Arti Reservasi : Pengertian, Jenis dan Makna Kata Reservasi

Arti Reservasi : Pengertian, Jenis dan Makna Kata Reservasi

Apa arti reservasi? Salah satu hal yang menjadi teka-teki, sebagaimana dalam dunia perhotelan, booking, atau sejenisnya membuat kita kebingungan karena tidak tahu apa makna kata reservasi?.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena admin akan memberikan penjelasan tentang arti reservasi, maka kata reservasi, pengertian dan jenis dari reservasi yang ada.

Memang, ada banyak istilah-istilah yang membuat kita kebingungan, terlebih istilah itu berasal dari bahasa asing yang tentunya membuat kita semakin sulit untuk memahaminya.

Admin kalem akan membahasa itu semua satu per satu, sehingga membuat kamu agar lebih mudah dalam memahami apa yang sedang admin bahas untuk lebih tahu lagi.

Pengertian dan Arti Reservasi

Pengertian dan Arti Reservasi
RESERVASI

Arti reservasi berasal dari bahasa Inggris yaitu toreserve yang artinya mempersiapkan maupun menyediakan tempat sebelum kita menikmati apa yang yang sedang kita pesan atau sedang kita butuhkan.

Biasanya, ini sering terjadi dalam dunia perhotelan, makna kata reservasi pun memiliki beberapa perbedaan sesuai dengan jenis reservasi dari berbagai hal.

Maksudnya? Ya ada reservasi hotel, penerbangan, atau jenis-jenis lainnya yang sebelumnya kita persiapkan dulu sebelum kita menikmati apa yang kita inginkan itu.

Kemudian bisa juga dikatakan bahwa reservasi merupakan bentuk dari suatu yang akan di sepakati. Darimana? Kita memesan tiket pesawat, tentu itu adalah suatu perjanjian atau kesepakatan antara maskapai dan calon penumpang.

Calon penumpang dan maskapai sepakat bahwa penumpang akan duduk di salah satu kursi pesawat sesuai yang tertulis didalam tiket. Ya itu merupakan suatu kesepakatan atau perjanjian.

Baca Juga : Arti dan Makna kata Tinggi Hati

Makna Kata Reservasi

Arti reservasi yang berasal dari bahasa Inggris itu bermakna mempersiapkan seperti di atas admin jelaskan. Jadi intinya, makna kata reservasi adalah menyiapkan suatu hal, seperti hotel, penerbangan maupun yang lainnya.

Reservasi juga dapat dikatakan booking yang maknanya masih sama yaitu mempersiapkan jauh sebelum kita menikmati apa yang sedang kita pesan itu. Biasanya ini sejenis tiket ya, kita mempersiapkan dulu sebelumnya dan mencatat jadwalnya.

Sampai disini, apakah kamu sudah paham apa makna kata reservasi? Kalau sudah paham maka admin bersyukur, kalau masih belum, admin akan menjelaskannya lagi lebih detail seputar pengertian reservasi.

Rservasi Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti reservasi adalah pembuatan, proses atau cara memesan seperti hotel, villa, barang, tempat atau yang lainnya kepada orang lain.

Dalam hal ini, istilah reservasi biasanya terjadi dalam sebuah hal yang berhubungan dengan pemesanan tiket, contohnya saja pesawat, hotel dan sebagainya yang menggunakan tiket.

Tentu saja ini jauh sebelum kita menikmati penerbangan, kita mempersiapkannya terlebih dahulu. Jadi, kira-kira yang dimaksud dengan reservasi adalah persiapan.

Arti Reservasi : Pengertian, Jenis dan Makna Kata Reservasi
Bandara

Jenis Reservasi

Setelah kita sudah tahu apa arti reservasi dan telah admin jelaskan secara bertahap diatas, maka kamu pun perlu tahu bahwa reservasi terbagi menjadi beberapa jenis sesuai yang telah ada.

Jenis-jenis yang ada makna kata reservasi nya masih sama, namun hanya jenisnya saja yang berbeda. Jenis ini pun bisa dikatakan sebagai contoh, maka admin akan menjelaskan satu per satu berdasarkan pengertiannya.

1. Reservasi Penerbangan

Reservasi penerbangan merupakan persiapan atau pembukuan tempat duduk di dalam pesawat yang dipesan oleh para calon penumpang dari pesawat itu.

2. Reservasi Hutan

Apakah ada? Ya bisa dikatakan ada, sesuai dengan penelusuran admin bahwa reservasi hutan pun memiliki arti, dimana agar hutan tetap menjadi netral dengan tidak merusak kelestairan flora dan faunanya. Tentu itu harus kita persiapkan.

