arti Ceunah Dalam Bahasa Sunda (Update)

Kesimpulan

Sesuai definisi yang tertulis menurut dua definisi, jika dalam KBBI artinya menyematkan dan dalam Bahasa Sunda artinya pun sama. Berarti pantek adalah cara seseorang untuk menyematkan/menancapkan sesuatu.

Sampai disini apakah kamu sudah paham? Jika sudah, maka admin akhiri pembahasannya. Demikian penjelasan tentang arti pantek menurut KBBI dan bahasa Sunda.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.