Pengertian dan Arti Thaharah : Mengapa Thaharah Itu Penting?

Pengertian dan Arti Thaharah : Mengapa Thaharah Itu Penting?

Apa yang menjadi alasan mengapa thaharah itu penting? Mungkin kamu tidak akan tahu alasannya sebelum tahu pengertian thaharah juga arti thaharah, namun jika pengertiannya tahu, pasti kamu akan yakin dengan alasannya.

Dalam agama Islam ada istilah yang dinamakan tahaharah, lalu apa yang dimaksud thaharah? Bagaimana pengertian thaharah? Apa arti thaharah, apakah ada dalam rukun iman? Kita akan mengulas secara lengkap disini.

Pengertian dan Arti Thaharah

Secara bahasa Thaharah artinya bersuci, bersih dan atau membersihkan diri dari kotoran dan najis. Sementara menurut hukum Syara’ Thaharah berarti menghilangkan hadats agar bisa menunaikan ibadah, baik itu shalat, membaca Alquran maupun ibadah Islam lainnya.

Jadi kita lebih simpulkan lagi bahwa pengertian atau arti thaharah adalah mensucikan diri agar kita bisa melakukan ibadah. Jika kita tubuh kita kotor, terdapat najis, maka kita tidak dapat melakukan peribadahan.

Jika seseorang sudah paham dan menjalankannya dengan baik, ibadahnya berjalan dengan mulus. Sementara yang tidak paham, bisa saja ibadahnya tidak sah.

Baca Juga : Arti Istiqomah dan Alasan Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Perbedaan Najis dan Hadats

Diatas admin jelaskan bahwa pengertian dan arti thaharah adalah membersihkan diri dari kotoran, baik itu najis maupun hadats. Lalu sebenarnya, apa perbedaan antara keduanya ini?.

Hadats

Hadats merupakan kondisi seorang muslim, dimana dia tidak suci. Membuatnya tidak akan sah ketika melaksanakan ibadah. Ibadah seseorang terhalang ketika ditubuhnya terdapat hadats.

Najis

Najis adalah kondisi seorang muslim yang tubuhnya kotor. Dalam arti, najis harus dibersihkan dan harus dihindari ketika ingin melakukan ibadah, karena tubuh kita terhalang najis, jadi bisa jadi ibadah tidak sah.

Najis sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu.

  • Najis Mukhaffafah (Najis Ringan) contoh dari najis ini yaitu air kencing bayi yang berumur dua tahun, belum makan makanan kecuali air susu ibunya.
  • Najis Mughallazhah (Najis Berat) contoh dari najis ini yaitu ingus atau air liru anjing, babi dan sebagainya.
  • Najis Muttawasithah (Najis Ringan) contohnya sesuaut yang keluar dari dalam kubul dan dubur manusia maupun hewan.

Namun hal tersebut dapat kamu tanyakan tentang pengertian thaharah lebih jelas ke para ulama terdekat. Lalu, mengapa thaharah itu penting?.

Alasan Mengapa Thaharah Itu Penting

Arti thaharah adalah membersihkan atau mensucikan diri dari najis dan hadats, sementara itu alasan mengapa thaharah itu penting karena jika tubuh kita kotor, baik itu najis maupun hadats, maka ibadah kita tidak akan sah.

Hal itu terjadi dikarenakan syarat beribadah adalah suci, tubuh kita terbebas dari kotoran-kotoran hadats maupun najis. Bisa kita simpulkan bahwa thaharah sangatlah penting agar kita bisa beribadah.

Baca Juga : Pengertian Hari Kiamat dan Hikmah Meyakini Hari Kiamat

Sekarang kamu sudah tahu pengertian juga arti thaharah serta admin jelaskan juga alasan mengapa thaharah itu penting seperti yang tertulis diatas, semoga penjelasan ini bermanfaat.

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.