3. Reservasi Hotel/Villa

Yaitu mempersiapkan para calon penginap yang telah memsan terlebih dahulu. Kita mempersiapkan agar calon penginap dapat tinggal sesuai apa yang ia harapkan.

Sedikit contoh dari jenis reservasi, mungkin masih ada lagi jenis yang lainnya, seperti bioskop, kenapa? Karena kita harus mempersiapkan terlebih dahulu sebelum kita menikmati film yang ingin kita lihat.

Baca Juga : 2 Arti Kutu Buku dan Contohnya

Macam-Macam Reservasi

Reservasi terbagi menjadi dua macam, berdasarkan arti reservasi dan makna kata reservasi diatas. Maka dua jenis reservasi yang ada memiliki makna yang berbeda.

Ada yang dikatakan New Reservation dan juga ada yang dikatakan Amended Reservation. Apa saja pengertiannya? Berikut admin jelaskan satu per satu ya.

1. New Reservation

Berdasarkan namanya, New Reservation berarti reservasi baru atau persiapan yang baru saja dibuat sehingga dapat dilakukan sesuai dengan reservasi dari jenis apapun.

2. Amended Reservation

Merupakan reservasi yang sudah diubah karena mungkin ada kesalahan atau yang lainnya. Biasnaya pengubahan ini terjadi pada tanggal, jenis kamar, atau jumlah orang.

Jadi ada dua macam reservasi dengan makna yang berbeda, untuk itu sekarang kamu menjadi lebih tahu lagi apa sebenarnya yang dimaksud dengan reservasi secara umumnya.

Arti Reservasi : Pengertian, Jenis dan Makna Kata Reservasi
Bandara

Perbedaan Reservasi dan Booking

Diatas memang admin mengatakan kalau arti reservasi atau makna kata reservasi bisa disebut juga dengan booking, namun ternyata ada perbedaan dari kedua istilah ini.

Reservasi adalah kita bertanya agar mendapatkan informasi, sedangkan booking kita sudah mengunci karena sudah mendapatkan informasi penerbangan, hotel, maupun yang lainnya.

Cuma itu saja sih perbedaannya, tapi sebenarnya makna keduanya sama saja, yaitu mempersiapkan. Hanya saja perbedaan itu dari segi arti nya saja yang tentunya membuat kita kebingungan.

Manfaat Reservasi

Reservasi memiliki manfaat yang luar biasa, terutama bagi konsumen. Karena ia bisa lebih tahu lagi tentang fasilitas yang tersedia, baik itu dalam hotel, penerbangan maupun yang sejenisnya.

Kita juga bisa mengetahui harga, mendapatkan kepastian juga yang lainnya. Maka sebelum benar-benar memesan hotel atau penerbangan, ada baiknya kita mempersiapkannya dulu dengan melakukan reservasi dan akhirnya booking.

Jadi kira-kira seperti itulah manfaatnya, lebih tepatnya lagi harga yang kita inginkan bisa diperkirakan terlebih dahulu sesuai kapasitas atau pun fasilitas yang ada di sebuah hotel atau penerbangan.

Hingga pembahasan ini, apakah kamu sekarang sudah lebih paham lagi apa yang dimaksud dengan reservasi? Yang ternyata ada dua macam dan beberapa jenis, meski demikian maknanya sama saja.

Selain itu, seperti artinya, reservasi juga bisa digunakan ke hal-hal lain selain yang sedang kita bahas ini. Intinya semua yang sedang di proses atau dipersiapkan degan meminta informasi sebelum memesan dinamakan reservasi.

Baca Juga : Arti Rendah Hati : Pengertian dan Contoh Kalimatnya

Kesimpulan

Simpulnya, makna kata reservasi berarti persiapan yang sudah disepakati sebelumnya. Dimana dalam pembahasan setiap bait diatas sudah sangat jelas sekali apa yang dimaksud dengan reservasi.

Sehingga kamu tidak perlu lagi bingung ketika ingin memesan pesawat, hotel atau pertiketan yang lain disuruh reservasi dulu. Karena sekarang sudah tahu bahwa reservasi adalah persiapan.

Kemudian kamu juga bisa memaknai sendiri setelah admin menjelaskannya. Kalau menurut kamu pembahasan ini kurang, silakan maknai sesuai yang kamu bisa.

Demikian penjelasan mengenai arti reservasi juga makna kata reservasi yang dapat admin sampaikan kali ini, mudah-mudahan saja apa yang admin sampaikan bermanfaat bagi kamu.

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.