Arti Pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”

Apa Arti Pepatah Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh? Ternyata ini loh, Sangat Mendalam

0 57

Pepatah atau peribahasa sehari-hari yang sering diucapkan oleh orang-orang memang sangat banyak, lantas apa arti pepatah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh?

Peribahasa ini memang menjadi pepatah yang baik untuk digunakan, sekaligus memotivasi kebersamaan agar tetap bersatu, tidak pernah mengalami hal-hal yang tidak diinginkan adalah arti dari pepatah bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

Dalam hal tersebut, admin ingin memberikan kamu penjelasan mengenai makna dari pepatah atau peribahasa yang satu ini.

Karena admin yakin, meski ini sering digunakan sehari-hari, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui maknanya.

Arti Pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”

Arti Pepatah "Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh"
Foto : Istimewa

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh adalah pepatah yang artinya “Sesuatu hal yang dilakukan/dikerjakan akan berhasil, jika dikerjakan secara bersama-sama atau gotong royong”.

Maka, pepatah tersebut memotivasi kita untuk bergotong royong, karena semua hal tidak akan sulit kalau dikerjakan secara bersamaan dengan teman, sahabat, kerabat, atau anggota tim.

Pepatah ini tentunya sangat memotivasi bagi para pekerja yang setiap kegiatannya selalu bersama-sama, contohnya pekerja Kapal, semua hal yang sulit akan mudah dikerjakan.

Dari segala hal, bukan semua tenang pekerjaan, tapi juga persahabatan.

Dengan bersahabat yang tentunya akan mengalami berbagai hal yang dilakukan bersama, tujuan mereka tentunya akan sangat mudah dilaksanakan dengan berhasil kalau dilakukan secara bersama-sama.

Sudah tahu maksudnya? Pepatah tersebut dapat diperhatikan pula maknanya dari bersatu kita teguh, yang berarti kekar/kukuh, dan bercerai kita runtuh, kalau berpisah/tidak sepihak/acak-acakan maka akan runtuh alias tidak akan berhasil.

Dengan begitu, semua orang bisa melakukan segala pekerjaan yang nyata dan berhasil jika dilakukan secara berasma-sama, paham maksudnya?

Baca juga : Makna Pepatah Dimana Bumi Dipijak, Disana Langit Dijunjung

Contoh Pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”

Contoh Pepatah "Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh"
Contoh Pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”, Foto : Istimewa

Terkait dengan apa arti pepatah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh? Kamu sekarang sudah benar-benar memahami semua yang sudah admin jelaskan diatas secara terperinci dan benar-benar makna yang nyata.

Salah satu contoh pepatah tersebut akan admin ulas juga untuk kamu yang haus akan pengertian dari sebuah peribahasa yang tidak kamu ketahui maknanya.

“Sebuah individu akan melakukan pekerjaan, dimana pekerjaan itu terlihat sangat sulit dikerjakan, namun berkat gotong royong, bekerja bersama, tanpa adanya orang yang berlain pihak, pekerjaan tersebut akan berhasul dilakukan”.

Salah satu contoh yang dapat admin sampaikan terkait dengan perilaku yang dilakukan oleh sebagaian individu yang dapat diambil dari motivasi dan pesan peribahasa tersebut.

Kamu tentunya harus bisa bekerjasama dengan orang yang bekerja dengan kamu, pantang menyerah, dan terus melakukan upaya yang terbaik untuk medapatkan keberhasilan itu.

Baca juga : 5 Makna yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda

Kesimpulan

Memang akan sangat sulit jika ada satu orang yang egois, yang tidak bisa diajak kerjasama untuk melakukan pekerjaan yang terlihat sulit dengan alasan apapun itu.

Tapi kamu harus meyakini orang tersebut agar bisa bergotong royong, bekerja bersama, dan tidak ada kata ngeluh sebelum melakukan pekerjaan.

Sekarang kamu sudah tahu apa arti pepatah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh? Semoga apa yang sudah admin sampaikan diatas bermanfaat bagi kamu.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.