Bacaan Ijab Kabul Bahasa Sunda yang Baik dan Benar

Berikut Adalah Ucapan atau Bacaan Ijab kabul Dalam Bahasa Sunda

0

SikalemBacaan Ijab Kabul Bahasa Sunda, kita semua tahu tentunya, pernikahan itu adalah hal yang sakral dan wajib dilaksanakan, namun dengan tata cara sesuai dengan ajaran dan adat masing-masing.

Seperti pernikahan dalam Islam yang diwajibkan untuk semua umatnya, namun tentu saja dengan syarat-syarat yang sudah ditetapkan dari ajarannya.

Berbeda dengan ajaran yang lain tentunya, saat melakukan Ijab Kabul pun harus sesuai dengan bahasa yang kita pahami.

Dan mungkin salah satunya adalah penggunaan bacaan ijab kabul bahasa Sunda saat ijab itu dilaksanakan. Tentu saja, orang Sunda akan membacanya sesuai dengan bahasa dan aturan bacaan yang ada.

Ijab Kabul

Ijab Kabul
Ijab Kabul, Foto : Hipwee

Ijab kabul merupakan sebuah hal yang dianggap sakral dan wajib diucapkan saat melaksanakan pernikahan. Tanpa ijab kabul, pernikahan antara kedua belah pihak pria dan wanita tidak akan sah.

Ijab kabul pun salah satu syarat untuk mengsahkan pernikahan, namun tentu saja ada tata cara yang perlu kamu pahami saat akan melaksanakan ijab kabul.

Ijab kabul sendiri cara pihak pengantin wanita menyerahkan kepada pihak pengantin pria, dan pihak pengantin pria menerimanya dengan bacaan terima nikah.

Namun disini kita tidak menjelaskan tata cara yang seharusnya dilakukan, karena mungkin kamu juga sudah tahu atau kalau pun belum tahu pasti nanti akan tahu juga saat akan melaksanakan pernikahan.

Disini kita fokus membahas bacaan ijab kabul bahasa sunda yang baik dan benar sesuai dengan tata cara pengucapannya.

Baca juga : Ucapan Selamat Menikah Bahasa Sunda yang Baik dan Benar

Baca juga : 10 Arti Mimpi Menikah Tanda Kematian, Benarkah?

Bacaan Ijab Kabul Bahasa Sunda

Bacaan Ijab Kabul Bahasa Sunda
Pernikahan Ge Pamungkas, Foto : Istimewa

Wali nikah : “Bismillahirahmanirrahim, Kaula nikahken, kaula kawinken anjeun ka (nama wanita) anak kandung bapak (binti nama bapaknya jika dilakuka oleh wali) kalawan mas kawin (sekian gram)emas dibayar tunai”.

Bacaan ijab kabul bahasa Sunda untuk pengantin pria : “Kaula tarima nikahna ka nyi (nama wanita) binti (nama bapaknya) kalawan mas kawin (sekian gram) emas dibayar kontan”.

Bacaan dengan penggunaan kata tersebut sering dilakukan kalau di kampung admin, tapi mungkin untuk orang Sunda yang berbeda, penggunaan bahasanya juga beda.

Hal ini dikarenakan bahasa Sunda itu ada beberapa jenis, sehingga yang penting maknanya sama sesuai dengan tujuannya.

Bacaan yang ditulis pun adalah bacaan yang umum dan sering digunakan oleh orang-orang Sunda, alhasil penikahan kedua belah pihak pria dan wanita pun sah dan berjalan dengan lancar sesuai harapan.

Sahabat kalem, jika sahabat akan menikah dengan orang Sunda atau memang sahabat sendiri orang Sunda namun tidak tahu bacaan ijab kabulnya, maka diatas merupakan bacaan yang bisa kamu ucapkan dihadapan wali atau pun bapak dari calon istri sahabat.

Sedangkan, penggunaan bahasa untuk akad pernikahan memang tidak dibatasi, setiap orang boleh menggunakan bahasa apa saja, bahkan di kampung admin sendiri banyak yang menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Arab.

Kalau bahasa Inggris sih belum pernah ada ya, apalagi bahasa Korea.

Jadi sekarang kita sudah tahu pengucapan yang benar dan jelas untuk ijab kabul jika ingin menggunakan bahasa Sunda seperti yang tertulis diatas.

Kesimpulan

Seperti kita tahu bahwa ijab kabul merupakan hal yang dilakukan pada saat acara pernikahan, yaitu penyerahan pengantin oleh pria agar pernikahan sah sesuai dengan ajaran agama.

Nah, sedangkan kamu yang ingin menggunakan bacaan ijab kabul bahasa Sunda, dapat kamu gunakan bacaan yang tertulis diatas, dan itu adalah ucapan umum yang baik dan bebar.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.