Arti Tanda / Dalam Pemenggalan Kalimat Puisi

Arti Tanda / Dalam Pemenggalan Kalimat Puisi Adalah Apa Sih? Yuk Kita Cari Tahu

0 150

Mungkin kamu merasa bingung pada sebauh kalimat puisi mengenai tanda garis miring, dan kamu ingin tahu arti tanda / dalam pemenggalan kalimat puisi adalah apa? Maka kita akan jelaskan penjelasannya.

Kalau dalam sebuah penulisan, biasanya tanda tersebut adalah “atau”, namun arti tanda / dalam pemenggalan kalimat puisi adalah berbeda dengan sebuah kalimat yang lainnya yang biasa ditulis.

Nah, kamu akan tahu tanda tersebut artinya apa? Dengan menyimak hal berikut yang admin jelaskan berdasarkan apa yang sebenarnya.

Arti Tanda / Dalam Pemenggalan Kalimat Puisi

Tanda / dalam pemenggalan kalimat puisi adalah tanda jeda, tujuannya untuk memperjelas makna pada sebuah puisi. Tanda jeda / berhenti sebentar, sedangkan tanda jeda // berhenti agak lama, dan tanda jeda /// berhenti lama sekali.

Tanda yang tertulis sebenarnya adalah tanda tanda jeda, namun ada 3 tanda yang dilakukan pada kalimat puisi, maknanya seperti apa yang sudah admin jelaskan diatas.

Dengan begitu, sahabat kalem tidak perlu lagi pusing, maka kalau ada / berarti jeda sejenak, sedangkan // jeda agak lama, dan /// lama sekali.

Baca juga : Arti Dari Simbol VVV Dalam Sebuah Puisi

Makanya, kalau membuat puisi itu tidak seperti membuat kalimat bebas, karena ada tanda-tandanya, bahkan seperti yang sudah-sudah admin jelaskan ada banyak sekali tanda-tanda dalam kalimat puisi.

Mungkin itu bertujuan agar menjadi pembeda antara puisi dan kalimat yang lain.

Tanda yang Berbeda

Meskipun arti tanda / dalam pemenggalan kalimat puisi adalah tanda jeda, namun ada perbedaan dari lama jeda yang dilakukan oleh pembaca.

Layaknya seperti yang sudah admin jelaskan diatas, maka semuanya memang nampak lebih istimewa, jadi jangan salah lagi ketika kamu menemukan tanda tersebut ya sahabat kalem.

Menulis Puisi
Menulis Puisi, Foto : Istimewa

Dengan demikian, kalau sahabat mau membuat puisi, harus memperhatikan semua yang ada pada pembuatan puisi, karena tidak mudah.

Mulai dari mencari topik, merangkai kata, bahkan kata-kata yang digunakan pun harus menarik, seperti penambahan kata kiasan yang bersifat menyinggung pada topik atau tema yang digunakan pada puisi.

Beda Sajak dan Puisi

Kamu mungkin sering mendengar, sajak ini adalah puisi. Ya memang, sajak merupakan sebuah puisi, namun puisi belum tentu sebuah sajak.

Sajak sifatnya individual, dan maknanya lebih dari pada puisi. Sebenarnya admin tidak begitu memahami, namun sedikit saja agar melengkapi pembahasan yang sengaja admin buat ini.

Apakah sahabat kalem sudah paham apa yang admin jelaskan diatas? Semoga saja ini dapat membantu ya, karena memang sangat penting untuk kamu ketahui.

Apalagi kamu masih belajar dalam mencari wawasan, begitupun dengan admin yang sama-sama belajar sambil berbagi tentunya.

Baca juga : Desa, Taulan, Pujaan, Permai, dan Handai Maknanya Apa?

Kesimpulan

Pada dasarnya, puisi adalah sebuah kalimat yang tujuannya untuk suatu hal yang pasti, bisa motivasi, semangat, dan lainnya. Maka ada tanda-tanda tertentu dalam pembuatan sebuah puisi, gunanya untuk memudahkan pata pembaca dan menambah kesan para pendengar puisi.

Akhir kata, jadi arti tanda / dalam pemenggalan kalimat puisi adalah apa yang sudah tertulis diatas, semoga bermanfaat dan semoga kamu tidak salah lagi ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.