Arti Peribahasa Sudah Jatuh Tertimpa Tangga dan Contohnya

Pernah Mendengar Peribahasa "Sudah Jatuh Tertimpa Tangga"? Ini Artinya

0 5

Peribahasa merupakan kata yang tersusun, didalamnya terdapat juga nasihat, seperti salah satunya sudah jatuh tertimpa tangga, lantas apa arti peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga?

Dalam sebuah peribahasa memang selalu membuat kita kebingungan, namun sebenarnya mengetahui arti peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga ini mudah, tidak perlu banyak berfikir.

Mengapa? Karena kita bisa lihat dari kata-kata yang digunakan dalam peribahasa tersebut yang mengandung unsur keburukan.

Baca juga : 30 Arti dan Sinonim Kata Mendongkrak Dalam KBBI

Arti Peribahasa Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Peribahasa mengatakan “sudah jatuh tertimpa tangga” artinya adalah nasib buruk yang datang secara bertubi-tubi akibat nasib pertama alias Apes.

Dalam arti, ketika kamu mendapati cobaan, misalnya motor kamu kehabisan bensin dijalanan, mana jauh dari kios bensin, eh tiba-tiba malah bannya malah kempes.

Nah, dari hal tersebut sama halnya dengan saat kamu jatuh, tentu itu menyakitkan, tiba-tiba tangga menimpa kamu, dan pasti lebih menyakitkan.

Sudah paham maksudnya apa arti dari peribahasa tersebut? Atau kamu butuh contoh lain agar semakin mudah dipahami?

Contoh Peribahasa Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Seperti arti peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga yang sudah disampaikan diatas, sedikit juga sudah diberikan contohnya.

Nah, agar kamu semakin yakin dan semakin mudah dalam memahami makna yang tersirat dari peribahasa ini, silakan lihat contoh berikut:

Baca juga : Arti Ungkapan Buah Hati dan Contoh Kalimatnya

  • Seseorang sedang berjalan kaki, dia terjatuh, tiba-tiba temannya ikut jatuh dan menimpanya
  • Ketika kamu berjalan ke gunung, kemudian kamu jatuh, lalu kamu mendekati sarang tawon ketika jatuh, dan tawonnya menyerbu kamu
  • Saat kamu naik ke atas mobil, tiba-tiba kamu terjatuh, lalu terdepak oleh beberapa orang

Sahabat kalem, kira-kira kurang lebih seperti itulah contoh peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga yang bisa kamu pahami tersebut.

Jika kamu masih kurang meyakinkan, bisa di simpulkan bahwa peribahasa ini merupakan ejaan ketika seseorang mendapatkan nasib yang bertubi-tubi.

Nasib A membuatnya sakit, lalu tidak lama kemudian ada lagi nasib B yang membuatnya lebih sakit, ya itulah perkiraannya.

Jadi sekarang benar-benar sudah paham apa yang dimaksud peribahasa tersebut? Kalau kamu sudah paham, begitulah arti peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.